8 Novel Tentang Ayah untuk Dibaca Saat Hari Ayah Nasional - Hari Ayah Nasional jatuh pada tanggal 12 November. Usut punya usut, Hari Ayah pertama kali ditetapkan di Solo pada tahun 2006, di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Dan inilah beberapa novel yang cocok dibaca saat Hari Ayah Nasional.

1. Ayah Pemilik Cinta yang Sesungguhnya

Follow Instagram @laurellisma

Buku ini menceritakan Wira, seorang ayah tunggal yang berjuang membesarkan anak sekaligus merangkap menjadi ibu untuknya. Namun, sebagai pria berusia 40-an, jauh di dalam hatinya, Wira ingin memiliki istri. Sayangnya, anak Wira, Denta, memiliki phobia terhadap perempuan.

Novel karya Nikmatus Solikha ini, bisa kamu baca di Cabaca, loh. Tidak mahal, per babnya hanya 40 kerang.

2. Ayah, Mengapa Aku Berbeda?

Sumber: www.imdb.com

Ini dia novel dari Agnes Davonar yang pada zamannya (sekitar tahun 2011), meledak di pasaran.

Novel ini mengisahkan tentang seorang Angel, gadis tunarungu, yang tidak pernah menyerah dalam menggapai cita-citanya. Angel percaya bahwa setiap orang terlahir ke dunia dengan tujuan yang diberikan Tuhan. Novel ini juga sudah difilmkan, loh. Apakah kamu sudah melihatnya?

3. Sabtu Bersama Bapak

Sumber: goodreads.com

Novel ini selain ngomongin tentang ayah, juga banyak kasih wawasan soal bagaimana 'menjadi ayah'. Jadi cocok juga untuk yang cari kisah parenting. Novel yang ditulis oleh Adhitya Mulya ini juga diangkat ke layar lebar pada tahun 2016.

4. Surat Kecil untuk Ayah

Sumber: bukune.com

Surat Kecil untuk Ayah merupakan kumpulan cerita dari Boy Candra, yang mengambil tema ayah dalam fokus utamanya. Dalam buku ini, sosok ayah tidak hanya digambarkan sebagai pekerja keras saja, melainkan juga menggali sisi kemanusian, yakni sekuat apa pun seseorang, dia pasti akan memiliki sisi lemah yang terkadang membuatnya menangis atau meragu.

Baca Juga: 5 Novel dengan Latar Pergerakan Mahasiswa yang Wajib Dibaca!

5. Ayah

Sumber: www.goodreads.com

Andrea Hirata juga menuliskan sebuah novel khusus ayah, yang juga diberinya judul Ayah. Dalam novel ini, Andrea menceritakan tentang tokoh Sabari yang membayangkan bagaimana dirinya kelak dengan Zorro, anaknya. Berbagai macam rencana dia gadangkan dalam pikiran, seperti: mengajaknya melihat pawai 17 Agustus, mengunjungi pasar malam, membelikan mainan, menggandeng tangannya ke masjid, mengajarinya berpuasa dan memboncengnya naik sepeda saban sore ke taman kota. Akankah hal itu bisa terwujud?

6. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir

Sumber: www.goodreads.com

Ayah Menyayangi Tanpa Akhir adalah sebuah novel yang menceritakan tentang sosok Arjuna atau Juna dalam memperjuangkan cinta, mengatasi kehilangan, dan lika-liku menjadi ayah tunggal.

Buku yang ditulis oleh Kirana Kejora ini adalah karyanya ke-17 berdasarkan kisah nyata. Novel ini juga pernah difilmkan pada tahun 2015.

7. Seribu Wajah Ayah

Sumber: www.goodreads.com

Azhar Nurun menuliskan kisah ayah berjudul Seribu Wajah Ayah. Buku ini menceritakan sosok anak yang telah dewasa, menemukan sebuah album foto bersampul biru tua.

Awalnya si anak penasaran, album foto apa ini? Si anak sangat yakin dia sudah melihat semua album di rumahnya, bahkan dia sangat hafal tata letaknya. Tapi, kenapa dia baru melihat album ini sekarang?

Di dalam album, ternyata hanya ada sepuluh gambar. Semuanya adalah foto si anak dan ayahnya, yang membuat si anak kembali mengingat kisah di masa lalu. Sebuah kisah yang akan memberikan sesal dan rindu.

8. Ayahku dan Peliharaanku

Sumber: IG @laurellisma

Cabaca juga mempunyai kumcer yang membahas tentang ayah, yakni berjudul Ayahku dan Peliharaanku, oleh Eza. Pada salah satu ceritanya, tokoh aku memiliki ayah psikopat yang senang membunuh binatang. Hingga suatu hari, tokoh aku menemukan seekor burung gagak langka, yang membuatnya ingin mempertahankannya dari sang ayah. Tertarik membaca? Yuk, pakai saja aplikasi Cabaca.

Baca Juga: 6 Cerita Tentang Kesehatan Ini Bikin Kita Jadi Bersyukur

Nah, selain membaca novel tentang ayah, jangan lupa ucapkan selamat hari ayah ya untuk ayahanda tercinta. Yang suka baca novel romance, yuk pakai aplikasi Cabaca. Ada di Play Store dan bisa diunduh gratis! Untuk baca novel gratis bisa kamu lakukan dengan mendapatkan kerang gratis.

Aplikasi baca novel di Indonesia untuk baca novel gratis dan legal!