8 Perbedaan AU dan Fanfic, Penulis Harus Tahu!

8 Perbedaan AU dan Fanfic, Penulis Harus Tahu!
Photo by Haley Truong / Unsplash

8 Perbedaan AU dan Fanfic, Penulis Harus Tahu! - Zaman yang sudah semakin maju, membuat semua orang bebas untuk menuliskan ceritanya.

Karena kebebasan itu pulalah, banyak sekali istilah-istilah baru yang ikut bermunculan. Salah satu yang populer adalah Aulternate Universe atau yang disingkat dengan AU.

Kebanyakan menganggap kalau AU dan Fanfic merupakan dua hal sama. Meskipun secara tokoh yang diceritakan adalah seorang idola terkenal, tapi AU maupun Fanfic sangatlah berbeda.

Daftar Perbedaan AU dan Fanfic

Lalu, apa saja perbedaannya? Simak beberapa perbedaan AU dan Fanfic yang telah Cabaca rangkum berikut ini ya.

1. Awal Kemunculan

Perbedaan AU dan Fanfic yang paling mencolok adalah masa booming-nya. Fanfic ada jauh lebih lama daripada AU.

Fanfic juga disebut sebagai fiksi penggemar. Awal kemunculannya dibuat dari para penggemar idola yang menginginkan tahu lebih banyak tentang idolanya.

Semisal kamu adalah penggemar SUJU. Maka, kamu pun menuliskan sebuah cerita mengenai Siwon, yang mana Siwon mempunyai watak, kepribadian, kebiasaan, latar belakang yang sama seperti aslinya.

Jadi, pada Fanfic, kamu tidak mengubah apa pun, hanya menceritakan mengenai tokoh idola.

Fanfic dahulu sangat terkenal di Facebook. Setelah dari itu, berkembang lagi ke platform-platform online lainnya.

Sedangkan AU, baru saja muncul baru-baru ini. Booming-nya tidak lebih lama dari fanfic, tapi tetap saja disukai oleh para penggemar.

Awalnya, AU terkenal di aplikasi Twitter, yang mana kerapkali menyajikan fake chat pendek-pendek. Namun, secara bentuk AU tidak hanya semata fake chat, melainkan juga dapat berkembangnya menjadi karya sastra lain, semisal: cerpen dan novel. AU juga bisa berubah format menjadi gambar, audio dan sejenisnya.

2. Penulis

Penulisan Fanfic biasanya dilakukan oleh seorang penggemar kepada penggemar yang lain.

Tujuannya adalah untuk suka-suka semata dan juga memuaskan hasrat mereka terhadap sosok tokoh idola, sehingga mereka lebih tahu lebih banyak mengenai tokoh tersebut.

3. Hak Cipta

Di mata hukum, mengkormesilkan fanfic dapatlah terkena pidana, karena hal tersebut menceritakan tokoh idola yang sudah ada.

Kalaupun dijual, itu pun tidak mengambil laba atau keuntungan yang banyak, dan hanya dari penggemar ke penggemar. Sehingga, memang cenderung tidak dijualbelikan secara bebas.

Kesimpulan

Apa perbedaan utama AU dan Fanfic kalau begitu? Berada di dalam konflik ceritanya.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, fanfic haruslah sesuai aslinya dari tokoh idola, sedangkan AU lebih fleksibel lagi.

AU memang bertokoh idola terkenal, tapi AU tidak harus selamanya menjadi tokoh tersebut.

Semisal: Siwon SUJU. Dalam kehidupan nyata, barangkali Siwon adalah seorang idol dan penerus konglomerat.

Namun, dalam AU, Siwon tidak dituliskan sebagai idol atau penerus konglomerat, melainkan dia adalah manusia dari universal lain dan sedang menyamar sebagai manusia.

Selain itu, cerita AU itu tetap menyisipkan kebenaran dari Siwon, mungkin dengan menuliskannya sebagai sosok yang dermawan dan rendah hati.

Ada yang bilang bahwa AU merupakan bagian dari fanfic, tapi sebuah fanfic tidak bisa dikatakan AU. Ya begitulah, kamu bisa membaca lagi kalimat-kalimat diatas supaya lebih mengerti perbedaan antara AU dan fanfic.


Kamu sudah mengerti perbedaan AU dan fanfic. Sekarang cobalah untuk memulai menulis kisahmu sendiri. Install aplikasi Cabaca dan tuliskan kisah-kisah indahmu secara mandiri. Bersama Cabaca, tulis sebanyak yang kamu mau dan dapatkan puluhan juta setiap bulannya.

[Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel online di Indonesia


Suka baca novel genre apa? Cari di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy