8 Langkah Menghadapi Musim Hujan

tips Oct 17, 2020

8 Langkah Menghadapi Musim HujanIndonesia memiliki dua musim, yakni Musim Kemarau dan Musim Hujan. Dan sekarang, di bulan Oktober, adalah awal masa musim hujan. Biasanya curah hujan akan tinggi dan intensitasnya pun semakin banyak. Berikut merupakan persiapan dan tips menghadapi musim hujan yang harus kamu tahu.

1. Bawa Payung atau Jas Hujan

Sumber: id.pinterest.com

Hujan seperti kenangan yang tiba-tiba muncul dan pergi sesuka hatinya. Untuk mengatasi perkara kenangan, eh, hujan maksudnya, kamu harus sedia payung di dalam tasmu. Kamu bisa memilih model payung kecil supaya ringan dan tidak memakan banyak tempat.

Apabila kamu berpergian dengan motor, kamu bisa membawa jas hujan agar tidak kebasahan.

2. Membersihkan Rumah

Sumber: dutatv.com

Satu lagi permasalahan yang sering muncul di musim hujan, yaitu selokan atau got tersumbat. Hal ini dikarenakan arus air terkadang membawa banyak sampah.

Kamu bisa membersihkan area rumah dengan rajin membersihkan selokan. Kalau ada kerja bakti antartetangga, tambah asyik lagi. Perkerjaan akan terasa cepat. Dan tentunya, dengan tetangga kamu dapat berghibah-ghibah ria, nah, jadi gak membosankan tuh.

3. Tetap Berolahraga

Sumber: halodoc.com

Menjaga kesehatan di musim penghujan sangat diperlukan. Maka dari itulah, olahraga harus tetap dilakukan. Kamu bisa melakukan olahraga di dalam rumah, misalnya dengan lari di tempat, push up, sit up, atau sekadar mengepel lantai.

Dengan olahraga teratur, dapat membuat daya tahan tubuhmu bagus dan tidak mudah terserang penyakit.

4. Konsumsi Makanan Bergizi

Sumber: alodokter.com

Di musim penghujan, memang enak makan yang hangat-hangat, seperti mi kuah instan. Namun, kamu jangan keseringan makan mi instan, ya, ingat dietmu.

Kamu bisa melengkapi gizi dengan mengkonsumsi susu serta vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, supaya tetap prima keesokan harinya.

Baca Juga: 8 Soft Skill yang Harus Kita Miliki di Era New Normal

5. Cek Kendaraan

Sumber: seva.id

Sering mengecek kendaran adalah kunci dari keselamatan. Di musim penghujan seperti ini, jalanan sering licin. Sering-seringlah mengecek kendaraanmu, apakah dalam kondisi baik dan layak pakai, terutama bagian ban dan rem. Dengan memperhatikan kendaraanmu, artinya kamu sudah berupaya meminimalisasi kemungkinan terjadinya kecelakaan.

6. Cabut Konektor TV

Sumber: rumah.com

Hujan dan petir sering datang bersamaan. Maka dari itulah, apabila akan tidur, usahakan mencabut konektor TV dan mematikan dayanya melalui tombol power serta mencabut penghubung listrik.

7. Hangatkan Tubuh

Sumber: dreamvs.jp

Berkumpul bersama keluarga di cuaca dingin merupakan hal menyenangkan. Namun, kalau kamu sedang sendirian, ya, tidak apa-apa, banyak temannya kok hehe. Jangan lupa, kalau sudah terasa dingin, pakai jaket, sweater, syal, kaos kaki dan lain sebagainya, yang pokoknya dapat menghangatkan dirimu.

8. Istirahat yang Cukup

Sumber: u-report.com

Siapa yang kalau hujan memilih tidur? Ya, kalau gitu, kita sehati. Kalau hujan, memang paling enak dibuat tidur. Dengan istirahat cukup dapat membuat tubuh fit kembali. Namun, perlu diingat ya, jangan terlalu banyak tidur. Nanti badanmu terasa lemas dan otot-ototmu menegang. Sayangi dirimu, sayangi kesehatanmu, dan sayangi mantan, eh, lupakan mantan maksudnya.

Baca Juga: 10 Ide Journaling untuk Kesehatan Mental

Itulah 8 tips menghadapi musim hujan. Butuh tips menulis? Atau butuh rekomendasi novel bagus?

Sekarang kamu tidak perlu bingung dalam memilih bacaan. Seluruh novel Cabaca dipilih dari proses seleksi, yang pastinya diambil terbaik dari naskah-naskah terbaik lainnya yang masuk ke meja redaksi. Yuk, #BacaAjaDulu di Cabaca. Install aplikasi Cabaca dan nikmati kemudahan membaca novel dari HP kamu! [Lisma]

Cabaca, aplikasi baca novel paling menyenangkan di Indonesia!

Tags

Tim Blogger Cabaca

Sekumpulan orang dari Cabaca yang menaruh perhatian besar pada dunia literasi. Pastikan selalu baca tulisan kami untuk tahu info paling update tentang Cabaca!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.