Apa itu Cabaca?

Apa itu Cabaca?
Photo by Conscious Design / Unsplash

Apa itu Cabaca? – Ada yang sudah pernah dengar dan pakai Cabaca? Kalau belum, silakan simak postingan berikut ini.

Cabaca adalah platform penyedia akses bacaan berupa novel online yang menawarkan novel berkualitas dan buku digital. Setiap judul dari buku yang terbit di Cabaca bisa dibaca secara gratis dari bab 1 hingga bab 3. Mulai bab 4 dan seterusnya, kamu memerlukan Kerang untuk membuka, baik bab maupun buku yang ditawarkan.

Perbedaan Cabaca dengan Platform Baca Lainnya

Ada banyak sekali keunikan Cabaca yang menjadi pembeda Cabaca dengan platform lainnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang merupakan perbedaan Cabaca dengan platform baca novel online lainnya.

1. Hampir seluruh konten digital yang ditawarkan merupakan hasil kurasi ataupun seleksi.

Sejak dirilis tahun 2017, Cabaca menerapkan sebagian sistem penerbit mayor dengan menyeleksi naskah sebelum menerbitkan buku untuk dimonetisasi. Jika berhasil lolos seleksi, naskah tersebut juga akan menjalani proses editorial sebelum akhirnya dianggap siap terbit dan dipublikasikan secara luas.

2. Punya standar kualitas konten sendiri.

Hal ini berkaitan dengan nomor 1. Adanya proses seleksi membuat Cabaca punya standar terkait kualitas konten digital. Cabaca punya standar kelayakan sendiri sehingga konten yang ditawarkan relatif berkualitas dan bisa menjadi salah satu novel Indonesia terbaik.

3. Yang ditawarkan adalah akses baca.

Kalau kamu mengira, yang dijual Cabaca adalah kontennya, mungkin kurang tepat. Yang ditawarkan Cabaca adalah akses bacaan. Dalam hal ini yang ditawarkan kepada penggunanya sebetulnya adalah token atau poinnya. Di Cabaca menyebutnya sebagai Kerang. Kerang adalah alat tukar virtual yang dapat dibeli dan/atau diperoleh untuk mengakses dan membaca Buku. Saat ini Kerang dibagi menjadi dua jenis, yaitu Kerang Bonus dan Kerang Reguler.

4. Lebih dikenal sebagai platform baca novel daripada platform menulis.

Oleh karenanya, sejak dirilis 2017 Cabaca lebih dikenal sebagai aplikasi baca novel di Indonesia. Namun, jangan khawatir, mulai 2022, Cabaca sudah bisa digunakan untuk menulis langsung tanpa kurasi sehingga kamu bisa menjadikannya salah satu platform menulis yang dibayar.

5. Memungkinkan penggunanya untuk baca novel gratis.

Nah, hal ini merupakan salah satu keunggulan di Cabaca. Meskipun membutuhkan alat tukar untuk membaca konten di Cabaca, kamu tetap punya kesempatan baca buku gratis dan legal hanya dengan melakukan Misi Kerang dan Ajak Teman.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Kerang Bonus dari Misi Kerang

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu Cabaca. Yuk, download aplikasi Cabaca di HP kamu agar dapat membaca novel Indonesia terbaru dari berbagai genre, mulai dari novel remaja, novel romantis, hingga novel dewasa. Download di Play Store.

download Cabaca