Perpustakaan merupakan tempat yang digunakan untuk pemeliharaan dan penggunaan koleksi buku. Namun seiring berjalannya waktu perpustakaan kian berkembang hingga bisa dijadikan sebagai tempat pertemuan, pelatihan, maupun sekedar bersantai.

Perpustakaan modern saat ini memang memiliki banyak sekali perubahan dan pengembangan. Lalu, apa saja hal yang bisa kamu lakukan di perpustakaan modern?

Baca Juga : 7 Perpustakaan Terkeren di Dunia

13 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Perpustakaan Modern

Berikut  adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan di perpustakaan:

1.   Membaca Buku Sambil Sekedar Bersantai

stiemalang

Perpustakaan memang punya banyak jenis mulai dari perpustakaan kampus, perpustakaan kota, dan perpustakaan lainnya dengan konsep menarik.

Saat ini, tak sulit menemukan konsep perpustakaan yang segar dan unik. Nah, biasanya di perpustakaan dengan konsep seperti ini akan menawarkan banyak fasilitas untuk pengunjungnya.

Mulai dari tempat  yang cozy, menu kafetaria yang lengkap, hingga interior estetik yang bisa bikin kamu nyaman. Di perpustakaan dengan tipe seperti ini kamu bisa membaca buku sambil bersantai ria.

2.   Menikmati Suasana Sekitar Perpustakaan

Ada beberapa perpustakaan yang sengaja  dibangun di tempat yang strategis. Nah, perpustakaan seperti ini biasanya akan menyiapkan  jendela atau bukaan besar agar para  pengunjung bisa langsung melihat pemandangan di luar.

Kabar baiknya, perpustakaan seperti ini mudah sekali dijumpai. Kamu bisa berkunjung kesana untuk membaca sekaligus  menikmati pemandangan  sekitar perpustakaan melalui jendela-jendelanya.

3.   Belajar Bersama

depositphotos.com

Tidak menghilangkan  fungsi utamanya, tentu perpustakaan modern  masih sangat nyaman kamu gunakan untuk belajar kelompok.

Selain fasilitas yang memadai mulai dari internet, tempat yang nyaman, menu yang lengkap, di perpustakaan modern biasanya memiliki koleksi buku yang lebih lengkap. Jadi, kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk belajar Bersama di perpustakaan.

4.   Mengerjakan PR  atau Tugas

Jika perpustakaan bisa digunakan untuk belajar  kelompok, tentu perpustakaan juga bisa digunakan untuk mengerjakan PR kamu.

Apalagi jika kamu tipikal introvert yang lebih suka mengerjakan  PR mu sendirian di tempat yang tenang, tentu perpustakaan menjadi pilihan yang lebih tepat dibanding kafe.

5.   Meminjam Koleksi Perpustakaan

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di perpustakaan berikutnya adalah meminjam buku dari perpustakaan. Banyak sekali koleksi buku di perpustakaan yang bisa kamu pinjam.

Meskipun ada beberapa perpustakaan yang biasanya mengecualikan beberapa koleksi yang tidak boleh dipinjam, namun kamu tetap bisa meminjam banyak koleksi yang kamu butuhkan.

Baca Juga : 10 Perpustakaan Terkeren di Indonesia

6.   Mengakses Internet

Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya internet  atau wifi di perpustakaan biasanya lebih cepat. Maka tak heran jika banyak siswa maupun mahasiswa yang lebih memilih  untuk  mencari informasi dari internet di perpustakaan.

Apalagi  jika perpustakaannya juga memiliki tempat yang nyaman. Tentu malah makin menjadi favorit orang-orang untuk mencari informasi dari sana.

7.   Tempat Untuk Belajar Sekaligus Membuat Karya Seni

detik.net

Ada beberapa perpustakaan yang memiliki ruang seni didalamnya. Terkadang ruangan-ruangan ini juga biasa digunakan untuk pameran seni atau pelatihan  seni. Nah, kamu juga bisa membuat karya seni disana loh!

Bahkan ada beberapa perpustakaan yang  menyediakan  koleksi-koleksi seni yang bisa kamu jadikan referensi.

8.   Menghadiri Tur Sejarah

Kegiatan tur sejarah memang masih jarang di temukan di perpustakaan-perpustakaan Indonesia. Namun, di luar negeri hal ini menjadi hal yang biasa.

Perpustakaan yang merupakan representasi dari kegiatan Pendidikan memang sebaiknya juga mengadakan tur-tur edukatif, seperti tur sejarah.

9.   Menghadiri atau Mengadakan Seminar

Seminar juga  merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan di perpustakaan. Perpustakaan dengan manajemen yang baik, biasanya memang memiliki ruangan khusus yang  disewakan untuk pengadaan seminar.

10. Mengikuti Kegiatan Rutin Perpustakaan

Ada beberapa perpustakaan yang memang memiliki kegiatan rutin. Seperti hal nya; pemutaran film edukasi, diskusi komunitas, pelatihan, dan masih banyak  lagi. Kamu bisa mengikuti salah satu kegiatan rutin yang paling kamu sukai.

Biasanya kegiatan seperti ini dibuka untuk umum kok. Kamu hanya perlu daftar terlebih dahulu.

11. Mendinginkan Badan dan Pikiran

Kawaca.com

Tak hanya memiliki jaringan internet yang cepat, perpustakaan juga biasanya memiliki AC  yang bagus. Jadi, kamu  bisa datang kesana sekalian mendinginkan badan. Menarik bukan?

Mesti  terlihat cukup aneh, namun ternyata pengunjung yang datang  ke perpustakaan hanya untuk mendinginkan badan cukup banyak loh. Apalagi jika perpustakaannya juga memiliki interior yang bagus. Pasti banyak yang mengunjungi perpustakaan dengan konsep seperti ini.

12. Tempat Komunitas

Perpustakaan memang  memiliki nuansa “membaca” dan “menulis” yang kental. Oleh karena itu, tak heran jika perpustakaan banyak dijadikan sebagai pilihan untuk para komunitas berkumpul. Bahkan, ada beberapa perpustakaan yang memiliki komunitasnya secara khusus loh!

Nah, kamu bisa menjadikan perpustakaan sebagai tempat temu komunitas yang strategis dan menarik. Apalagi jika perpustakaannya memang memiliki ruangan kumpul tersendiri yang bisa kamu manfaatkan.

13. Sebagai Tempat Janjian

Siapa bilang perpustakaan tidak bisa kamu jadikan tempat janjian? Kamu bisa memilih perpustakaan sebagai tempat janjian yang strategis loh! Apalagi jika perpustakaannya memiliki kafe di dalamnya.

Kamu bisa janjian di perpustakaan untuk mengobrol, lalu membaca buku sambil memesan camilan. Terdengar cukup  menarik, kan?

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di perpustakaan. Jika sedang ingin membaca namun malas ke perpustakaan, kamu bisa membaca novel-novel digital secara gratis di Cabaca.

Cabaca  berbeda dengan platform baca novel yang lain karena seluruh novelnya sudah terjamin terakurasi. Seru dan menarik, kan? Jika belum memiliki aplikasi Cabaca kamu bisa mendownloadnya di Play Store atau silakan kunjungi website Cabaca di sini.

Baca novel Indonesia di Cabaca