8 Ide Liburan Akhir Tahun di dalam Kota Jakarta – Liburan akhir tahun di Jakarta menjadi pilihan bagi orang-orang yang memiliki waktu berlibur sedikit dikarenakan padatnya kerjaan atau hal serupa lainnya. Daripada mengunjungi mall atau pusat perbelanjaan, berikut merupakan ide liburan di dalam kota Jakarta yang bisa kamu coba.

1. Taman Situ Lembang

Sumber: jejakpiknik.com

Menghabiskan waktu liburan bersama keluarga merupakan keinginan banyak orang. Kamu bisa liburan murah di Jakarta dengan mengunjungi danau menawan di pusat ibukota ini.

Destinasi ini cocok untuk segala usia. Kamu bisa sekadar bersantai, memancing, atau berjalan-jalan. Pada suatu momen, tepatnya di sore hari, ada suasana senja yang bisa kamu lihat. Senja di Taman Situ Lembang menawan sekali.

2. Taman Suropati

Sumber: anandastoon.com

Liburan dekat Jakarta yang bisa kamu jadikan rujukan adalah Taman Suropati. Kamu bisa menikmati taman urban yang penuh dengan tanaman hijau, fasilitas memadai, dan tentunya suasana yang teduh. Tempat ini mengedepankan tema tropis dengan banyaknya pepohonan rindang dan juga area bersih. Emm… pasti betah berlama-lama di sini.

3. Kota Tua Jakarta

Sumber: pesona.travel.com

Dengan mengunjungi Kota Tua Jakarta, kamu bisa bernostalgia dengan masa lalu. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi ke era kolonial, di kala Jakarta masih bernama Batavia.

Selain bisa ber-selfie di bangunan model kuno, kamu juga bisa menyewa wardrobe untuk memberi kesan jadul.  

4. Taman Ayodya

Sumber: dolanyok.com

Taman Ayodya berada di Jakarta Selatan. Danau buatan ini begitu asri. Banyak tanaman hijau tumbuh di sana. Dan tak kalah menyenangkannya, kamu bisa berlama-lama di sana dikarenakan ada WiFi yang disediakan.

Di akhir pekan, kamu juga bisa melihat atau bergabung dengan komunal yang dihelat di sana, seperti pertemuan pecinta hewan unik dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Ini Dia Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021

5. Tibeca Park

Sumber: jakarta-tourism.go.id

Setelah berbelanja di Central Park, kamu juga bisa bersantai di Tribeca Park. Kedua tempat itu bersebelahan.

Lelah fisik dan hatimu pasti luntur karena melihat tanaman yang berwarna-warni, lanskap taman keren, dan hewan lucu yang berada di kolam.

6. Museum Tengah Kebun

Sumber: satyawinnie.com

Museum Tengah Kebun menghadirkan konsep berbeda. Pasalnya museum ini disekelilingi pohon-pohon hijau sehingga membuat suasana menjadi sejuk. Barang yang dipamerkan di sini pun cukup antik dan anti-mainstream.

Hanya saja, untuk menikmati museum ini, kamu harus melakukan booking tempat dan berkunjung berkelompok 7-12 orang. Kamu juga tidak perlu merogoh kantong. Museum ini bisa kamu masuki dengan gratis.

7. Pasar Barang Antik, Jalan Surabaya, Cikini

Sumber: Jakarta.panduanwisata.id

Bagi penggemar barang antik sekaligus ingin liburan, kamu bisa mengunjungi Pasar Barang Antik, Jalan Surabaya, yang berada di Cikini. Di sini kamu bisa membeli jam antik, telepon jadul yang unik, dan lain sebagainya.

Namun, kamu juga bisa mengunjungi tempat ini untuk hanya sekadar berfoto. Banyak spot yang instagrammable.

8. Museum Art Mon Décor

Sumber: nowjakarta.co.id

Apakah kamu tahu Museum Art Mon Décor?

Walaupun popularitas tempat ini masih terbilang rendah, tapi apa yang ditawarkan begitu banyak. Di sini, kamu bisa melihat karya seni dari seniman baru, mulai dari lukisan hingga new art.

Baca Juga: 7 Kota untuk Destinasi Liburan Murah Akhir Tahun

Itulah tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi tanpa harus keluar kota. Namun, bagi kamu yang tidak suka menghabiskan waktu libur dengan berjalan-jalan dan ingin rebahan saja di rumah, kamu bisa membaca buku di Cabaca, aplikasi baca novel di Indonesia. Install aplikasi Cabaca di Play Store dan #BacaAjaDulu novel kesukaanmu! [Lisma]

Suka baca novel gratis tapi bukan bajakan? Download aplikasi Cabaca yuk!