12 Lagu Indie Terbaik Indonesia, Cocok Buat Teman Nulis! – Siapa nih anak indie yang hobinya menatap senja dan menyeruput kopi? Pasti kamu sudah tahu lagu indie terbaik Indonesia, kan?

Untuk memperingati Hari Musik Nasional yang jatuh tanggal 9 Maret, berikut direkomendasikan lagu indie Indonesia terbaru, khusus untukmu yang the best buat teman nulis!

1. Peradaban – .Feast

Salah satu kelebihan dari musik indie, yaitu liriknya yang gak kaleng-kaleng. Macam lagu ini. Lirik dari lagu ini mengisyaratkan kalau kita tidak boleh menyerah ataupun lengah. Peradaban harus dijunjung tinggi.

2. True Love – Elephant Kind

Walaupun lagu ini berlirik bahasa Inggris, True Love merupakan lagu dari grup indie Elephant Kind. Grup ini beranggotakan Bam Mastro, Dewa Pratam,a dan Bayu Adisapoetra. Kamu bisa mendengarkan lagu True Love kala sedang kesepian.

3. Me & My Boyfriend – Mocca

Lagu Me & My Boyfriend juga berlirik bahasa Inggris. Mocca adalah kelompok musik indie yang pertama memperkenalkannya. Grup asal Bandung ini terdiri dari Riko Prayitno (Gitar), Arina Ephipania (Vokal dan Flute), Achmad Pratama (Bass), dan Indra Massad (Drum).

4. Cinta Melulu – Efek Rumah Kaca

Lagu tentang cinta memang tidak pernah ada habisnya. Salah satunya Cinta Melulu dari Efek Rumah Kaca. Lirik lagu ini terkesan sederhana, tapi kalau dicermati nampol sekali.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lagu K-Pop untuk yang Bukan K-Popers

5. Less Afraid – Sajama Cut

Sajama Cut juga memiliki lagu andalan dalam bahasa Inggris. Judulnya Less Afraid. Lagu keren ini sempat menjadi soundtrack film Janji Joni.  

6. No Fruits for Today – Sore

Sore mempunyai lagu hits berjudul No Fruits for Today. Lagu ini berlirik bahasa Inggris, mengisahkan seseorang yang merindukan kekasihnya. Sayangnya, seseorang itu tidak ada di dekatnya.

7. Dan Bila… – Mondo Gascaro

Lirik lagu Dan Bila… sangat dalam. Hampir semua orang menyukai lagu ini. Dan Bila… menyerukan untuk tidak menyerah kepada kehidupan. Mondo Gascaro sendiri merupakan musikus, penyanyi-penulis lagu, pengarah musik dan produser rekaman. Dia terbilang senior. Pria bernama asli Ramondo Gascaro lahir di Jakarta, 22 Agustus 1975.

8. Nafas – Jirapah

Nafas dipopulerkan oleh Jirapah, masuk ke dalam album Planetarium. Lagu ini menceritakan mengenai semangat hidup. Seperti yang dituliskan dalam liriknya: "...perjalanan masih panjang
semoga selalu berkesan
lewati waktu-waktu jenjang
dengan ciptaan lisan."

Baca Juga: 7 Lagu Underrated dari BTS Tapi Enak Didengar

9. Senandung Maaf – White Shoes & The Couples Company

Lagu ini ditulis dalam album perdana mereka yang bertajuk White Shoes & The Couples Company di tahun 2005 dan jadi salah satu lagu indie Indonesia terbaik. Senandung Maaf dirilis di dua negara berbeda, yakni Indonesia dan Amerika Serikat.

10. Is it the Answer – Reality Club

Is it the Answer menceritakan mengenai hubungan dua orang. Salah satu dari keduanya malah senang memainkan lainnya. Lagu ini cocok menemani dirimu di kala sendirian sewaktu hujan.

11. To The Bone - Pamungkas

Salah satu  lagu indie Indonesia 2020 terbaik. Syahdu banget deh lagu yang dibawakan Pamungkas ini.

I want you to the bone, oh oh oh oh oh
I want you to the bone, oh oh oh oh oh

12. Amin Paling Serius - Sal Priadi & Nadin Amizah

Dari judulnya aja udah indah ya? Apalagi liriknya. Cocok buat kamu yang butuh inspirasi atau butuh menghimpun kalimat puitis.

Baca Juga: 7 Lagu Barat Romantis yang Cocok Jadi Teman Menulis

Gimana? Sudah didengar, kan? Kamu jatuh cinta enggak, sama lagunya?

Harus cinta, ya, kan buatan anak negeri sendiri, sama persis kayak  aplikasi Cabaca, yang pengembangnya anak Indonesia, para redaksinya juga orang Indonesia, dan penulis-penulisnya tersebar dari Sabang sampai Merauke. Tunggu apa lagi, baca saja novel-novel di Cabaca dan dapatkan kisah-kisah terbaik dari para penulis resminya. [Lisma]