8 Novel Korea yang Wajib Dibaca

8 Novel Korea yang Wajib Dibaca

8 Novel Korea yang Wajib Dibaca – Penyuka K-Pop, inilah rekomendasi novel Korea yang wajib dibaca, apa saja?

Rekomendasi Novel Korea

Korea Selatan terkenal karena bidang hiburannya yang keren, mulai K-Pop, variety show, dan bahkan download drama Korea terbaru sering menjadi perbincangan di media sosial. Namun, sudah tahukah kamu kalau Negeri Ginseng itu memiliki novel-novel yang tak kalah bagusnya? Beberapa bahkan dijadikan drama juga. Berikut merupakan novel Korea bagus yang bisa dijadikan referensi dalam menulismu.

1. The Vegetarian - Han Kang

Sumber: en.wikipedia.org

The Vegetarian pernah meraih Man Booker International Prize, penghargaan internasional bergengsi. Buku ini menyajikan tiga babak, yakni The Vegetarian, Mongolian Mark, dan The Flaming Trees.

The Vegetarian mengambil sudut pandang suami Hyeong Hye, Mr. Cheong. Mongolian Mark mengambil sudut pandang In Hye, saudari Hyeng Hye, sedangkan bagian ketiga, The Flaming Trees mengambil sudut pandang suami In Hye.

Novel ini menceritakan keputusan Hyeong Hye yang menjadi vegetarian setelah menikah. Hanya saja, karena menerapkan diet tidak sehat, Hyeong Hye kekurangan gizi, tubuh kurus, insomnia dan masalah sosial mulai bermunculan. Secara keseluruhan, novel ini membuat kita menyelami mimpi-mimpi kelam dan masa lalu Hyeong Hye yang menyedihkan.

2. The Interpreter - Suki Kim

Sumber: amazon.com

Novel ini merupakan karya pertama dari Suki Kim, bercerita tentang penerjemah pengadilan Amerika Korea berusia dua puluh sembilan tahun bernama Suzy Park. Pada suatu hari dia menemukan satu kasus pengadilan mengejutkan yang akhirnya mengungkapkan misteri pembunuhan orang tuanya. Novel ini masuk ke Penghargaan PEN / Beyond Margins.

3. Drifting House - Krys Lee

Sumber: goodreads.com

Kumpulan kisah dalam buku ini menggambarkan pengalaman imigran Korea. Kamu akan menemukan kisah-kisah indah, menghantui, surealis, gelap, lucu, dan lain sebagainya.

4. Please Look After Mom - Kyung Sook Shin

Sumber: amazon.com

Kyung Sook Shin lahir pada 12 Januari 1963. Dia adalah wanita pertama dan orang Korea Selatan pertama yang memenangkan Penghargaan Sastra Orang Asia pada 2012 untuk buku Please Look After Mom.

Kisah ini menceritakan suami-istri berangkat ke kota untuk mengunjungi anak-anak yang telah dewasa. Singkat cerita, si istri tertinggal naik gerbong kereta bawah tanah. Si istri itu tidak kunjung ditemukan, membuat keluarga yang ditinggalkan mesti mengatasi trauma akibat kejadian tersebut, membuat mereka menyadari pentingnya peran sang ibu bagi mereka.

5. Fox Girl - Nora Okja Keller

Sumber: amazon.com

Buku ini mengisahkan sekelompok anak muda yang ditinggalkan setelah perang Korea. Di antara anak-anak muda itu, ada dua gadis remaja (Hyun Jin dan Sookie) yang menjadi pelacur. Keduanya bertahan hidup dalam dunia gelap dan mencengkam.

6. Kim Ji Young, Born 1982 - Cho Nam Joo

Sumber: en.wikipedia.org

Novel ini terjual lebih dari 1 juta salinan, bercerita tentang kehidupan pasca pernikahan. Suami Ji Young, Dae Hyeon mendatangi psikiater dan bercerita kalau istirnya telah berubah menjadi orang lain. Ji Young berbicara sangat mirip dengan ibunya, sahabat lamanya yang meninggal saat melahirkan, juga mendiang neneknya. Novel ini juga sudah difilmkan loh!

7. The Moon that Embracing the Sun - Jung Eun Gwol

Sumber: goodreads.com

Novel ini pernah diadaptasi menjadi serial drama Korea dengan judul yang sama. Diceritakan bahwa raja Lee Hwon jatuh cinta pada seorang saman wanita. Namun, kisah cinta mereka begitu sulit, terlebih ketika diketahui bahwa si saman merupakan Putri Mahkota yang dikabarkan meninggal karena sebuah konspirasi.

8. Moonlight Drawn by Clouds - Yoon Yi Soo

Sumber: novelupdates.com

Novel ini memaparkan kisah cinta Putra Mahkota bernama Lee Yeong dan seorang gadis bernama Hong Ra On, putri dari pria yang dahulu dicap sebagai seorang pemberontak.

Baca Juga: 11 Artis Korea yang Pernah Terkena Skandal Narkoba

Itulah 8 novel Korea wajib dibaca di waktu luangmu. Kamu juga bisa membaca novel keren lainnya di aplikasi Cabaca, yakni aplikasi penyedia akses baca yang bisa kamu download langsung dari gawaimu. Install Cabaca dan singkirkan hari-hari hampamu dengan novel beragam genre yang setiap bulannya ada judul baru. [Lisma]

Download aplikasi Cabaca untuk baca novel online.


Mau baca novel genre apa? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy