7 Hal untuk Dilakukan Jika Tidak Mudik Lebaran - Di pandemi seperti ini, pemerintah telah memberlakukan larangan mudik sejak 24 April. Meski menuai kontroversi terkait perbedaan mudik dan pulang kampung, sebenarnya keputusan tidak mudik sebaiknya patut dipertimbangkan. Apabila kamu memang memiliki sadar diri, alangkah lebih bijaknya untuk jangan mudik dulu. Kenapa demikian? Karena untuk kebaikan dirimu sendiri dan keluargamu di kampung. Dengan begitu, diharapkan persebaran virus Covid-19 dapat ditekan.

Berikut 7 kegiatan saat tidak mudik yang bisa kamu lakukan.

1. Menonton Film

Sumber: m.medcom.id

Kini menonton film tidak mengharuskan kita ke bioskop terlebih dahulu. Banyak aplikasi yang menyediakan film atau drama yang tentunya selalu up to date.

2. Membaca Buku

Sumber: hankgarner.com

Kamu bisa membaca stok buku yang menumpuk di rak untuk menghabiskan waktu kala tidak jadi mudik. Atau mungkin jika kamu tidak sempat membeli buku, kamu bisa membaca lewat platform online seperti Cabaca, yakni sebuah platform online yang menyajikan novel berkualitas sebab telah melalui proses seleksi naskah terlebih dahulu.

3. Menyalurkan Hobi

Sumber: infohobikamu.com

Kamu tidak suka menonton atau membaca buku? Tidak perlu khawatir. Ada hal lainnya yang bisa kamu lakukan ketika tidak mudik, yakni menyalurkan hobi.

Bagi kamu yang suka bermusik, kamu bisa melatih diri dengan memainkan musik. Bagi kamu yang suka memasak, boleh tuh masak-masak lalu diberikan tetangga yang kebetulannya senasib denganmu. Pokoknya lakukan hal apa pun sesuai keinginanmu, asalkan positif, ya.

Yang hobi nulis, boleh kirimkan naskahmu ke Cabaca. Mana tahu diterima dan diterbitkan kan?

4. Rebahan

Sumber: www.suratkabar.id

Aku tidak punya hobi nih, Micin~ Ya udah, tidak perlu terlalu dipikirkan. Rebahan saja. Dengan rebahan kamu bisa menyelamatkan Indonesia bahkan dunia dari Corona.

Baca Juga: Bolehkah Salat Tarawih Sendirian?

5. Bermain Game

Sumber: arenalte.com

Bagi kamu pencinta game, pasti tidak akan kesulitan menghabiskan waktu luang. Inilah saatnya bagi dirimu  untuk naik level dan menyelesaikan segala praha yang ada dalam dunia per-game-an.

6. Video Call

Sumber: tekno.kompas.com

Jika kamu tinggal sendirian dan kerinduan terasa menggerogoti hati, ambil saja handphone dan telepon atau video call keluargamu di kampung. Tanyakan kabar mereka. Tanyakan bagaimana suasana kampung. Kamu juga bisa bermaaf-maafan di sana. Keluargamu pasti mengerti. Semoga musibah ini lekas berlalu, ya.

7. Merenung dalam Kesendirian

Sumber: pxhere.com

Idul Fitri biasanya dihabiskan dengan berkumpul bersama sanak-saudara. Namun, ambillah sisi positifnya. Barangkali dengan adanya wabah ini, Allah sedang merindukan diri kita untuk lebih dekat dengannya. Di kesendirianmu, selain kamu akan lebih dekat dengan Tuhan, kamu juga bisa instropeksi diri. Bukankah Idul Fitri adalah hari yang suci? Kini saatnya untukmu menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Juga: 7 Tradisi Ramadhan yang Hanya Ada di Indonesia

Nah, itu tadi tujuh hal yang bisa kamu lakukan ketika tidak bisa mudik lebaran. Semoga Corona ini cepat berlalu dan kita bisa berkumpul bersama keluarga besar lagi. Selama #DiRumahAja, lakukan hal positif misal install aplikasi Cabaca lalu baca novel Indonesia yang ada di sana. GRATIS dan aplikasinya bisa di-download di sini. [Lisma]

Aplikasi baca novel Indonesia GRATIS dan mudah!