15 Checklist Persiapan Acara Pernikahan – Apakah jantungmu sudah berdebar karena pernikahanmu sebentar lagi? Tidak perlu khawatir. Mari persiapkan segalanya satu demi satu. Kamu bisa membuat checklist persiapan pernikahan pdf atau checklist persiapan pernikahan dalam format excel. Apa pun program yang akan kamu pakai, usahakan sudah kamu kuasai sepenuhnya.

Checklist persiapan pernikahan yang dikumpulkan ini bisa digunakan untuk list persiapan pernikahan sederhana atau mewah. Berikut hal-hal yang harus kamu siapkan sebelum menikah.

1. Datang ke Pameran Pernikahan (Wedding Expo)

Kalau kamu tinggal di kota besar, menemukan pameran pernikahan atau wedding expo rasanya tidak sulit. Kamu bisa meluangkan waktumu di akhir pekan. Namun, kalau kamu tinggal di kota kecil, kamu bisa mendatangi langsung tempat yang menyediakan jasa menyiapkan keperluan pernikahan alias wedding organizer. Kamu bisa berkonsultasi dan melihat portofolio mereka dahulu sebelum akhirnya memutuskan akan memakai konsep seperti apa.

2. Pilih Tanggal Resepsi Pernikahan

Hal yang tidak boleh kamu lupakan, yaitu menentukan tanggal resepsi pernikahan. Kamu bisa menggunakan tanggal cantik semisal, 21-11-2021 atau lainnya. Tapi, kalau orang tuamu menganut adat istiadat yang kuat, mempertimbangkan weton jika dalam budaya Jawa, pertimbangkan untuk turuti saja, ya. Karena biasanya untuk menentukan tanggal pernikahan memang tidak boleh sembarangan.

3.  Memilih Lokasi Resepsi Pernikahan

Kalau kamu punya banyak anggaran lebih untuk pernikahanmu, kamu bisa menyewa gedung. Kamu pun bisa memilih konsep di luar atau dalam ruangan. Namun, kalau anggaranmu menipis, melaksanakan pernikahan di halaman rumahmu, sudah cukup. Yang terpenting adalah berkumpul bersama keluarga dan teman dekat.

4. Buat List Tamu Undangan Pernikahan

Kamu bisa membuat list tamu undangan. Utamakan keluarga inti dan keluarga besar dulu yang masuk dalam daftar. Setelah itu, masukkan nama-nama dari kerabat orang tua masing-masing mempelai karena tidak bisa dipungkiri, acara pernikahan juga merupakan acara orang tua. Kalau sudah, masukkan juga nama-nama teman maupun sahabat dari mempelai yang akan diundang.

5. Siapkan Seserahan Pernikahanmu

Salah satu tradisi kita adalah memberikan seserahan pernikahan. Isinya bisa bermacam-macam, disesuaikan dengan culture budaya setempat bahkan selera ataupun permintaan pasanganmu. Umumnya adalah berupa perhiasan, pakaian, alat mandi, makanan, dan lain sebagainya.

6. Mulailah Mendesain Undangan Pernikahan

Mendesain undangan adalah langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan. Sehabis menentukan contoh desain, jangan lupa minta contohnya ya, supaya kamu bisa melihat apakah undangan itu sesuai keinginanmu atau tidak.

7. Gaun Pernikahan

Beberapa vendor, menyediakan untuk sewa gaun pernikahan lengkap dengan pelaminannya. Namun, beberapa lagi tidak. Pastikan hal ini kepada vendor pernikahanmu, ya. Kan nggak lucu kalau sudah hari H, tapi pernikahanmu tidak ada gaunnya. Jika kamu punya budget lebih atau ingin gaunmu lebih spesial, mendesain dan menjahit custom baju pengantinmu juga bukan ide buruk.

8. Pilih Make Up Sesuai Selera

Make up adalah hal penting yang cukup penting dalam resepsi pernikahan. Saat menghubungi make up artist, lihat contoh make up yang sudah ada, supaya acara resepsi pernikahan menjadi seperti yang kamu inginkan. Jika diperlukan, konsultasikan juga dengan keluarga. Jangan sampai pada hari H, terjadi momen tidak mengenakkan seperti yang dialami seorang klien dari MUA kenamaan, Khadijah Azzahra, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: 8 Ucapan Selamat Menikah Dari Novel yang Bisa Kita Kutip

9. Planning Bulan Madu

Photo by Vilu Photos / Unsplash

Jika bulan madu akan masuk dalam rencanamu dan pasangan, maka siapkan budgetnya secara terpisah. Beberapa orang bahkan memutuskan untuk menghemat biaya resepsi pernikahan agar dapat menikmati bulan madu. Hitung-hitung sebagai momen refreshing dengan berlibur bersama dengan pasangan.

10. Siapkan Data dan Dokumen untuk Legalitas Pernikahanmu

Data dan dokumen itu diperlukan untuk mendaftarkan pernikahanmu ke catatan sipil. Persiapkan dengan sebaik-baiknya. Biasanya untuk mengurusi data-data ini diperlukan banyak waktu.

11.  Cincin Pernikahan

Photo by Erika Fletcher / Unsplash

Yang tidak boleh dilupakan dari pernikahan adalah mas kawin serta cincin pernikahannya. Belilah cincin sesuai anggaranmu. Kalau keluargamu memiliki cincin turun-temurun, kamu bisa memberikan cincin tersebut kepada pasanganmu.

12. Atur Transportasi dan Akomodasi Tamu Undangan

The Guests
Photo by Samantha Gades / Unsplash

Kalau kamu mengundang tamu untuk ke hotel atau lainnya, persiapkan akomodasi dan transportasinya, ya. Apalagi kalau tamumu dari luar kota atau bahkan luar negeri. Kamu harus memesankan tempat untuk mereka sebelum H-1. Namun, kalau tamumu masih dalam satu kota, tidak perlu menyiapkan hal ini. Biasanya, tamu akan datang ke pernikahan tanpa harus menginap.

13. Suvenir Pernikahan

Item yang satu ini bisa dibilang penting gak penting. Tapi jika ingin memberi kenang-kenangan untuk acara resepsi pernikahan, kamu bisa memilih suvenir sesuai anggaranmu. Kamu bisa memberikan mug, kaos, dan lain sebagainya.

14. Foto Pernikahan

Tidak wajib memang untuk foto prewedding, tetapi penting untuk mengabadikan kenangan jalannya acara pernikahan bersama pasangan dalam foto pernikahan. Suatu saat ketika membuka album pernikahan, foto pernikahan dapat mengingatkanmu mengapa memilih menikah. Foto pernikahan juga bisa kamu publikasikan di media sosial.  

15. Istirahat dan Siapkan Mental

Hal yang seharusnya disadari semua orang yang akan menikah adalah bahwa pernikahan bukan soal resepsi semata. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari, yakni kesiapan mental. Mulailah menyiapkan bekal menikah dengan mengikuti kelas pranikah, baca-baca buku soal premarriage, dan sebagainya. Jika pada saat menyiapkan acara pernikahan, kamu merasa kelelahan baik secara fisik maupun psikis, jangan lupa beristirahat. Jangan sampai karena lelah, kamu dan calon pasangan, jadi meributkan hal yang tidak perlu.

Baca Juga: 8 Novel Tentang Pernikahan yang Wajib Dibaca di Cabaca

Itulah 14 tips persiapan pernikahan yang harus kamu lakukan. Semoga pernikahanmu samawa, ya. Supaya mengobati kegugupanmu, baca novel aja yuk di aplikasi Cabaca. Atau kalau yang bisa menulis, bisa mengikuti lomba novel terbaru dari Cabaca. Yuk, download aplikasi Cabaca di Google Play. [Lisma]