15 Barang yang Wajib Dimiliki Anak Kost, Calon Mahasiswa Baru Harus Tahu! – Jika kamu mahasiswa baru dan belum pernah ngekos sebelumnya, mungkin akan bertanya-tanya, apa saja yang harus dibawa saat ngekost? Tenang, berikut ini merupakan rekomendasi barang yang wajib dimiliki anak kost. Rekomendasi ini bisa dibilang adalah perlengkapan kost wanita maupun pria, catat ya!

1.  Peralatan Mandi

Hal wajib yang harus kamu bawa ke tempat kost adalah peralatan mandi, terdiri dari sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, sabun cuci, dan sikat cuci. Masukkan seluruhnya ke wadah khusus supaya kalau butuh tidak harus mencari satu demi satu. Jangan lupa pula membawa handuk.

2.  Peralatan Makan dan Minum

Kamu bisa membawa peralatan makan dan minum secukupnya. Karena walaupun kamu mungkin lebih suka makan di luar atau dine in, peralatan ini pasti dibutuhkan. Seperti ketika kamu ingin membuat kopi, menyimpan nasi, dan lain sebagainya.

3.  Peralatan Memasak

Untuk menghemat pengeluaran bulanan, bawalah alat masak sendiri. Belilah rice cooker, sehingga kalau kamu kelaparan di tengah malam, tidak akan susah mencari makanan.

4.  Sandal Jepit

Bawalah sandal jepit. Sandal ini bisa kamu manfaatkan ketika pergi ke kamar mandi, karena kebanyakan kostan memiliki kamar mandi di luar ruangan. Sandal jepit juga bisa kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari, semisal membeli makanan di warung atau menjemur pakaian.

5.  Setrika

Setrika juga perlu. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, lebih baik melengkapi peralatan. Selain itu, setrika dapat mengeliminasi pengeluaran laundry.

6.  Seperangkat Alat Ibadah

Kalau kamu wanita, kamu bisa membawa mukenah, sajadah, kitab suci, dan lain sebagainya. Kalau kamu pria, kamu bisa membawa sarung, sajadah, kitab suci, dan banyak lainnya. Kita mungkin akan jauh dengan keluarga, tapi tetap harus dekat dengan Tuhan.

7. Pakaian Secukupnya

Kamu cukup membawa pakaian secukupnya saja, tidak perlu berambisi memboyong seluruh pakaian, karena akan membuat kamarmu menjadi sumpek. Jika suatu saat akan pindah kos, kamu tidak perlu repot mengepak pakaian terlalu banyak.

8.  Alat Kebersihan

Bawalah kemoceng dan sejenisnya, karena biasanya peralatan seperti ini tidak disediakan di tempat kost. Kecuali jika ibu kosnya baik.

Baca Juga: 9 Menu Sahur Anak Kos Modal Rice Cooker

9.  Keset

Supaya kamarmu tidak cepat kotor, pasanglah keset di depan pintu. Kamar yang bersih akan membuatmu betah.

10.  Tempat Sampah

Tidak perlu membawa yang besar. Kecil juga tidak apa-apa. Asalkan kamu rutin membuangnya agar kamarmu tidak bau dan terjaga kebersihannya.

11.  Penerangan Cadangan

Penerangan cadangan ini bisa lilin, senter, atau lampu emergency. Dengan demikian, kalau ada mati listrik sewaktu-waktu, kamu tidak perlu kesusahan lagi.

12.  Sambungan atau Terminal Kabel

Roll kabel berguna untuk memenuhi kebutuhan listrik jika kebetulan jarak antara alat elektronik dan stop kontak alias sumber listrik yang cukup jauh.

13.  Hanger

Kamu bisa menggantung pakaianmu dengan ini ya. Jadi pakaian tidak dijemur atau diletakkan sembarangan.

14.  Barang Kesukaan

Jangan menyiksa dirimu dengan meninggalkan barang kesukaan di rumah. Bawa saja ke tempat kost, misalnya saja mainan ataupun novel favoritmu. Kalau malas bawa buku fisik, kamu bisa install aplikasi baca novel online seperti Cabaca.

15.  Kotak P3K

Tinggal sendiri artinya kamu harus mandiri dan merawat dirimu sendiri. Bawalah kotak P3K atau minimal obat yang biasa kamu konsumsi jika ada, agar kamu kalau sakit sewaktu-waktu tidak kelimpungan. Kalau sakit tidak kunjung membaik, pergilah ke dokter secepatnya.

Baca Juga: 10 Kelebihan Anak Perantauan

itulah tadi perlengkapan kos yang wajib dimiliki Nah, kalau kebetulan kamu adalah anak kos dan suka nulis, cobain yuk ikutan Kontes Menulis What's Up Indekos yang diadakan oleh Cabaca dan Singgahsini by Mamikos. Hadiahnya jutaan rupiah dan kamu bisa dibayarin kosan yang supernyaman!

Jangan lupa, install Cabaca di Google Play untuk membaca novel baru setiap harinya sambil rebahan di kosan. [Lisma]