7 Resep Makanan dengan Rice Cooker untuk Makan Sahur - Walaupun namanya rice cooker, yang kalau dibahasaindonesiakan artinya penanak nasi, tapi dalam penerapannya, rice cooker bisa juga digunakan untuk memasak. Berikut masakan yang bisa dimasak di magic com atau rice cooker.

1. Nasi Goreng

Sumber: beepdo.com

Nasi goreng rice cooker, pembuatannya sangat mudah sekali. Pertama, cuci beras hingga bersih dan masaklah menggunakan rice cooker. Ketika airnya mulai menyusut, masukkan bumbu instan nasi goreng. Lalu aduk hingga merata. Tutup kembali rice cooker dan tunggu hingga nasi matang.

2. Sup Ayam

Sumber: cookpad.com

Apakah kamu tipe orang malas masak karena sukanya resep sahur praktis? Don’t worry, kamu bisa memanfaatkan rice cooker untuk membuat sup ayam. Cara membuatnya mudah sekali. Pertama, tuangkan minyak ke rice cooker. Setelah panas, tumis bawang putih yang telah dicacah halus. Kemudian masukan air secukupnya. Rebus wortel, bumbu sup instan dan kaldu ayam bubuk sesuai selera. Terakhir masukkan suwiran ayam. Em, makanan hangat dan penuh gizi, siap menemani sahurmu yang sendiri~

3. Masak Telur

Sumber: cookpad.com

Resep rice cooker lain yang bisa kamu coba, yakni masak telur biar mateng. Kamu bisa mengkombinasikannya sesuai selera. Bisa telur ceplok, telur dadar, atau diorak-arik, seperti hatimu yang baru diputusin pacar, hehehe.

4. Mi Instan

Sumber: cookpad.com

Mi instan merupakan resep makanan dengan rice cooker yang pembuatannya bisa dilakukan dengan menutup mata. Bercanda ding. Membuat mi instan di rice cooker mudah sekali. Caranya sama seperti kalau memakai panci pada umumnya.

Baca Juga: 10 Resep dan Cara Membuat Kolak untuk Berbuka Puasa

5. Jelly/Agar-agar

Sumber: snapguide.com

Membuat jelly dengan rice cooker sangat mudah. Kamu harus campurkan bubuk jelly atau bubuk agar-agar dengan 3,5 gelas air ke rice cooker. Kemudian tambahkan gula pasir. Aduk hingga merata sampai tidak menggumpal. Setelahnya aktifkan mode “COOK” dan aduk terus sampai mendidih.

Jika sudah mendidih, jangan langsung tuang larutan ke dalam cetakan, biarkan dingin sebentar. Tuangkan ke cetakan apabila asap yang keluar dari panci rice cooker sudah hilang atau berkurang. Jelly cocok dijadikan penutup makanan sahurmu.

6. Pancake

Sumber: soranews24.com

Kamu lagi bosan makan nasi dan ingin makan kue? Nih, kamu bisa membuat pancake. Caranya mudah sekali. Beli adonan pancake instan. Campurkan semua bahan dan aduk hingga merata. Kamu tidak perlu menunggu mengembang, yang penting sudah tercampur.

Kemudian, tekan aktifkan tombol “COOK”. Tunggu 40-45 menit. Dan voila, pancake pun selesai.

7. Bubur Ayam

Sumber: masakapaya.com

Bosan dengan jenis makanan yang itu-itu aja? Kamu juga bisa membuat bubur di rice cooker, loh. Kamu bisa menggunakan perbandingan beras:air, sebanyak 1:4. Saat dimasak, tambahkan pula sedikit garam. Kalau sudah jadi, kamu bisa menambahkan suwiran ayam goreng, bawang goreng, kecap, dan kerupuk.

Baca Juga: 7 Tradisi Ramadhan yang Hanya Ada di Indonesia

Kini, memasak sahur tidak perlu repot lagi, kan? Kamu juga bisa mengisi waktu luang antara sahur dan salat Subuh dengan membaca buku. Membaca buku sudah tidak susah lagi. Manfaatkan hapemu dengan  download aplikasi Cabaca di Play Store. Temukan beragam genre dari penulis-penulis kece Indonesia yang akan membuka harimu dengan kisah romantis, serem, menyayat hati, lucu dan banyak lainnya.

Baca apa saja gratis dengan instal aplikasi Cabaca!