8 Film Indonesia yang Membangkitkan Rasa Cinta Tanah Air - Saat tidak ada kegiatan dalam rangka memeriahkan lomba 17 Agustusan, menonton film bisa jadi adalah pilihan yang tepat. Berikut rekomendasi 8 film tentang nasionalisme yang bisa kamu tonton di Hari Kemerdekaan Indonesia. Apa saja film tentang cinta tanah air itu? Check it out!

1. Gie

Sumber: en.wikipedia.org

Film 17 Agustus yang bisa kamu tonton, yakni berjudul Gie, terinspirasi dari kisah hidup aktivis muda yang bernama Seoo Hok Gie. Diceritakan bahwa Gie adalah mahasiswa keturunan Tionghio dari Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Gie memiliki pendirian teguh, sangat idealis dan memegang prinsip. Dia hanya menginkan satu hal: Indonesia berdiri dengan keadilan dan kebenaran murni.

2. Batas

Sumber: id.wikipedia.org

Film ini ditulis oleh Slamet Rahardjo, berkisah tentang perempuan bernama Jaleswari yang bertugas di Pontianak untuk menyukseskan program CSR perusahaan. Di sana dia harus berhadapan dengan oknum-oknum yang berencana membuat pembodohan terhadap bangsa dan doktrin-doktrin bahwa negara tetangga adalah surga.

3. Minggu Pagi di Victoria Park

Sumber: id.wikipedia.org

Kisah TKW menjadi fokus utama dalam film ini. Diceritakan bahwa para TKW di Hong Kong memiliki sebuah tradisi, yaitu berkumpul di Victoria Park. Di sana, mereka akan bercerita mengenai kehidupan masing-masing. Menjadi TKW tidak pernah mudah. Ada banyak kendala yang harus dihadapi, termasuk diskriminasi.

4. Tanah Air Beta

Sumber: id.wikipedia.org

Konflik cerita ini dimulai ketika adanya pelepasan Timor Timur dari Indonesia pada tahun 1998 silam. Dari sana, Tatiana, yang mencintai RI tetap ingin menjadi bagian dari Indonesia. Jadi, dia pun memutuskan untuk mengungsi ke Kupang, NTT bersama anak perempuannya, Merry. Keputusan Tatiana ini bukanlah hal mudah. Terlebih dia harus meninggalkan anak laki-lakinya yang masih berada di Timor Timur.

Baca Juga: 7 Film Indonesia yang Tunda Rilis Karena Wabah COVID-19

5. Denias: Senandung di Atas Awan

Sumber: id.wikipedia.org

Film berdasarkan kisah nyata ini menceritakan tentang perjuangan Denias untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Di film ini kamu bisa melihat pemandangan Papua yang indah dan jarang terekspos media.

6. Laskar Pelangi

Sumber: id.wikipedia.org

Laskar Pelangi diangkat dari novel yang berjudul sama, ditulis oleh Andrea Hirata. Film ini menceritakan persahabatan anak-anak Belitong yang walaupun hidup di tempat terpencil, tidak meruntuhkan semangat dalam meraih pendidikan. Walau udah pernah nonton atau download film Indonesia yang satu ini, mungkin kamu tertarik menontonnya lagi?

7. Tanah Surga Katanya

Sumber: id.wikipedia.org

Konflik utama dalam film ini adalah dilema para tokohnya yang tetap berada di tanah air, dengan segala keterbelakangan teknologi dan pembangunan, atau berpindah ke negara tetangga yang menawarkan hidup lebih layak. Pada akhirnya, rasa nasionalisme yang besar akan mengalahkan segalanya.

8. Dwilogi Merdeka

Sumber: id.wikipedia.org

Ada dua film dari dwilogi ini: Darah Garuda dan Hati Merdeka. Film ini berlatar tahun 1947, ketika suatu kamp pelatihan militer tiba-tiba diserang tentara Belanda. Mereka yang berhasil lolos, bergabung dalam pasukan gerilya di pedalaman Jawa. Semangat mereka begitu membarah, demi satu hal: Indonesia merdeka dan terbebas dari penjajah.

Baca Juga: 8 Film Indonesia yang Terkenal di Festival Internasional

Itulah delapan film Indonesia yang membangkitkan rasa cinta air. Kamu juga bisa meningkatkan rasa cinta air dengan membaca novel yang ditulis langsung oleh penulis-penulis Indonesia. Baca novel gratis di Cabaca. Baca lewat aplikasi Cabaca yang ada di Google Play dan dapatkan novel baru setiap harinya. [Lisma]

Download aplikasi Cabaca supaya baca novel jadi gampang dan GRATIS!