Apa Itu Jam Baca Nasional di Cabaca dan Update Ketentuannya – Jika kamu pengguna setia Cabaca, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Jam Baca Nasional. Jam Baca Nasional merupakan fitur dan program yang digagas oleh aplikasi baca novel Indonesia, Cabaca, pada April 2019 silam. Fitur ini menawarkan semacam happy hour yang memberikan akses bacaan gratis kepada pengguna di jam-jam istimewa, dalam hal ini pukul 21.00 hingga 22.00 WIB. Pemilihan waktu ini disesuaikan dengan jam belajar nasional atau jam wajib belajar pukul 18.00-21.00 WIB.

Diharapkan dengan adanya program dan fitur ini, banyak pengguna menjadikan #HappyHournyaCabaca ini sebagai langkah awal untuk membangun kebiasaan membaca. Dengan begitu, akan banyak pengguna yang sadar bahwa untuk membaca, kita bukan meluangkan waktu, melainkan menjadwalkan waktu. Selain itu, fitur ini dapat digunakan sebagai pemikat pengguna baru sehingga dapat mencicipi beberapa buku yang mereka ingin baca di Cabaca secara gratis.

Syarat dan Ketentuan Jam Baca Nasional

Karena menawarkan akses bacaan secara cuma-cuma, maka ada syarat dan ketentuan penggunaan Jam Baca Nasional yang perlu diketahui oleh para pengguna. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Jam Baca Nasional reguler diadakan tiap hari pukul 21.00 hingga pukul 22.00 WIB. Wilayah Indonesia Tengah dan Timur, silakan menyesuaikan ya!
  2. Kadang-kadang, ada Jam Baca Nasional tambahan di siang hari mulai dari pukul 12.00 sampai pukul 13.00 WIB. Namun, biasanya hanya tersedia jika ada event atau promo tertentu. Makanya, rajin-rajin cek aplikasi Cabaca deh.
  3. Jam Baca Nasional hanya dapat digunakan untuk membaca Buku Resmi terbitan Cabaca. Jadi, mohon maaf, buku penerbit tidak dapat dibaca secara gratis di Jam Baca Nasional alias tetap "berkerang".
  4. Per Januari 2022, Jam Baca Nasional hanya dapat digunakan untuk membaca judul-judul tertentu Buku Resmi terbitan Cabaca. Buku-buku terbaru dan ter-update sudah tidak bisa lagi diakses pada Jam Baca Nasional. Namun, jangan khawatir dalam jangka waktu tertentu, buku ter-update yang kamu inginkan bisa dibaca secara gratis. Untuk buku yang sudah tamat atau sudah 60 hari terbit di Cabaca, bisa diakses sesuka hati di Jam Baca Nasional lho!
  5. Saat Jam Baca Nasional, pengguna biasanya diminta menonton iklan berupa video sebelum membaca bab yang diinginkan. Aktivitas menonton iklan ini adalah bentuk support-mu terhadap penulis. Kenapa begitu? Karena pada Jam Baca Nasional, penulis tetap bisa mendapat penghasilan atau tetap terhitung pembelian, sementara kamu bisa baca gratis.
  6. Untuk menghindari adanya spam, maka ada batasan berupa durasi baca tiap babnya, yakni selama 3 menit per bab. Waktu tersebut dianggap waktu baca yang lazim untuk membaca teks dengan kisaran jumlah kata sebanyak 1.500-2.000 kata per bab di Cabaca. Setelah 3 menit kamu meng-klik dan membaca satu bab, barulah kamu dapat melanjutkan membaca bab yang lainnya.
  7. Per Januari 2022, program Jam Baca Nasional ini hanya dapat dinikmati di aplikasi Cabaca. Tentu saja akan lebih mudah dan nyaman membaca di aplikasi ketimbang di web. Download aplikasi Cabaca di Play Store yuk!
  8. Ketentuan mengenai Jam Baca Nasional dapat berubah-ubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Itulah penjelasan mengenai Jam Baca Nasional di Cabaca dan update ketentuannya per 2022. Jika ada perubahan, akan di-update lagi di sini ya! Yuk, dukung penulis favoritmu dengan baca karya original mereka. Cabaca, platform baca novel online yang menghadirkan konten terkurasi dan tentunya legal dan original! []

Baca juga info menarik lainnya: