Siapa nih yang kalau di rumah bawaannya males banget baca? Coba deh kamu datang ke kafe buku. Kafe buku adalah sebuah cafe yang menawarkan konsep “perpustakaan” bagi para pengunjungnya.  Asyik kan?

Baca  Juga : 11 Kafe Buku di Jabodetabek, Jam Buka dan Alamat Lengkapnya

19 Kafe Buku Di Yogyakarta

Nah, berikut adalah beberapa kafe buku di Yogyakarta  yang wajib banget buat kamu coba!

1.   Blanco Coffee n Books

imagekit.io

Blanco Coffee and Books merupakan salah satu book cafe populer di Jogja. Tak hanya desain interiornya yang minimalis tapi tersedia juga banyak buku yang bisa kamu baca di sini.

Kafe ini memiliki lahan pertanian kopi dan pusat pengolahan kopi sendiri. Jadi kamu bisa mendapatkan kualitas kopi yang mantap. Kamu bisa memesan Signature coffee mocktail Lenski dan Milton untuk merasakan rasa racikan yang unik.

Menu makanan lezat yang sangat direkomendasikan disini adalah chicken orange rice bowl atau creamy chicken popcorn rice bowl yang nikmat.

Alamat: Jl. Kranggan No.30, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 20.00 WIB

2.   Digilib Café

www.bulaksumurugm.com

Digilib Cafe ini ada di area lantai mezzanine Fisipol Universitas Gadjah Mada. Kamu akan banyak berjumpa banyak pelajar jika ngopi di sini.

Selain untuk tempat berdiskusi, Digilib Cafe juga nyaman digunakan sebagai coworking space. Kamu bisa membaca banyak buku dengan nyaman disana.

Menu makanan dan minumannya cukup beragam. Jika ingin makan berat kamu bisa memesan aneka rice bowl seperti hot korean BBQ, Italian cheese atau American mushroom. Ada juga cake dan minuman kopi maupun non coffee yang lezat seperti ice pixel coffee atau ice coffee glory.

Alamat: Jl. Sosio-Yustisia, Fisipol UGM, Karangmalang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Senin – Jumat pukul 10.00 WIB – 15.00 WIB

3.   Dongeng Kopi

ibb.co

Tak hanya kafe, tempat ini juga memiliki Perpustakaan di dalamnya. kamu Dongeng Kopi memang didirikan untuk para penggemar kopi berkumpul sambil berdiskusi dan meracik kopi.

Bukankah kopi dan buku adalah kombinasi yang bagus? Kamu bisa memesan Komala, Tombak Tjoetjoe Kan hingga Tjap Tjinta yang inovatif. Camilan seperti Tahu bakso, gedang ndeso atau cincin india juga bisa kamu pesan untuk menemanimu membaca.

Alamat: Jl. Grogolan, Puntuk II, Umbulmartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 22.00 WIB

4.   Luk Coffee & Book

pisangbenjol.wordpress.com

Luk Coffee & Book juga merupakan salah satu café buku menarik di Jogja. Melihat rak-rak bukunya, kamu pasti sudah tidak sabar untuk membaca banyak koleksinya. Kafe ini cukup ramai, jadi jika ingin mendapatkan suasana tenang, cobalah datang di luar jam makan.

Daging sapi asap Lalola dan chicken skin rice box sambal bajak adalah menu rekomendasi yang bisa kamu pesan. Kamu  juga bisa memesan camilan seperti donat dan roti, lho.

Alamat: Jl. Cendrawasih No.358B, Pringwulung, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 12.00 WIB

5.   Ministry Burjo Space

digitaloceanspaces.com

Ministry Burjo Space merupakan kafe yang ditata cantik dengan rak buku di dinding putihnya.

Kalau kamu datang untuk membaca, tempat ini akan menjadi sangat nyaman karena sudut-sudutnya yang estetik. Sambil membaca, kamu juga dapat memesan seporsi mie dok dok lho.

Alamat: Jl. Prawirotaman No.1/15a, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 21.00 WIB

6.   Kafe Main Main

i.ibb.co

Tak hanya konsep kafe buku, Main Main juga menjual buku di dalamnya loh. Banyak genre buku yang bisa kamu temukan disini. Apalagi lokasi cafe nya yang masih dikelilingi sawah ini, tentu akan membuatmu makin nyaman.

Walau begitu, harga menu menu di kafe ini sangat terjangkau. Banyak cemilan, makanan berat ataupun minuman yang bisa kamu pesan disini.

Alamat: Jl. Sukun Raya No.422, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 02.00 WIB

7.   Langgeng Art Space

dynamic-media-cdn.tripadvisor.com

Sesuai namanya, Langgeng Art Space merupakan rumah dari banyak pameran seni di Yogyakarta. Saat masuk di dalamnya, kamu akan dimanjakan dengan aneka karya seni. Takk hanya itu, disini juga ada banyak buku yang bisa kamu baca.

Makanan dan minuman disini sangat beragam, mulai dari masakan Nusantara hingga Barat Nusantara. Banyak juga hidangan penutup  yang sayang jika terlewatkan.

Alamat: Jl. Suryodiningratan No.37, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 11.00 WIB – 16.00 WIB

8.   Sintesis Coffee

media.suara.com

Sintesis Coffee punya ratusan judul buku yang bisa kamu baca. Kamu bisa hanyut dalam berbagai karya fiksi maupun nonfiksi di perpustakaan lantai dua. Tak hanya dibaca di tempat, buku-buku disini bisa dipinjam, loh.

Sambil membaca kamu juga bisa memesan banyak menu lezat yang disediakan disini.

Alamat: Jl. Kaliurang Km 5 no. 21A, Manggung, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 21.00 WIB

9.   Kedai Donqui

genpijogja.com

Kedai Donqui merupakan singkatan dari Don Quixote & Co. Untuk kafenya, ada Kopi Donqui dan tempat membaca bukunya disebut Donqui Book. Kafe ini punya suasana yang asri dengan area luar ruang yang mungil.

Beragam menu makanan dan minuman bisa kamu pesan disini. Menu andalan disini adalah dulcinea rhum dan Picasso bread.

Alamat: Kentungan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Setiap hari, 15.00 WIB – 23.00 WIB

10. Angkringan Enaknan

www.jogjaday.com

Tak hanya berkonsep angkringan biasa, Angkringan Enaknan juga menyediakan banyak buku untuk dibaca. Suasananya sangat berbeda dibanding kafe-kafe biasa. Kamu harus mencobanya.

SEperti Namanya , tempat ini juga menyediakan banyak menu angkringan yang lezat dan murah.

Alamat: Jalan Kaliurang Km.5,8, Gang Pandega Satya No.10, Caturtunggal, Depok, Manggung, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WIB – 23.00 WIB

11. Anomie Coffee

googleusercontent.com

Anomie Coffee merupakan salah satu kafe buku di Jogja yang sangat instagramable. Kamu bisa membaca banyak buku dengan nyaman disini.

Anomie Coffee juga menyediakan banyak hidangan unik yang bisa kamu coba, seperti milk chiffon dan minuman blue pink. Kira-kira menu apa yang akan kamu pilih?

Alamat: Jalan Gandok Baru No. 52, Condongcatur, Manggung, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 16.00 WIB

12.Kebun Kopi

media.guideku.com

Kedai kopi yang merangkap toko buku ini memiliki nuansa yang klasik, sederhana, dan minimalis. Kebun Buku merupakan tempat yang cocok untuk berdiskusi, membaca buku, maupun sekedar ngobrol.

Koleksi buku disini didominasi buku import second dengan kondisi yang terawat dan harga terjangkau. Banyak juga kegiatan bedah buku, diskusi literasi, maupun pameran yang bisa kamu temukan disini.

Lokasi: Jl. Minggiran No.61 A, Suryodiningratan, Mantrijeron, Yogyakarta, DIY

Jam operasional: Selasa-Kamis pukul 11.00-18.00 WIB | Jumat-Minggu pukul 14.00-22.00

13.Erha Coffee

1.bp.blogspot.com

Dengan konsep kafe buku yang bisa digunakan sebagai ruang diskusi, ruang belajar, ruang kerja, maupun ruang apresiasi Erha Coffee & Literacy bisa jadi salah satu tempat yang harus kamu kunjungi.

Tempatnya juga nyaman dan tidak terlalu ramai, cocok untuk kamu yang ingin mencari suasana tenang.

Interiornya sangat minimalis dan menarik. Di area belakang, juga ada area outdoor dengan pepohonan dan tanaman yang menambah sejuk suasana disini.

Lokasi: Gorongan, Jl. Wahid Hasyim, Ngropoh, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY.

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-24.00 WIB.

Baca Juga : 10 Fakta  Menarik Tentang Buku yang  Wajib Diketahui Kutu  Buku

14. Nepa Mountain Book & Coffee

bs.line-scdn.net

Nepa Mountain Book & Coffee memiliki konsep pegunungan dan kafe buku. Kafe ini menghadirkan suasana alam pegunungan Himalaya khas Gunung Everest di Nepal. Menarik, bukan?

Di bagian depan bar-nya, kamu bisa membaca berbagai genre buku maupun membelinya. Banyak buku tentang kisah pendakian gunung ke Himalaya dan Kilimanjaro.

Lokasi: Jl. Sidomulyo No.19, Pojok, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY.

Jam operasional: Selasa-Minggu pukul 18.00-00.00 WIB.

15. Leiden Coffee & Work

i.ibb.co

Leiden Coffee & Work menawarkan suasana kafe yang nyaman, tenang dan damai. Tempat  ini juga ideal untuk para pengunjung yang ingin belajar, maupun berdiskusi.

Di bagian sudut ruangan ada banyak koleksi buku bacaan yang terkurasi. Kamu bisa membacanya ditemani banyak cemilan yang juga bisa kamu pesan disini.

Lokasi: Gg. Dandanggulo No. 7, Jl. Kaliurang No.KM 5, Pogung Kidul, Caturtunggal,  Mlati, Sleman, DIY.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-23.00 WIB.

16. Roti Papi

cdn-2.tstatic.net

Roti Papi merupakan salah satu kafe buku di Yogyakarta yang wajib kamu coba. Jika datang ke sini, pasti kamu tak akan mengira bahwa bangunan berlantai dua yang menyerupai kos-kosan ini merupakan sebuah kafe buku.

Roti Papi masih satu manajemen dengan And/Or Bookstore sehingga kamu juga bisa membeli buku di sini. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat-lihat koleksi baju lucu di mini butik yang juga ada di Roti Papi.

Lokasi : Jalan Gejayan, Gg. Bougenville No. 1 (daerah Selokan Mataram)

Jam Operasional : Senin-Sabtu Jam 12.00-22.00 WIB

17. Lir Shop

alkupra.files.wordpress.com

Lir Shop merupakan sebuah tempat dengan konsep toko buku, curiosity shop, restoran dan juga galeri seni kecil. Lir Shop merupakan salah satu kafe buku rumahan dengan suasana yang cozy.

Koleksi buku bacaan di Lir Shop sendiri sangat banyak. Sayangnya, hanya setengah dari koleksi pemilik yang bisa dibaca di tempat. Beragam buku dari genre komik, majalah, buku seni, filosofi, psikologi, novel fiksi maupun sastra bisa kamu baca disini.

Lokasi : Jalan Anggrek 1/33, Baciro, Yogyakarta.

Jam Operasional : Selasa-Minggu pukul 10.00-20.00 WIB.

18. Break Resto and Coffee

media-cdn.tripadvisor.com

Kafe lain yang menawarkan banyak buku adalah Break Resto and Coffee. Kafe ini memiliki interior yang menarik dan tempat nyaman untuk nongkrong. Kamu juga akan dimanjakan dengan aneka kopi dan minuman lain.

Tak hanya itu, banyak juga menu makanan Jerman dan Eropa untuk mengisi perut. Tenang saja, harga-harga makanan dan minuman di kafe ini terjangkau kok.

Lokasi : Jalan Ring Road Utara, Ruko Casa Grande No. 108, Sleman.

19. Coffee and Read

encrypted-tbn0.gstatic.com

Kafe buku di Yogyakarta selanjutnya adalah Coffee and Read. Di kafe ini kamu  bisa menikmati buku-buku berkelas dengan koleksi yang lumayan banyak.

Tak hanya itu, banyak pilihan kopi nusantara yang bisa dijadikan teman untuk membaca. Jika lapar, ada beberapa varian menu yang siap memanjakan lidah daan perutmu. Kafe ini cocok untuk mu yang ingin diskusi atau mengerjakan tugas.

Lokasi : Jalan Tasura 34B, Paingan, Maguwoharjo, Sleman, Coffee and Read

Jam Operasional : Pukul 15.00- 23.00 WIB

Baca Juga : 10 Booktube Indonesia yang Menarik  Untuk di Subscribe

Jadi, kamu mau berkunjung di Kafe Buku yang mana nih? Jika bosan dengan buku-buku yang ada di kafe-kafe ini, kamu bisa loh dating ke sana tapi baca bukunya dari aplikasi Cabaca. Banyak novel-novel menarik yang bisa kamu pilih.

Baca novel Indonesia di Cabaca