12 Tips Diet Sehat Biar Cepat Kurus!

12 Tips Diet Sehat Biar Cepat Kurus!
Photo by Total Shape / Unsplash

12 Tips Diet Sehat Biar Cepat Kurus!Tidak perlu konsumsi obat diet, ini lho cara diet sehat cepat kurus yang wajib kamu coba.

Cara Diet Sehat Cepat Kurus

Memiliki tubuh ideal merupakan impian seluruh wanita. Maka dari itu, tak jarang keinginan untuk mengurangi berat badan sangat menggebu. Namun, karena hanya berfokus untuk menguruskan tubuh, sering kali kita salah melakukan proses diet. Berikut merupukan cara diet cepat kurus dalam 1 minggu.

1. Menambah asupan protein.

Sliced boiled eggs on white plate with green parsley leaves.
Photo by Tamanna Rumee / Unsplash

Tips diet sehat pertama, yakni dengan memperbanyak protein. Protein merupakan nutrisi yang cocok untuk tubuh. Selain itu, ketika tubuh mengolah protein, secara bersamaan tubuh juga akan membakar kalori. Protein ini bisa didapatkan dalam banyak bentuk, seperti telur dan dada ayam.

2. Menghindari makanan dalam kemasan dan olahan.

Menu diet sehat seminggu yang harus kamu lakukan selanjutnya yakni dengan mengurangi makanan kaleng, karena makanan kaleng umumnya tinggi akan lemak, gula, dan kalori. Contoh yang harus dihindari adalah frozen food seperti nugget dan sosis. Jangan lupa, hindari juga makanan kaleng seperti wafer, minuman manis kemasan, dan sebagainya.

3. Beralih ke cemilan sehat.

Yogurt Bowl
Photo by Vicky Ng / Unsplash

Diet bukan berarti kamu tidak boleh ngemil. Namun, sekarang kamu harus mengubah pola ngemilmu dengan makan yogurt, buah, kacang-kacangan, atau telur rebus.

4. Membatasi konsumsi karbohidrat.

Photo by Peter Schad / Unsplash

Untuk menjaga berat badan, usahakan mengurangi karbohidrat, seperti nasi putih, roti tawar, pasta, dan lainnya. Kamu bias menggantinya dengan karhobidrat kompleks yang lebih sehat, semisal roti gandum atau nasi merah. Bisa juga dengan kentang, ubi, dan sejenisnya.

5. Kurangi porsi makanan atau defisit kalori.

Ini adalah cara sederhana tapi punya efek bagus. Orang-orang menyebutnya defisit kalori. Jika biasanya kamu makan sepiring penuh, sekarang coba kurangi setengahnya. Namun, tetap perhatikan keseimbangan makanannya, ya, supaya kamu tetap sehat dan memiliki badan bagus.

6. Makanlah secara perlahan.

Jangan terburu-buru. Itulah kunci diet sehat selanjutnya. Apabila kamu makan secara perlahan, akan membuat otakmu menanamkan pikiran kenyang. Dengan makan perlahan juga akan membuat makanan menjadi mudah dicerna.

7. Sarapan setiap hari.

Sarapan sangat bagus untuk menurunkan berat badan sebab dengan sarapan tidak akan membuat kamu kelaparan dan di jam-jam makan selanjutnya tidak akan membuatmu makan lebih banyak. Usahakan tidak sarapan dengan tepung atau karbohidrat. Cukup buah atau protein saja.

8. Banyak minum air putih.

Photo by Giorgio Trovato / Unsplash

Air putih sangat bagus untuk metabolisme tubuh sehingga kamu akan merasa lebih cepat kenyang. Air putih juga tidak mengandung kalori.

9. Membatasi konsumsi gula.

Cara mudah untuk diet selanjutnya, yakni dengan membatasi konsumsi gula. Namun, jika sepenuhnya menghilangkan gula terasa berat, kamu cukup menggantinya dengan gula alternatif yang tetap memberikan rasa manis dan tidak membuatmu gemuk. Selanjutnya, barulah perlahan-lahan tanpa gula sama sekali atau dapatkan gula dari buah-buahan.

10. Tidur yang cukup

Shane in bed before leaving for work Monday morning. Chemotherapy leaves Shane tired and more susceptible to the Coronavirus. Rest helps a little, though there are tummy troubles the first few days after receiving an infusion. Nutrition is also difficult right after an infusion because of the stomach pain and digestive issues. Bread, boiled rice, and ginger ale are staples during this time for Shane. The low-dose chemotherapy is aimed at getting the Crohn's Disease into remission.
Photo by Shane / Unsplash

Kurangi begadang karena tidak sehat. Kenapa demikian? Karena dengan tidur cukup dan teratur, membuat hormon yang berhubungan dengan pengaturan nafsu makan menjadi stabil sehingga kamu tidak akan sering makan.

11. Mengonsumsi probiotik.

Probiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan badan, mencegah penumpukan lemak di tubuh, mengurangi nafsu makan, dan meredakan inflamasi atau peradangan di tubuh. Bakteri ini umumnya terdapat di yogurt, tempe, atau kimchi.

12. Mulai berolahraga.

Daily Grind
Photo by John Arano / Unsplash

Diet tanpa olahraga bagaikan taman bunga. Artinya, tidak akan membuat tubuhnya menjadi lebih sehat. Olahragalah secukupnya karena olahraga dapat membakar lemak. Kamu bisa mulai melakukan jogging atau jalan kaki 30 menit setiap hari, berenang, atau aerobik. Atau, jika kamu ada dana lebih, cobalah pergi ke gym untuk berlatih angkat beban.

Baca Juga: Jumlah Kalori Makanan Favorit Orang Indonesia

Itulah 12 tips diet yang sehat. Tubuh harus diberi makanan baik, begitu pula dengan otak. Konsumsilah bacaan sehat untuk otakmu, sehingga kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi, berwawasan luas, pintar, dan bisa diandalkan. Bacaan itu seperti novel-novel yang ada di aplikasi Cabaca, platform baca novel digital di Indonesia. Kenapa harus Cabaca? Karena seluruh naskah masuk mengalami proses seleksi ketat dan juga editorial oleh redaksi Cabaca. Jadi, yuk unduh aplikasinya di Google Play. [Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Aplikasi baca novel online di Indonesia


Suka baca novel genre apa? Cari di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy