7 Novel Tentang Olahraga Yang Harus Kamu Baca

5 Novel Tentang Olahraga untuk Dibaca pada Hari Olahraga Nasional-Bagi kamu yang mager olahraga dan ingin mulai semangat baru dalam olahraga, kamu bisa banget  mulai dari baca-baca novel tentang olahraga  loh. Berikut novel tentang olahraga yang direkomendasikan untukmu.

1. Rebound

novel Rebound karya Achi TM di Cabaca

Rebound mengisahkan seorang gadis remaja yang sangat menyukai basket. Namun, karena dia memakai jilbab, Dian terancam tidak bisa bermain, padahal bagi Dian, basket seperti bagian lain dari dirinya. Lalu apa yang dilakukan Dian selanjutnya?

Selain menceritakan mengenai mimpi, novel ini juga menempatkan Dian pada pertunangan paksa kepada Eddy, seorang anak kaya raya yang nantinya akan membiayai pendidikan Dian sampai kuliah. Novel ini ditulis oleh Achi TM.

Baca Novel Rebound disini.

2. Overtones

Overtones mengisahkan tentang Kani seorang perempuan yang tidak ingin klub futsal putri yang pernah dipimpinnya dinonaktifkan. Namun, perseteruannya dengan klub sepak bola putra mempersulit perjuangannya untuk mempertahankan klub itu agar tidak ditutup.

Ada saja yang dilakukan klub sepak bola putra untuk menyusahkan klubnya, dan Kani tahu otak dari semua ulah mereka adalah Mahesh, cowok dingin dan angkuh yang selalu bersikap penuh permusuhan pada cewek. Kani tak pernah gentar menghadapi Mahesh. Ketika cowok itu menantangnya untuk duel bola, Kani menyanggupinya.

Disaksikan sebuah pohon beringin angker di pinggir lapangan, mereka bertanding dengan penuh ambisi. Tanpa mereka sadari, duel itu mengawali keajaiban yang mengubah hidup mereka dengan cara yang sulit dimengerti. Sebab keesokan harinya, Mahesh terbangun dalam tubuh Kani. Dan saat Kani meneleponnya, cewek itu berbicara dalam suara Mahesh.

Baca Overtones disini

3. Querencia

Querencia bercerita tentang Satria dan Agnes yang berteman sejak kecil. Letak rumah mereka yang berdampingan, membuat keduanya sering bertemu dan menghabiskan waktu bersama. Satria kecil sudah memiliki perasaan khusus untuk Agnes, bahkan dia tidak segan menunjukkan perasaannya, meskipun Agnes selalu mengabaikannya.

Di bangku SMK, Satria tetap gigih mengejar cinta Agnes. Tidak jarang Satria membuat video khusus tentang Agnes yang dia unggah di saluran Youtube-nya. Agnes tetap mengabaikan perasaan Satria terutama sejak kehadiran Rizal, sang kakak kelas yang naksir Agnes dan mencuri hatinya; membuat Satria harus rela hanya dianggap sahabat oleh Agnes.

Novel ini juga banyak mengisahkan tentang olahraga basket yang seru untuk kamu baca loh!

Baca Querencia disini

4. Lovasket

Sumber: goodreads.com

Lovasket juga menceritakan perjuangan para remaja dalam mewujudkan mimpi mereka, yaitu bermain basket demi sekolah. Tokoh utama dalam novel ini bernama Vira.

Dikisahkan Vira harus pindah sekolah dikarenakan ayahnya tersandung kasus korupsi. Dari SMA elit, Vira harus pindah ke SMA biasa. Di sanalah, ketika dirinya sedang terpuruk, Niken, si Ketua OSIS, mengajak Vira untuk menyelamatkan klub basket.

5. Sebelas

Sumber: goodreads.com

Sepakbola perempuan? Emang ada? Gak cuma laki-laki kok, sepakbola juga bisa dimainkan oleh kaum hawa dan masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan Asian Games. Novel ini bercerita tentang Rania yang bermimpi jadi pesepak bola profesional. Di samping itu, ia juga penasaran dengan keputusan kakaknya, Bara, berhenti bermain sepak bola. Baca juga novel karya Dya Ragil yang ada di Cabaca.

Baca Juga: 5 Novel Indonesia tentang Nasionalisme yang Wajib Dibaca!

6. 3 Srikandi

Sumber: olx.co.id

Novel ini merupakan adaptasi dari film dengan judul sama, yakni 3 Srikandi, yang juga terinspirasi dari kisah Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani. Ketiga orang dijuluki tiga Srikandi karena memperoleh medali pertama untuk panahan Indonesia di ajang Olimpiade.

Tiga Srikandi mengambil latar tahun 1980. Tokoh utamanya Donald Pandiangan, si Robin Hood Indonesia, menghilang setelah mendengar jika pemerintah memboikot Olimpiade Moskow dan tidak memberangkatkan seluruh kontingen. Namun, beberapa tahun setelahnya, dia kembali melatih tim putri Indonesia untuk Olimpiade Seoul 1988.

7. Opera Jakarta

Sumber: bukukita.com

Penulis novel ini adalah Titi Nginung. Titi  Nginung adalah nama pena dari Arswendo Atmowiloto. Dia pertama menuliskannya sebagai cerita bersambung di Kompas, lalu diterbitkan sebagai novel pada tahun 1984.

Diceritakan bahwa tokoh utamanya, Joko, tumbuh besar tanpa mengetahui siapa orang tuanya. Sedangkan seorang yang lain, Rum, melarikan diri di hari pernikahannya. Keduanya saling mencintai, tapi hubungan keduanya terganjal oleh banyak halangan.

Novel ini banyak berkisah tentang Joko yang pandai bertinju. Namun, keliarannya menjadi kejatuhan dalam hidupnya.

Baca Juga: 7 Karya Sapardi Djoko Damono yang Wajib Dibaca

Sekarang, membaca novel tidak perlu ribet. Kamu tidak perlu harus ke toko buku atau membawa buku ke manapun kamu pergi. Membaca novel sudah bisa langsung dari gawaimu. Bagaimana caranya?

Yakni dengan mengunduh aplikasi Cabaca di Google Play. Cabaca merupakan aplikasi penyedia akses baca yang menghadirkan novel-novel baru setiap harinya. Mulai dari genre teenlit, historical, religi, komedi, action, fantasi, medical, thriller, fanfiction, crime, exorcism, detektif, dan masih banyak lainnya.

Tunggu apalagi, pakai aplikasi Cabaca. Akan ada banyak bonus kerang yang bisa kamu gunakan untuk membaca novel-novel di atas secara gratis. Di Cabaca, #BajaAjaDulu, cintai kemudian. [Lisma]

Download aplikasi Cabaca untuk kemudahan baca novel Indonesia GRATIS!

Baca juga novel tentang kost dan mahasiswa berikut ini: