5 Tugas Ospek yang Seharusnya Ada di Kampus Indonesia

5 Tugas Ospek yang Seharusnya Ada di Kampus Indonesia

5 Tugas Ospek yang Seharusnya Ada di Kampus IndonesiaSelamat untuk kamu yang sudah berhasil lolos Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024. Kini saatnya kamu memikirkan tugas ospek. Ini tugas ospek yang seharusnya ada di kampus!

Apa itu Ospek

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan pengertian Ospek. Ospek adalah singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Sesuai namanya, setiap kampus biasanya melakukan beberapa kegiatan untuk mengenalkan lingkungan serta jurusan maupun fakultas yang akan menjadi keseharian mahasiswa. Tentu saja, tujuan Ospek sangat baik, yakni membuat calon mahasiswa baru mendapatkan informasi seputar kampus, mulai dari gedung dan fasilitas yang ada di lingkungan kampus, mengetahui akses sistem akademik, hingga informasi lengkap mengenai kegiatan jurusan maupun fakultas yang akan dijalani nantinya. Dengan begitu, mahasiswa baru akan menjadi lebih siap dalam menjalani dunia perkuliahan.

Tugas Ospek yang Paling Sering Muncul

Namun, selama ini Ospek sering dibayang-bayangi kegiatan perpeloncoan. Tak heran jika ada banyak kasus bullying bahkan penganiayaan yang mencuat dari kegiatan ini. Memang betul, Ospek dapat difungsikan sebagai ajang melatih fisik dan mental mahasiswa baru. Tapi nggak usah khawatir, sekarang kampus-kampus sudah lebih bijak dalam mengatur kegiatan mahasiswanya.

Ternyata ada loh tugas Ospek yang paling sering muncul atau hampir setiap kampus menghadirkannya. Berikut ini tugas ospek yang paling sering muncul.

1. Berkenalan dengan Kakak Tingkat

Tugas Ospek yang satu ini biasanya meminta mahasiswa baru untuk mencari seorang nama tertentu dari kakak tingkat. Tak cukup sampai di situ, mahasiswa baru pun akan diminta menelusuri informasi kakak tingkat tersebut. Kegiatan ini dimaksudkan agar peserta tidak canggung untuk berkenalan dengan orang baru serta lebih mudah berjejaring.

2. Seminar Pengenalan Sistem Akademik

sumber: unair.ac.id

Sudah pasti setiap jurusan dan fakultas akan menyelenggarakan kegiatan ini. Biasanya kegiatan Ospek yang paling sering muncul ini akan diadakan di aula, auditorium, atau bahkan kelas-kelas lebih kecil. Meski terdengar membosankan, jangan pernah skip kegiatan ini ya karena di dalamnya biasanya banyak informasi penting!

3. Membuat Rangkuman Kegiatan

Agar bisa tetap fokus dalam kegiatan Ospek, biasanya mahasiswa baru akan diminta untuk membuat rangkuman kegiatan yang dijalani setiap harinya. Jadi, pastikan kamu mengingat betul apa kegiatan Ospek yang telah dilakukan hari itu, siapa narasumbernya, hingga poin-poin yang disampaikan.

4. Membawa Jenis Makanan Tertentu

Kamu mungkin sudah familiar dengan tugas semacam ini. Panitia Ospek biasanya senang sekali menugaskan kamu membawa bekal makanan, tetapi dengan tebak-tebakan. Dibutuhkan kreativitas dan daya imajinasi untuk memecahkan misteri tugas Ospek yang satu ini.

5. Berkemah atau Malam Keakraban

Biasanya sebagai penutupan, Ospek kampus di Indonesia akan mengadakan kegiatan malam keakraban (Makrab), entah itu berupa kegiatan menginap di kampus maupun berkemah. Acaranya pun biasanya lebih santai daripada acara inti Ospek.

Tugas Ospek yang Seharusnya Ada di Kampus

Nah, sebenarnya ada tugas Ospek yang harusnya ada di kampus. Apabila kamu akan jadi panitia Ospek di tahun berikutnya, kamu bisa mempertimbangkan hal-hal di bawah ini untuk jadi tugas Ospek.

1. Bikin Acara Bakti Sosial

Perguruan tinggi bisa dibilang merupakan lembaga penting bagi masyarakat karena akan menghasilkan sumber daya berkualitas tinggi dan teredukasi. Sayangnya, kadang kaum terdidik ini tidak terlalu dekat dengan masyarakat kecil. Oleh karena itu, acara bakti sosial bisa dijadikan ajang berlatih mahasiswa baru sebelum terjun ke masyarakat. Jadi, gak perlu nunggu ikut Kuliah Kerja Nyata (KKN) dulu kan untuk berkontribusi ke masyarakat?

Mahasiswa baru bisa diminta menjadi panitia atau membuat acara bakti sosial kecil-kecilan, seperti berkunjung ke panti asuhan, memberi pelatihan untuk anak jalanan, mengadakan bazar sembako murah, dan lain-lain.

2. Kegiatan Daur Ulang Sampah

Menjadi mahasiswa artinya harus semakin peduli dengan kelestarian lingkungan. Kepedulian terhadap lingkungan ini bisa diwujudkan dengan bukan hanya tidak membuang sampah sembarangan, tetapi juga bisa menampung dan mendaur ulang sampah. Hal-hal yang bisa dijadikan tugas Ospek, misalnya mahasiswa baru diminta untuk me-recycle botol ataupun botol bekas. Bisa juga mahasiswa baru ditugaskan untuk me-remake baju lamanya supaya dapat mengurangi limbah fashion.

Baca Juga: 25++ Fashion Hacks Ubah Baju Lama Jadi Baru

3. Membaca dan Mengulas Buku

Summer reading
Photo by Perfecto Capucine / Unsplash

Tugas Ospek ini tidak sulit untuk diwujudkan kok. Kamu hanya diminta untuk menyiapkan satu buku untuk dibaca. Judulnya bisa ditentukan dari panitia atau boleh berbeda-beda. Lalu, setelah itu setiap peserta Ospek diwajibkan untuk mengulas buku, baik dalam takarir media sosial, blog, podcast, dan media lainnya.

Kalau dapat tugas Ospek semacam ini, kamu kayaknya perlu nyari buku atau novel di Cabaca. Kenapa gitu? Karena novel-novel yang ditawarkan di aplikasi Cabaca adalah novel pilihan yang sudah melalui proses editorial. Di dalamnya juga tersedia beragam genre, mulai dari cerita komedi, novel sejarah, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 15 Barang yang Wajib Dimiliki Anak Kost, Calon Mahasiswa Harus Tahu!

Itulah tadi beberapa ide tugas ospek yang seharusnya ada di kampus Indonesia. Apakah ada yang menurutmu layak diterapkan?

Sebagai mahasiswa baru, kamu jangan lupa selalu menyempatkan diri untuk membaca ya. Membaca novel online pun tak masalah sebab membaca novel dapat melatih daya imajinasi dan merangsang kreativitas. Kalau mau baca novel online berkualitas, install saja aplikasi Cabaca di Google Play. Di aplikasi ini ada lebih dari 500 judul novel terkurasi. Yuk, cicipi keseruan baca novel di HP bersama aplikasi baca novel terbaik Indonesia. [Asya]

download Cabaca


Cari Novel Online di Cabaca, GRATIS!

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy