11 Artis Korea yang Pernah Terkena Skandal Narkoba

11 Artis Korea yang Pernah Terkena Skandal Narkoba

11 Artis Korea yang Pernah Terkena Skandal Narkoba – Industri hiburan tidak saja gemerlap, tetapi juga kelam. Berikut ini artis Korea yang diduga pernah pakai narkoba, siapa saja?

Seleb Korea yang Terkena Skandal Narkoba

Kalau kamu pikir, semua seleb Korea itu bersih, rasanya tidak juga. Bahkan, meskipun bersih dan gak neko-neko, rupanya banyak juga selebritas Korea yang diduga dijebak dengan kasus narkoba. Beberapa artis Korea Selatan ini pernah terkena kasus narkoba.

1. Ju Ji Hoon

Ju Ji Hoon
sumber: www.imdb.com

Siapa yang gak kenal dengan pangeran tampan dalam drama Princess Hours ini? Ternyata pria kelahiran 1982 ini pernah tersandung kasus narkoba pada 2009 silam. Otomatis kariernya meredup. Usai menjalani hukuman penjara, bayar denda, hingga hukuman menjadi sukarelawan, ia langsung menjalani wajib militer. Untungnya, meski sempat terjerat kasus narkoba, ia memulai kariernya kembali sehingga lahirlah beberapa drama populer setelahnya, seperti Jirisan dan Kingdom serta film layar lebarnya seperti Along with the Gods.

2. PSY

PSY
sumber: jawapos.com

Jauh sebelum lagu Gangnam Style booming, PSY pernah kena kasus narkoba pada tahun 2001. Pria bernama asli Park Jae Sang ini dihukum 25 hari penjara dan denda karena kedapatan memiliki narkoba. Ia lalu wajib militer sebagai bentuk refleksinya dan vakum lama sebelum melanjutkan karier.

3. Park Bom ex 2NEI

Park Bom
sumber: popbela.com

Tahun 2010 silam, mantan member girl group 2NEI ini juga pernah terjerat kasus narkoba. Saat itu ia diperiksa polisi karena dugaan penyelundupan 80 tablet amfetamin. Meski Park Bom mengklaim obat itu didapatkannya secara legal dari resep yang diperoleh dari dokter di Amerika Serikat, skandal ini cukup bikin gempar hingga ia akhirnya mundur, bahkan hiatus dari dunia hiburan.

4. Park Shi Yeon

Park Shi Yeon
sumber: www.viki.com

Lawan main Song Joong Ki dalam The Innocent Man ini diduga menggunakan propofol dengan alasan kesehatan pada 2013. Meski begitu, kasusnya tetap diproses. Perempuan cantik ini dipenjara selama delapan bulan, ditambah masa percobaan dua tahun.

5. T.O.P Big Bang

TOP Big Bang
sumber: www.pramborsfm.com

Rapper Big Bang ini pernah tersandung kasus narkoba juga loh! Kejadiannya di tahun 2017 saat ketahuan mengonsumsi ganja bersama seorang perempuan yang merupakan mantan trainee JellyFish Entertainment. T.O.P sempat meminta maaf pada fans dan menjalani hukuman dua tahun percobaan.

6. Park Yoo Chun

Park Yoo Chun
sumber: www.kpopchart.net

Awalnya mantan member grup TVXQ ini membantah tudingan penggunaan narkoba yang diarahkan kepadanya. Ia juga dituding netizen menghilangkan barang bukti dengan mencukur rambut sebelum menjalani tes narkoba. Namun, setelah berulang kali mengelak setelah penangkapannya April 2019, akhirnya ia mengakui tuduhan membeli dan menggunakan metamfetamin. Atas dasar itu, ia pun dihukum dua tahun penjara dan denda 1,4 juta won.

Baca Juga: 7 Lagu Underrated dari BTS Tapi Enak Didengar

7. B.I. ex iKON

BI IKON
sumber: kompas.com

Saat diterpa kasus narkoba pada pertengahan Juni 2019, saat itu pula B.I. memutuskan keluar dari iKON. Pria bernama asli Kim Han Bin itu diduga membeli ganja dari seorang pengedar. Sebelum menjalani hukuman masa percobaan empat tahun, ia sempat meminta maaf pada fans dan mengakui bahwa dirinya hanyalah manusia biasa. Kini ia didapuk menjadi direktur eksekutif IOK Company, perusahaan agensi yang menaungi aktor Jo In Sung.

8. Il Hoon ex BTOB

Il Hoon BTOB
sumber: www.antvklik.com

Ii Hoon sempat diselidiki atas dugaan penggunaan rokok ganja. Setelah pelacakan rekening hingga penyelidikan pada tahun 2020, diketahui mantan member BTOB itu membeli ganja dengan cryptocurrency. Atas perbuatannya, ia dikenai hukuman dua tahun penjara dan denda senilai Rp1,46 miliar.

9. Lee Sang Bo

Lee Sang Bo
sumber: insertlive.com

Waktu penangkapan, ditemukan lusinan pil juga ditemukan di rumah Lee Sang Bo, yang otomatis jadi barang bukti bahwa aktor tersebut memang pengguna narkoba. Aktor yang membintangi drama Rugal dan Miss Montecristo tersebut juga telah mengakui perbuatannya pada September 2022 lalu. Ia pun menerima penyelidikan polisi setelah pengobatan selesai.

10. G-Dragon

Lee Sang Bo
sumber: insertlive.com

Sebenarnya G-Dragon sudah pernah terkena skandal narkoba pada 2011 silam. Ia diketahui mengisap rokok ganja di sebuah klub, di Jepang. Kasusnya sempat dibawa ke pengadilan, tetapi tidak berlanjut. Kini, nama G-Dragon terseret kembali pada sebuah skandal narkoba. Sejak akhir Oktober 2023, ia menjalani investigasi dugaan penggunaan narkoba. Namun, kasusnya ditutup pada Desember dan G-Dragon dinyatakan resmi bebas. Ia bahkan berencana mendirikan JUSPEACE Foundation, sebuah yayasan yang akan fokus membantu pecandu narkob.

11. Lee Sun Kyun

Lee Sun Kyun
sumber: insertlive.com

Skandal narkoba yang menjerat G-Dragon juga sekaligus menyeret nama aktor kawakan, Lee Sun Kyun. Ia mengakui menghirup barang yang tak ia ketahui merupakan narkoba jenis Ketamine melalui sedotan. Situasi makin pelik saat manajer tempat hiburan dewasa berinisial A bersikukuh menuding Sun Kyun memakai narkoba di bar miliknya dan diduga melakukan pemerasan. Kasus ini berakhir dengan kematian Sun Kyun dengan dugaan bunuh diri pada 27 Desember 2023.


Baca Juga: 10 Idol K-Pop yang Sudah Menikah

Itulah sederet nama artis Korea Selatan yang pernah kena kasus narkoba. Beberapa diakui oleh artis yang bersangkutan, beberapa lagi kasusnya tidak terbukti dan diduga jadi pengalihan isu politik, bahkan ada pula yang ditutup mengenaskan. Semoga ini jadi pelajaran untuk kita agar menjauhi narkoba.

Daripada pakai narkoba, mending manfaatkan waktu serta hibur diri sendiri dengan membaca novel online di Cabaca. Cabaca adalah aplikasi baca novel digital di Indonesia yang judul-judulnya sudah melalui proses kurasi. Yuk, download aplikasi Cabaca dan baca novel terbaru setiap harinya. [Asya]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel online digital di Indonesia


Tertarik baca novel genre apa? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy