7 Novel Tentang Kehidupan Mahasiswa yang Kocak - Tahukah kamu kapan Hari Sarjana Nasional diperingati?

Hari Sarjana Nasional kerap tidak diketahui oleh masyarakat. Namun, Hari Sarjana Nasional tetap tercatat sebagai hari penting dan diperingati setiap tahunnya di Indonesia, tepatnya pada 29 September.

Sampai saat ini, masih belum ada acara atau perayaan khusus untuk memeriahkan Hari Sarjana Nasional. Namun, kamu bisa membuat acara sendiri, salah satunya dengan membaca novel tentang kehidupan mahasiswa. Berikut novel yang bisa kamu baca.

1. Catatan Kuliah si Udin

Sumber: cabaca.id

Novel lucu ini bisa kamu baca di aplikasi Cabaca. Catatan Kuliah si Udin ditulis oleh DEER. Novel ini menceritakan keseharian Udin di waktu kuliah, penuh dengan perjuangan, hal-hal lucu, sekaligus akan mengajarimu arti sebuah persahabatan. Selain Udin, dalam novel ini juga menceritakan teman dekat Udin, seperti jelmaan hantu vacuum cleaner, si muka datar, penyukai drama, dan seorang cowok paling ganteng di antara makhluk-makhluk itu.

2. Skripshit

Sumber: goodreads.com

Novel ini ditulis oleh Alitt Susanto.

Jadi, tokoh aku dalam novel ini memiliki julukan MAPALA, yakni Mahasiswa Paling Lama. Dia sudah melalui belasan semester dan ratusan SKS, tapi gak lulus-lulus juga. Barangkali ini yang dinamakan cinta selain kepada sesama makhluk. Eh~

Seperti apakah kehidupan belantara kampus yang harus dijalani tokoh aku? Sampai kapan dia harus seperti ini?

3. Cado-cado

Sumber: goodreads.com

Cado-cado atau kepanjangan dari Catatan Dodol Calon Dokter ini mengisahkan ko-ass yang harus menghadapi macam-macam pasien, mulai dari pemarah, pemalu, periang, penggerutu, dan lain sebagainya.

Sebagai seorang ko-ass (pendidikan lanjut mahasiswa kedokteran), Ferdiriva Hamzah menuliskan pengalaman-pengalaman berharganya dalam buku ini.

4. Mahasiswa Koplak

Sumber: mizanstore.com

Novel komedi Indonesia ini bercerita tentang kehidupan mahasiswa koplak bernama Nurman. Dia sekarang kuliah di Jakarta dan masuk ke universitas bagus, tapi sayangnya masih jomblo. Namun, tangan Tuhan berkehendak lain. Di kampus itu, dia bertemu cinta lamanya, yakni Endryani. Apakah keduanya akan CLBK? Tidak semudah itu rupanya sebab Endryani ini memiliki cowok yang jago tinju sekaligus ketua BEM kampus.

Baca Juga: 5 Novel Tentang Olahraga untuk Dibaca pada Hari Olahraga Nasional

5. Catatan Mahasiswa Gila

Sumber: goodreads.com

Catatan Mahasiswa Gila ditulis oleh Adhitya Mulya. Dalam buku ini, Adhitya berbagi pengalamannya dalam mengarungi kehidupan perkuliahan, seperti caranya memahami wanita dan hasil-hasil penelitian ilmiahnya yang orang tidak pernah pikirkan sebelumnya. Dalam buku ini juga akan disuguhkan kejadian penuh kebodohan, adu domba, dan banyak lainnya.

6. Derita Mahasiswa

Sumber: goodreads.com

Buku ini menceritakan derita-derita mahasiswa sewaktu di kampus. Derita-derita yang tidak ingin segera usai, tapi ketika usai, kamu merindukan saat-saat itu. Seperti apakah keseruan penulis dalam kehidupan mahasiswanya? Kamu bisa membaca buku lucu dan menghibur ini.

7. Gegara Skripsi

Sumber: republikfiksi.com

Nyeritain tentang mahasiswa paling galau se-Indonesia Raya yang mau nyelesein kuliah aja susahnya minta ampun. Ada saja rintangannya, mulai dari salah jurusan, jadi korban bully, ribut sama dosen, dipaksa jadi agen promo terselubung kampus, dan hal-hal aneh lainnya. Penulis novel ini, Talhah Lukman Ahmad, juga punya beberapa novel komedi yang bisa kamu baca di Cabaca, yakni Seketika Baper, Tetangga Masa Gimmick, dan Nyuk Normal!.

Baca Juga: 5 Novel dengan Latar Pergerakan Mahasiswa yang Wajib Dibaca!

Itulah enam novel lucu yang bisa kamu baca. Apakah kamu ingin membaca genre buku lain, seperti romance, thriller, horror, religi, historical, dan genre lainnya? Install saja aplikasi Cabaca. Kamu juga bisa membaca gratis di Jam Baca Nasional, yakni pukul 21.00-22.00 WIB. Atau cari tahu cara mendapatkan kerang gratis juga untuk bisa baca novel gratis. [Lisma]

Satu aplikasi untuk baca novel Indonesia GRATIS!