Membicarakan Ospek (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus), kerapkali kita mendengar hal-hal buruk, seperti: senior yang memukuli junior, melecehkan secara verbal, dan tentunya tugas-tugas berat yang diberikan. Tapi tahukah kamu, hal seperti ini sudah tidak dilakukan lagi di luar negeri sana. Selain karena bisa menimbulkan perasaan dendam, juga membuat hubungan senior dan junior menjadi buruk. Tentunya hal ini tidak ingin terjadi terus-menerus, kan? Bukankah tujuan utama Ospek adalah mengenalkan mahasiswa baru kepada kampusnya?

Nah, dari situlah, sudah seharusnya kita mulai memperbaiki diri, eh, memperbaiki cara Ospek ding, salah satunya dengan memberikan tugas Ospek yang membuat kita bahagia. Beberapa hal di bawah ini bisa jadi 5 Tugas Ospek yang Seharusnya Ada di Kampus Indonesia.

1. Makan Bersama Senior dan Junior

Sumber: www.fimela.com

Seringkali para mahasiswa mendengar istilah makanan dalam Ospek, semisal: Air lumpur, Nasi merdeka, Telur Kotak, Bantal Sobek Isi Tanah, Bulan Digigit Monster, dan lain sebagainya. Ketimbang memikirkan istilah makanan dalam Ospek yang bikin pusing, mengapa tidak para senior dan junior membawa makanan dan minuman itu ke kampus? Kemudian memakannya bersama-sama di lapangan atau mungkin aula kampus, saling berbagi makan dan bersendau gurau? Wah, pasti terlihat indah sekali untuk dipandang, daripada teriak-teriak menyuruh para junior untuk melakukan ini dan itu.

2. Menebar Kebahagiaan

Sumber: sekolahumarusman.com

Nah, ini dia salah satu tugas yang harus ada dalam Ospek: Menebar Kebahagiaan. Tugas Ospek ini sudah dilakukan oleh para mahasiswa Singapura. Di sini, para junior tidak disuruh dandan atau membawa barang-barang aneh. Tugas mahasiswa baru hanyalah membuat orang lain merasa bahagia dengan melakukan banyak kegiatan sosial, seperti membersihkan jalanan, membantu manula di panti jompo, mengadakan kegiatan bakti sosial di lingkungan kampus (atau tempat-tempat umum), dan sejenisnya. Coba bayangkan, jika kampus di Indonesia mempunyai tugas Ospek seperti ini, selain bisa mendapatkan pahala karena membahagiakan orang lain, juga bisa menumbuhkan perasaan empati dan simpati.  

3. Pertunjukan Budaya

Sumber: www.youthmanual.com

Isu suku satu lebih bagus daripada suku lain, masih marak sekali terjadi di Indonesia. Dengan adanya Pertunjukan Budaya, diharapkan bisa mengubah pola pikir itu dan para mahasiswanya dapat menghargai perbedaan. Pertunjukan Budaya ini, semisal: memakai pakaian adat, menarikan tarian tradisional dari daerah masing-masing, bertukar makanan tradisional, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 9 Menu Sahur Anak Kos Modal Rice Cooker

4. Memainkan Permainan Tradisional Bersama-sama

Sumber: bali-travelnews.com

Seiring dengan berkembangnya zaman, permainan-permainan tradisional semakin tergeser. Daripada membuat permainan (game) yang geje, kenapa tidak menggantinya dengan permainan tradisional saja? Dengan Memainkan Permainan Tradisional bersama-sama, dapat membuat para mahasiswa teringat akan masa kanak-kanak yang bahagia, serta bisa membuat permainan itu tidak terlupakan. Masih ingatkah kalian, permainan tradisional apa yang kalian lakukan sewaktu kecil dulu?

5. Bermain Harta Karun

Sumber: assajidin.com

Tahu kan cerita tentang bajak laut dan harta karun? Nah, cerita itu bisa dijadikan inspirasi untuk permainan (atau tugas) baru dalam Ospek. Jadi, para mahasiswa baru nantinya disuruh membawa satu barang (tidak besar dan tidak berharga), yang nantinya akan disebar (disembunyikan) oleh para senior. Tentunya barang ini nanti ditulisi nama dan jurusan dari si pemilik. Kemudian, bagi yang tidak bisa menemukan barangnya, hukumannya adalah menyanyikan lagu nasional, bukan push up, loh, ya (apalagi push up-nya sampai 100 kali, wah, kekerasan tuh!).

Tugas seperti ini, sangat bermanfaat untuk pengenalan wilayah kampus dan menjalin keakraban.

Nah, di Cabaca juga ada peti harta karun lho. Fitur ini merupakan salah satu cara mendapatkan kerang gratis di Cabaca. Fitur yang satu ini memungkinkan kamu untuk baca novel gratis yang mana saja.

Baca Juga: Tanya Jawab Seputar Kirim Naskah ke Cabaca

Apa lagi ya hal-hal yang bisa didikan tugas Ospek selain kelima hal di atas? Baca novel terbaru bisa juga kali ya dijadikan tugas? Kalau butuh tempat download novel yang legal, boleh deh melipir ke Cabaca.id! Nulis novel juga mungkin bisa dijasikan tugas, asal gak berat aja sih hehehe. Kalau nulis novel di Cabaca, kamu bisa mendapat penghasilan. Penasaran kan berapa gaji penulis novel?

Nah, install aplikasi Cabaca yuk di Play Store!

Install aplikasi Cabaca di Google Play untuk baca gratis di hp kamu!