7 Cerita Rakyat Indonesia Terpopuler untuk Dibaca Saat Hari Anak Nasional - Mengenalkan cerita rakyat Indonesia merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Dari situlah, di hari anak nasional ini, akan direkomendasikan cerita legenda Indonesia yang paling populer.

1. Cerita Rakyat Malin Kundang

Sumber: sekolahnesia.com

Dikisahkan bahwa Malin Kundang suatu hari pergi ke kota, meninggalkan ibunya. Namun, suatu hari ketika Malin pulang dan menjadi saudagar kaya, Malin tidak mau mengakuinya. Karena si ibu merasa kecewa dan murka, Malin pun dikutuk menjadi batu.

2. Cerita Rakyat Sangkuriang

Sumber: sekolahnesia.com

Sangkuriang menceritakan seorang anak yang ingin menikahi ibunya. Konon diceritakan, Sangkuriang diusir dari rumah karena telah membunuh ayahnya (yang dikutuk menjadi anjing).

3. Cerita Rakyat Danau Toba

Sumber: sekolahnesia.com

Cerita ini bermula dari seorang petani bernama Toba yang menikahi ikan mas ajaib. Dari pernikahan itu, mereka dikarunia seorang anak bernama Samosir. Suatu hari, Samosir disuruh ibunya untuk mengantarkan makanan ini ke ayahnya di ladang. Namun, karena Samosir datang terlambat dan makanan itu hampir habis, si Toba pun marah. Dia berkata kalau Samosir merupakan anak perempuan ikan.

4. Cerita Rakyat Batu Menangis

Sumber: sekolahnesia.com

Nun jauh di desa pedalaman Kalimantan, ada seorang janda bernama Mak Dasah dan anak perempuannya bernama Jelita. Seperti namanya, Jelita sangat cantik, tapi sikapnya begitu buruk. Dia tidak mau membantu Mak Dasah dan menuntut ini itu. Lalu suatu hari, ketika Jelita bertambah dewasa, dia dan Mak Dasah berjalan di pasar. Semua orang terpesona dengan penampilan Jelita. Semua orang bertanya, “Apakah orang yang di belakangnya adalah ibu Jelita?”

Jelita pun tidak mengakui ibunya. Karena merasa sedih, ibunya berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa. Jelita pun dihukum menjadi batu.

Baca Juga: 7 Novel Tere Liye Terbaru yang Wajib Dibaca

5. Cerita Rakyat Roro Jonggrang

Sumber: sekolahnesia.com

Konon untuk menikahi Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso harus membangung seribu candi dan dua buah sumur dalam satu malam. Roro Jonggrang yang setelah kerajaannya dihancurkan, tidak ingin menikahi Bandung Bandawasa. Roro Jonggrang pun melakukan banyak upaya untuk menggagalkan rencana itu, seperti menabuh lesung sebelum fajar untuk membangunkan ayam-ayam jantan.

6. Cerita Rakyat Si Pitung Jagoan Betawi

Sumber: sekolahnesia.com

Alkisah, ada seorang pemuda yang tekun beribadah dan berbudi pekerti luhur, si Pitung namanya. Dia dikenal sebagai seorang pembela rakyat kecil yang tidak mudah dikalahkan karena memiliki kekebalan tubuh. Bagaimana serunya perjuangan Pitung melawan kumpeni? Kamu bisa menceritakan dongeng ini kepada anak-anak tercinta.

7. Cerita Rakyat Timun Mas

Sumber: sekolahnesia.com

Mbok Rondo ingin sekali memiliki anak. Lalu pada suatu hari, ketika Mbok Rondo sedang duduk beristirahat, ada seorang raksasa mendatanginya. Raksasa berjanji akan mengabulkan keinginan Mbok Rondo, asalkan ketika si anak besar nanti, harus diberikan kepada si Raksasa. Maka, Mbok Rondo pun diberikan biji mentimun. Lambat laun, mentimun itu mulai tumbuh dan berbuah. Dan alangkah terkejutnya Mbok Rondo ketika menemukan seorang bayi di timun mas itu.

Baca Juga: 7 Karya Sapardi Djoko Damono yang Wajib Dibaca

Bagi kamu yang suka membaca novel, tapi gak ingin ribet bawa-bawa buku atau ke toko buku, sekarang baca novel bisa di mana dan kapan saja. cukup install aplikasi Cabaca. Kamu akan menemukan beragam genre yang di-upload setiap hari. Baca gratis, bukan download pdf novel bajakan ya! [Lisma]

Skip novel bajakan, baca yang original dan gratis cuma di Cabaca!