5 Novel Indonesia tentang Nasionalisme yang Wajib Dibaca! - Rasa nasionalisme merupakan sikap yang harus dimiliki setiap orang. Salah satu cara menumbuhkannya yakni dengan membaca novel Indonesia tentang Nasionalisme. Dengan memiliki sikap nasionalisme, diharapkan anak muda akan banyak bekerja dan berkarya demi kemajuan bangsanya. Berikut merupakan 5 novel tentang cinta tanah air yang wajib kamu baca.

1. Sadirah

Sumber: Instagram @dinday6

Novel ini menceritakan kecintaan seorang Nyai bernama Sadirah kepada Mruwak, tanah kelahirannya. Diceritakan, Sadirah sangat menyukai anak Pak Kepala Desa, tapi karena Wongso Ngadiman (ayah Sadirah), hubungan mereka ditentang. Sadirah dijadikan Nyai, yakni istri tidak resmi orang asing. Awalnya Sadirah sangat membenci sang ayah. Namun, segala sesuatu pasti memiliki alasan. Lambat laun Sadirah mengerti apa keinginan sang ayah, dan bersama keduanya mulai menyelamatkan Mruwak dari tangan penjajah.

2. Tetralogi Pulau Buru

Sumber: kompasiana.com

Tetralogi Pulau Buru terdiri dari empat judul, yakni Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca. Keempat novel ini diterbitkan dalam rentang tahun 1980 sampai 1988. Secara keseluruhan, novel ini mengisahkan sejarah terbentuknya Nasionalisme pada awal Kebangkitan Nasional dan pengukuhan seseorang bernama Tirto Adhi Soerjo (digambarkan sebagai tokoh Minke).

3. Pulang

Sumber: kompasiana.com

Novel yang ditulis Leila S. Chudori ini berkisah tentang peristiwa bersejarah yang dimulai dengan peristiwa G 30 S PKI tahun 1965, revolusi mahasiswa di Paris dan tragedy kerusuhan Mei 1998, yang menandai digulingkannya Presiden Suharto pada rezim Orde Baru di Indonesia.

Tokoh utama dalam novel ini adalah Dimas Surya. Dimas juga memiliki tiga orang teman bernama Nugroho, Tjai dan Risjaf. Konon karena sesuatu, mereka tidak boleh menginjakkan kaki di tanah air, yang membuat mereka harus berkelana jauh. Namun, sekalipun jauh, sikap nasionalisme tetap ada di hati mereka.

Baca Juga: 8 Film Indonesia yang Membangkitkan Rasa Cinta Tanah Air

4. 5 cm

Sumber: id.carousell.com

5 cm adalah novel karya Donny Dhirgantoro, menceritakan perjalanan 5 sahabat: Arial, Riani, Zafran, Ian dan Genta dalam mengartikan kehidupan. Mereka sudah bersama kurang lebih tujuh tahun, tapi suatu ketika mereka memutuskan untuk mengambil jeda sebentar, untuk tidak bertemu sementara waktu. Lalu pada tanggal yang ditetapkan, mereka akhirnya berkumpul kembali. Mereka melakukan perjalanan bersama, yakni naik gunung. Di sanalah, mereka menemukan arti sesungguhnya hidup dan beberapa hal selama ini luput dari perhatian.

5. Sebelas Patriot

Sumber: nisomnia.com 

Sebelas Patriot merupakan tulisan Andrea Hinata. Novel ini bercerita tentang seorang anak dalam menggapai mimpi. Dikisahkan bahwa anak itu bernama Ikal. Dia ingin menjadi pemain sepak bola dan menjadi kebanggaan ayahnya.

Hanya saja, perjuangan dalam meraih mimpi, tidak semudah membalikkan tangan. Ada banyak rintangan yang harus dilalui Ikal demi mimpinya tersebut. Mampukah Ikal dalam meraih mimpinya? Seberapa banyak air mata dan keringat yang harus dikeluarkannya supaya mimpinya dapat terwujud?

Baca Juga: 5 Novel dengan Latar Pergerakan Mahasiswa yang Wajib Dibaca!

Nasionalisme bukan hanya seputar mengangkat sejata, lalu berperang melawan penjajah dari ketidakadilan. Rasa nasionalisme dapat disisipkan dalam karya-karyamu. Salah satunya dengan menjadi penulis yang menjunjung tinggi budaya Indonesia, baik dari segi kebiasaan masyarakat, menyisipkan kedaerahan, dan banyak lainnya. Kamu bisa menemukan hal itu di aplikasi Cabaca, yang selalu berupaya menghargai pembaca Indonesia dengan memberikan bacaan-bacaan bermutu, yang bisa langsung dibaca langsung dari gawaimu. Pakai aplikasi Cabaca dan nikmati baca novel gratis! {Lisma]

Satu aplikasi yang menghargai karya penulis Indonesia, download sekarang!