7 Sayuran yang Awet Disimpan Tanpa Kulkas

7 Sayuran yang Awet Disimpan Tanpa Kulkas
Photo by Leonie Clough / Unsplash

7 Sayuran yang Awet Disimpan Tanpa Kulkas – Manusia membutuhkan sayuran agar mendapatkan  vitamin, serat, dan nutrisi penting lainnya untuk tubuh. Namun, kadang sayuran cepat layu jika tidak disimpan dalam kulkas.

Sayuran yang Awet Tanpa Kulkas

Tidak semua dari kita memiliki kulkas. Selain itu, saat berkemah, berada dalam perjalanan panjang, atau dalam kondisi darurat lainnya, kita juga mungkin tidak punya akses untuk menyimpan sayur dalam kulkas. Di bawah ini ada beberapa jenis sayuran yang dapat disimpan tanpa kulkas, beserta dan cara-cara untuk menyimpannya agar tetap segar dan bergizi.

1. Kentang

Farmers hands with freshly harvested vegetables. Fresh bio potatoes
Photo by JESHOOTS.COM / Unsplash

Mencari sayuran yang memiliki masa simpan yang panjang bahkan tanpa kulkas? Kentang adalah jawabannya. Untuk menyimpan kentang dengan baik, pastikan untuk menempatkan kentang dalam wadah yang gelap dan kering. Hindari menyimpan kentang di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Selain itu, usahakan untuk menyimpan kentang terpisah dari sayuran lain yang menghasilkan gas etilen, misalnya tomat, karena gas ini dapat mempercepat pembusukan.

2. Wortel

Bright orange carrots
Photo by David Holifield / Unsplash

Penyimpanan wortel terbilang mudah dan bisa tetap segar tanpa kulkas. Pertama, cucilah wortel, lalu biarkan kering atau lap dengan kain bila perlu. Salah satu cara menyimpannya adalah dengan memotong bagian pangkal yang berwarna hijau dari wortel jika masih ada. Setelah itu, tempatkan wortel dalam wadah kedap udara. Usahakan tempatnya selalu kering ya.

3. Kubis

A close view of a basket of cabbages
Photo by Eric Prouzet / Unsplash

Kubis merupakan sayuran lainnya yang dapat disimpan tanpa kulkas dengan baik. Biasanya asal diletakkan di tempat kering, kubis bisa tahan lama di suhu ruangan. Tidak perlu lagi dibungkus dengan plastik.

4. Terong

Fresh organic Japanese eggplant at the Acton, MA Farmers Market
Photo by Yuval Zukerman / Unsplash

Ingin agar sayur terong awet? Simpan saja di tempat yang sejuk dan kering. Jika disimpan dalam kulkas, terong justru akan mudah kusut. Jika ingin lebih tahan lama, simpan sayur terong di dalam wadah kertas.

5. Buncis

Photo by Matilda bellman / Unsplash

Disebutkan, jika ingin sayur buncis awet tanpa masuk kulkas, cucilah buncis di bawah air mengalir hingga bersih. Pastikan seluruh permukaan buncis sudah tidak ada kotoran lagi. Lanjut, tiriskan, dan taruh saja di wadah terbuka. Yang penting jangan ditaruh dekat kompor ya.

6. Kacang Panjang

Sayur oseng kacang panjang memang sedap untuk disantap. Anak kos pun bisa menyimpan sayuran tanpa kulkas, salah satunya kacang panjang. Kamu bisa melapisi dengan kertas tisu agar sayuran benar-benar kering.

7. Labu siam

Labu siam termasuk sayuran yang awet walau tidak punya kulkas menyimpannya. Yang penting, pastikan membelinya dalam keadaan segar dan tidak ada kulitnya yang terkelupas. Simpan di wadah terbuka dan jagalah agar tetap kering.

Cara Umum untuk Menyimpan Sayuran Tanpa Kulkas

Beberapa hal di bawah ini umumnya dilakukan untuk membantumu menyimpan sayuran tanpa kulkas dengan lebih baik.

1. Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari langsung biasanya berpotensi meningkatkan suhu dan kelembapan di sekitar sayuran sehingga dapat mempercepat pembusukan. Pastikan untuk menyimpan sayuran di tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung ya!

2. Periksa dan Buang yang Rusak

Cek dulu tanda-tanda kerusakan atau pembusukan. Kalau menemukan bagian yang telah rusak, segera buang bagian tersebut agar tidak mempengaruhi sayuran lainnya.

3. Hindari Gas Etilen

Beberapa sayuran dan buah, seperti tomat, apel, dan pisang, menghasilkan gas etilen yang bisa mempercepat pembusukan sayuran lainnya. Mending segera jauhkan sayuran-sayuran ini dari sayuran yang lebih tahan lama.

4. Jaga Tetap Kering

Biasanya sayuran yang awet tanpa kulkas tak butuh wadah khusus untuk menyimpannya di suhu ruang. Namun, pastikan permukaannya kering dan tidak terkontaminasi debu dan kotoran.

Itulah tadi sayuran yang bisa disimpan tanpa kulkas. Jadi walau tidak punya kulkas, bukan akhir dari dunia kan? Dengan rajin makan sayur yang segar dan bergizi walau tanpa bantuan kulkas, kita tetap bisa sehat dan bugar dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Cari Tempat Donasi Buku? Cek di Sini Yuk!

Apakah aktivitas sehari-harimu adalah membaca? Pastikan baca novel yang berkualitas dari sumber yang legal dan terpercaya. Jika baca novel online adalah pilihanmu sekarang, yuk install aplikasi Cabaca. Cabaca merupakan aplikasi baca novel online berkualitas. Download gratis di Play Store. [Asya]

download Cabaca


Baca Novel dari Berbagai Genre di Cabaca, GRATIS!

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy