8 Novel Korea yang Wajib Dibaca - Korea Selatan terkenal karena bidang hiburannya yang keren, mulai dari K-Pop, variety show, dan bahkan download drama Korea terbaru sering menjadi perbincangan di media sosial. Namun, sudah tahukah kamu kalau Negeri Ginseng itu memiliki novel-novel yang tak kalah bagusnya? Beberapa bahkan dijadikan drama juga. Berikut merupakan novel Korea bagus yang bisa dijadikan referensi dalam proses menulismu.

1. The Vegetarian (Han Kang)

Sumber: en.wikipedia.org

The Vegetarian meraih Man Booker International Prize, penghargaan internasional bergengsi. Buku ini menyajikan tiga babak, yakni The Vegetarian, Mongolian Mark, dan The Flaming Trees.

The Vegetarian mengambil sudut pandang suami Hyeong Hye, Mr. Cheong. Mongolian Mark mengambil sudut pandang In Hye, saudari Hyeng Hye, sedangkan bagian ketiga, The Flaming Trees mengambil sudut pandang suami In Hye.

Novel ini menceritakan keputusan Hyeong Hye yang menjadi vegetarian setelah menikah. Hanya saja, karena menerapkan diet tidak sehat, Hyeong Hye kekurangan gizi, tubuhnya kurus, insomnia, dan masalah sosial mulai bermunculan. Secara keseluruhan, novel ini membuat kita menyelami mimpi-mipi kelam dan masa lalu Hyeong Hye yang menyedihkan.

2. The Interpreter (Suki Kim)

Sumber: amazon.com

Novel ini merupakan karya pertama dari Suki Kim, bercerita tentang penerjemah pengadilan Amerika-Korea berusia dua puluh Sembilan tahun bernama Suzy Park. Pada suatu hari dia menemukan satu kasus pengadilan mengejutkan yang akhirnya mengungkapkan misteri pembunuhan orang tuanya. Novel ini masuk ke Penghargaan PEN/Beyond Margins.

3. Drifting House (Krys Lee)

Sumber: goodreads.com

Kumpulan kisah dalam buku ini menggambarkan pengalaman imigran Korea. Kamu akan menemukan kisah-kisah indah, menghantui, surealis, gelap, lucu, dan lain sebagainya.

4. Please Look After Mom (Kyung Sook Shin)

Sumber: amazon.com

Kyung Sook Shin lahir pada 12 Januari 1963. Dia adalah wanita pertama dan orang Korea Selatan pertama yang memenangkan Penghargaan Sastra Orang Asia pada 2012 untuk buku Please Look After Mom.

Kisah ini bermula dari suami-istri yang berangkat ke kota untuk mengunjungi anak-anak yang telah dewasa. Singkat cerita, si istri tertinggal naik gerbong kereta bawah tanah. Si istri itu tidak kunjung ditemukan, membuat keluarga yang ditinggalkan mesti mengatasi trauma akibat kejadian tersebut, membuat mereka menyadari pentingnya peran sang ibu bagi mereka.

Baca Juga: 25 Quote Paling Jleb dari Serial Drama It’s Okay Not To Be Okay

5. Fox Girl (Nora Okja Keller)

Sumber: amazon.com

Buku ini mengisahkan sekelompok anak muda yang ditinggalkan setelah perang Korea. Di antara anak-anak muda itu, ada dua gadis remaja (Hyun Jin dan Sookie) yang menjadi pelacur. Keduanya bertahan hidup dalam dunia gelap dan mencekam.

6. The Moon That Embracing the Sun (Jung Eun Gwol)

Sumber: goodreads.com

Novel ini pernah diadaptasi menjadi drama Korea dengan judul yang sama. Diceritakan bahwa raja Lee Hwon jatuh cinta pada seorang saman wanita. Namun, kisah cinta mereka begitu sulit, terlebih ketika diketahui bahwa si saman merupakan Putri Mahkota yang dikabarkan meninggal karena sebuah konspirasi.

7. Moonlight Drawn by Clouds (Yoon Yi Soo)

Sumber: novelupdates.com

Novel ini bercerita tentang kisah cinta Putra Mahkota bernama Lee Yeong dan seorang gadis bernama Hong Ra On, putri dari pria yang dahulu dicap sebagai seorang pemberontak.

8. Kim Ji Young, Born 1982 (Cho Nam Joo)

Sumber: en.wikipedia.org

Novel ini tercatat telah terjual lebih dari 1 juta salinan! Isinya banyak bercerita tentang kehidupan pascapernikahan. Suami Ji Young, Dae Hyeon mendatangi psikiater dan bercerita kalau istrinya telah berubah menjadi orang lain. Ji Young berbicara sangat mirip dengan ibunya, sahabat lamanya yang meninggal saat melahirkan, juga mendiang neneknya.

Baca Juga: 5 Novel Tentang Olahraga untuk Dibaca pada Hari Olahraga Nasional

Itulah 8 novel Korea wajib dibaca di waktu luangmu. Kamu juga bisa membaca novel keren lainnya di aplikasi Cabaca, yakni aplikasi penyedia akses baca yang bisa kamu download langsung dari gawaimu. Install Cabaca dan singkirkan hari-hari hampamu dengan novel beragam genre dan judul baru setiap bulannya. [Lisma]

Aplikasi baca GRATIS untuk kamu yang haus novel-novel berkualitas!