8 Kafe Buku di Bali, Book Worm Harus Coba!

8 Kafe Buku di Bali, Book Worm Harus Coba!
Photo by Toa Heftiba / Unsplash

8 Kafe Buku di Bali, Book Worm Harus Coba! – Sedang cari ide kegiatan liburan sekolah? Atau butuh rekomendasi kafe untuk sekadar baca buku? Ini dia rekomendasi kafe buku di Bali.

Rekomendasi Book Cafe di Bali

Kafe buku adalah kafe yang menyediakan buku sebagai salah satu sarana yang bisa dinikmati. Dikenal juga dengan library cafe. Bentuknya tidak harus selalu terdapat perpustakaan, tetapi minimal ada pojok baca. Dari sekian banyak kafe di Bali, di mana ramai dikunjungi turis, berikut ini rekomendasi book cafe di Bali.

1. Littletalks Ubud

Setelah sebelumnya sempat pindah lokasi, kafe ini akhirnya buka lagi. Lokasi tidak jauh dari lokasi sebelumnya dan masih berada di Ubud. Selain cocok untuk nongkrong, kafe ini juga sering mengadakan art exhibiton loh!

Alamat: Jl. Bisma, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam buka: 07.00 - 22.00 WITA
Instagram: @littletalksubud

2. Sunny16 Cafe

Usai dari Pantai Kuta, kamu bisa menyempatkan diri untuk beristirahat sejenak di kafe ini. Selain menawarkan menu makan dan minum yang reasonable, kafe yang jadi satu dengan Fontana Hotel ini juga menyediakan buku-buku untuk dibaca pengunjung. Kebanyakan koleksinya merupakan novel terjemahan dan buku-buku impor.

Alamat: Jl. Dewi Sri No.68, Legian, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361Jl. Bisma, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571
Jam buka: 07.00 - 03.00 WITA
Instagram: @sunny16cafe

3. Dapoer Papa Coffee

Sebelum menuju Pantai Sanur, bolehlah mampir ke kafe buku Bali yang satu ini. Menu yang ditawarkan cukup lengkap, mulai dari kopi, teh, susu, cokelat, hingga menu makan berat. Koleksi bukunya gak banyak, tapi cukup menarik daripada hanya melamun, kan?

Alamat: Jl. Tukad Penet No.3, Renon, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80239
Jam buka: 08.00 - 22.00 WITA
Instagram: @dapoerpapacoffeeandbeyond

4. Mamata Dessert & Cafe

Kamu penyuka pastry? Kalau gitu, wajib banget mampir ke kafe ini. Tak hanya menawarkan aneka roti dan kue, kafe ini juga punya beberapa koleksi buku dan komik yang boleh dipinjam saat pengunjung ingin dine in.

Alamat: Jl. Bedugul Gg. Tirta No.3a, Sidakarya, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80227
Jam buka: tidak tercantum
Instagram: @mamata.dessert

5. The Library

Untuk yang bosan dengan beach club di area Seminyak, kayaknya bisa banget berkunjung ke kafe ini. Apalagi jika kamu adalah kutu buku. Lantai dua dari kafe ini menyimpan banyak sekali buku dari berbagai bahasa untuk kamu baca.

Alamat: Jl. Kayu Aya, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Jam buka: 07.00 - 22.00 WITA
Instagram: @thecoffeelibrary

6. Tempat Coffee & Roastery

Lokasinya berada di selatan Bali, jadi memang tidak terlalu terasa hiruk-pikuk wisata. Oleh karena itu, kafe ini cocok juga jadi tempat meeting dan bekerja. Meski dari luar bentuknya seperti joglo rumah biasa, di dalamnya ada perpustakaan mini loh!

Alamat: Jl. Bedugul No.35, Sidakarya, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80224
Jam buka: 08.00 - 20.00 WITA
Instagram: @tempat.idn

7. Taman Baca Kesiman

Tidak terlalu tepat disebut sebagai kafe sebenarnya karena konsepnya adalah perpustakaan umum. Namun, memang ada kafe kecil di sebelahnya yang memungkinkan kamu untuk bersantai, bahkan untuk bikin acara diskusi maupun launching buku. Oya, pastikan kamu cek Instagramnya sebelum berkunjung ke sini ya!

Alamat: Jl. Sedap Malam No.234, Kesiman, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80237
Jam buka: 10.00 - 18.00 WITA
Instagram: @tamanbacakesiman

8. Ary's Book Cafe

Kamu bisa mampir sebentar setelah menikmati jalanan Ubud atau mampir ke Ubud Art Market. Dari luar pintunya kecil, tapi begitu masuk kamu akan melihat ruangan yang hangat dengan sedikit nuansa vintage, serta taman kecil khas Ubud. Koleksi bukunya lumayan banyak untuk sekadar baca cepat di sini.

Alamat: Ubud, Gianyar Regency, Bali 80571
Jam buka: 07.00 - 22.00 WITA
Instagram: @arys_bookcafe

Wah, seru sekali kafe buku di Bali di atas ya. Mana nih yang ingin kamu kunjungi? Atau ada book cafe yang belum masuk daftar? Semoga bisa menginsiprasimu untuk tetap menghidupkan dunia literasi.

Baca Juga: 10 Cara Menata Buku Tanpa Rak

Untuk yang belum bisa ke Bali, jangan berkecil hati. Kamu tetap bisa baca buku meski gak bisa ke mana-mana. Misalnya dengan baca novel online di Cabaca. Cabaca merupakan situs baca novel online di Indonesia. Manfaatkan voucher dan promo menarik lainnya untuk cari novel murah. Atau, bisa juga dengan baca gratis di Jam Baca Nasional alias Happy Hournya Cabaca pukul 21.00 - 22.00 WIB hanya di aplikasi Cabaca, install dulu di Google Play. [Asya]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel online di Indonesia


Suka novel genre apa? Cek di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy