7 Cerita Rakyat Indonesia Paling Populer untuk Dibaca Saat Hari Anak Nasional

7  Cerita Rakyat Indonesia Paling Populer untuk Dibaca Saat Hari Anak Nasional

7  Cerita Rakyat Indonesia Paling Populer untuk Dibaca Saat Hari Anak Nasional – Mengenalkan cerita rakyat Indonesia merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air. Dari situlah, di hari anak nasional yang diperingati setiap 23 Juli. Berikut ini direkomendasikan cerita legenda Indonesia yang paling populer.

Cerita Rakyat yang Populer

Cerita rakyat adalah cerita yang berkembang di masyarakat dan sudah biasa didengar sejak dahulu kala. Biasanya tersebar dari mulut ke mulut. Berikut ini cerita rakyat Indonesia favorit.

1. Cerita Rakyat Malin Kundang

Sumber: sekolahnesia.com

Dikisahkan bahwa Malin Kundang suatu hari pergi ke kota, meninggalkan ibunya. Namun, suatu hari ketika Malin pulang dan menjadi saudagar kaya, Malin tidak mau mengakuinya. Karena si ibu merasa kecewa dan murka, Malin pun dikutuk menjadi batu.

Kamu bisa membaca cerita selengkapnya di link ini.

2. Cerita Rakyat Sangkuriang

Sumber: sekolahnesia.com

Sangkuriang menceritakan tentang seorang anak yang ingin menikahi ibunya. Konon diceritakan, Sangkuriang diusir dari rumah karena telah membunuh ayahnya (yang dikutuk menjadi anjing)

Cerita ini bisa kamu baca di link berikut.

3. Cerita Rakyat Danau Toba

Sumber: sekolahnesia.com

Cerita ini bermula dari seorang petani bernama Toba yang menikahi ikan mas ajaib. Dari pernikahan itu, mereka dikarunia seorang anak bernama Samosir. Suatu hari, Samosir disuruh ibunya untuk mengantarkan makanan ini ke ayahnya di ladang. Namun, karena Samosir datang terlambat dan makanan itu hampir habis, si Toba pun marah. Dia berkata kalau Samosir merupakan anak perempuan ikan.

Kamu bisa membacakan dongeng tentang legenda Danau Toba ini, dengan mengklik link ini.

4. Cerita Rakyat Batu Menangis

Sumber: sekolahnesia.com

Nun jauh di desa pedalaman Kalimantan, ada seorang janda bernama Mak Dasah dan anak perempuannya bernama Jelita. Seperti namanya, Jelita sangat cantik, tapi sikapnya begitu buruk. Dia tidak mau membantu Mak Dasah dan menuntut ini itu. Lalu suatu hari, ketika Jelita bertambah dewasa, dia dan Mak Dasah berjalan di pasar. Semua orang terpesona dengan penampilan Jelita. Semua orang bertanya, “Apakah orang yang di belakangnya adalah ibu Jelita?”

Jelita pun tidak mengakui ibunya. Karena merasa sedih, ibunya berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa. Jelita pun dihukum menjadi batu.

Cerita Rakyat Batu Menangis bisa kamu baca di sini.

5. Cerita Rakyat Roro Jonggrang

Sumber: sekolahnesia.com

Konon untuk menikahi Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso harus membangung seribu candi dan dua buah sumur dalam satu malam. Roro Jonggrang yang setelah kerajaannya dihancurkan, tidak ingin menikahi Bandung Bandawasa. Roro Jonggrang pun melakukan banyak upaya untuk menggagalkan rencana itu, seperti menabuh lesung sebelum fajar untuk membangunkan ayam-ayam jantan.

Dongeng ini bisa kamu baca di sini.

6. Cerita Rakyat Si Pitung Jagoan Betawi

Sumber: sekolahnesia.com

Alkisah, ada seorang pemuda yang tekun beribadah dan berbudi pekerti luhur, si Pitung namanya. Dia dikenal sebagai seorang pembela rakyat kecil yang tidak mudah dikalahkan karena memiliki kekebalan tubuh. Bagaimana serunya perjuangan Pitung melawan kumpeni? Kamu bisa menceritakan dongeng ini kepada anak-anak tercinta.

Klik link ini untuk membacanya.

7. Cerita Rakyat Timun Mas

Sumber: sekolahnesia.com

Mbok Rondo ingin sekali memiliki anak. Lalu pada suatu hari, ketika Mbok Rondo sedang duduk beristirahat, ada seorang raksasa mendatanginya. Raksasa berjanji akan mengabulkan keinginan Mbok Rondo, asalkan ketika si anak besar nanti, harus diberikan kepada si Raksasa. Maka, Mbok Rondo pun diberikan biji mentimun. Lambat laun, mentimun itu mulai tumbuh dan berbuah. Dan alangkah terkejutnya Mbok Rondo ketika menemukan seorang bayi di timun mas itu.

Cerita selengkapnya bisa kamu baca di sini.


Baca Juga: Rekomendasi Novel untuk Tugas Sekolah Gratis dan Lengkap

Bagi kamu yang suka membaca novel, tapi gak ingin ribet bawa-bawa buku atau ke toko buku, sekarang baca novel bisa di mana dan kapan saja, cukup install aplikasi Cabaca. Kamu akan menemukan beragam genre yang di-upload setiap hari. [Lisma]

download Cabaca


Suka baca novel online? Yuk, cek genrenya di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy