Apa itu CEO? Ini tugas CEO yang Harus Kamu Tahu! – Bagi pencinta novel, pasti sudah tidak asing lagi mengenai CEO. Tema ini juga terbilang memiliki banyak sekali penggemar. Namun, sudahkah kamu mengerti, apa sebenarnya CEO itu? Apakah CEO selalu tampan, tajir, dan kerjanya cuma ongkang-ongkang kaki saja?

CEO adalah singkatan dari Chief Executive Officer. Jabatan CEO biasanya memiliki banyak pengaruh dalam perusahaan. CEO masuk ke jajaran eksekutif tertinggi di suatu perusahaan. Secara rinci, berikut merupakan CEO job description yang harus kamu tahu sebelum menulis novel bertema CEO, yang akan menggetarkan hati seluruh wanita.

1. CEO Bertugas Sebagai Pemimpin Perusahaan

CEO harus mampu bertanggung jawab atas perusahaan yang ia pimpin. CEO haruslah visioner. CEO harus bisa mempertimbangkan semua langkah perusahaan untuk lebih maju dan berkembang.

2. CEO Bertugas Sebagai Komunikator

Dalam bahasa Indonesia, CEO diartikan sebagai Direktur Utama, tapi beberapa perusahaan juga  memiliki CEO dan Direktur Utama yang berbeda.

Tugas CEO sebagai komunikator adalah menjembatani komunikasi antara karyawan perusahaan dan jajaran direksi. CEO harus bisa menyampaikan pendapat karyawan dan solusi dari para direksi sehingga hubungan keduanya tetap berjalan lancar.

Segala hal perilaku CEO akan mencerminkan bagaimana pandangan dunia luar terhadap perusahaan yang dipimpinnya. Dari sanalah, CEO bisa dikatakan sebagai wajah perusahaan.

Photo by DocuSign / Unsplash

3. CEO Bertugas Sebagai Eksekutor

Keahlian CEO yang harus dimiliki sebuah perusahaan yakni berani mengambil langkah dan mengeksekusi ide. Selain itu, CEO juga harus mampu memperhitungkan setiap dampak dari keputusannya sehingga dapat mengurangi risiko yang nantinya akan timbul.

4. CEO Bertugas Sebagai Pengelola

Mengelola di sini artinya CEO mampu mendapatkan pendanaan, material produksi, hingga ke proses pemasaran. Memang setiap perusahaan pasti memiliki divisi-divisi yang mengurusi setiap tahap itu, tapi dengan adanya CEO yang bisa mengontrol proses, akan jauh lebih lebih menguntungkan.

Tips Menjadi CEO

Untuk kamu yang ingin menulis mengenai CEO perusahaan, berikut tips menjadi CEO yang bisa kamu jadikan sebagai sumber inspirasi.

1. Membangun tim yang solid

Untuk bisa memiliki tim yang hebat, diperlukan CEO yang hebat pula. Dalam hal ini CEO harus bisa merangkul seluruh karyawan, jajaran direksi dan sebagainya.

2. Selalu mewakili perusahaan

Dapat menempatkan diri adalah hal penting yang harus dimiliki CEO. Dengan demikian, secara tidak langsung, hal-hal yang dilakukannya akan mempengaruhi opini publik terhadap perusahaan atau produknya.

Photo by Amy Hirschi / Unsplash

3. Dapat mengatur anggaran belanja dengan baik

Uang merupakan hal utama. CEO diwajibkan bisa berhemat dan juga mengatur keuangan seefektif mungkin

4. CEO harus mampu membangun budaya kerja yang positif

Supaya perusahaan menjadi tempat terbaik untuk bekerja, CEO harus mampu membangun budaya kerja yang positif dan tidak membuat tekanan.

Kebanyakan novel bertema CEO berpusat kepada wanita miskin nan tidak berdaya yang ketika bertemu si CEO, langsung diubah menjadi Cinderella. Namun, Cabaca yang selalu mencoba memberikan pembaruan, menawarkan novel CEO Project yang bisa kamu baca gratis.

Baca Juga: 7 Novel Tentang CEO yang Dirilis Cabaca Melalui CEO Project

Untuk kamu yang ingin menikmati akses baca Cabaca lebih cepat dan fleksibel, download aplikasi Cabaca di Google Play. Jangan lupa dukung selalu penulis Indonesia dengan tidak download pdf novel bajakan. [Lisma]