11 Tips Atur Uang Belanja Bulanan Agar Dapat Bertahan di Masa ResesiTahukah kamu hari keuangan diperingati setiap tanggal berapa? Hari keuangan ditetapkan pada tanggal 30 Oktober.

Keuangan menjadi dasar dari kehidupan, karena hidup tanpa uang bagaikan ingin makan, tapi tidak ada yang dimakan. Dan sebagian besar orang, selalu kehabisan uang di akhir bulan. Hal itu karena mereka tidak tahu cara mengatur keuangan pribadi. Hal ini erat kaitannya dengan persentase pembagian gaji. Berikut merupakan tips atur uang belanja bulanan yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk kehidupan yang lebih baik.

1. Amal 10%

Menyisihkan sebagian besar uang untuk beramal, awalnya memang sulit. Namun, tahukah kamu bahwa sebagian rezekimu adalah milik orang lain? Kamu tidak perlu khawatir, matematika Tuhan tidak seperti rumus matematika manusia. Apabila kamu menyisihkan uangmu untuk beramal, rezekimu pasti akan bertambah. Kamu bisa beramal 10% dari gaji bulananmu.

2. Tabungan 10%

Tabungan bukanlah uang sisa bulananmu, tapi uang yang sedari awal sudah kamu tetapkan. Agar tidak memberatkan, kamu bisa memakai 10% dari uang gajimu untuk ditabung. Ingat, berhematlah dan jangan keluarkan uang bulananmu untuk hal-hal yang tidak penting.

3. Makan 10-15%

Makan merupakan kebutuhan setiap hari yang perlu kamu pikirkan. Keperluan makan ini menjadi jebakan karena terkadang kamu ingin makan yang enak-enak saja, tapi tidak memedulikan finasialmu.

Photo by Jamie Brown / Unsplash

4. Keperluan Rutin 5-10%

Keperluan rutin ini seperti pembayaran listrik, air, gas untuk kompor, iuran perumahan, hingga biaya telepon. Untuk mengakali pos ini, kamu bisa menghemati energi, misalnya matikan AC atau kipas angin jika tidak dibutuhkan.

5. Tempat Tinggal 25%

Kalau kamu sudah punya rumah pribadi, kamu tidak perlu memikirkan tempat tinggal lagi. Namun, kalau kamu indekos, usahakan memilih rumah yang biaya sewanya tidak lebih dari 25% dari pendapatan bulananmu.

Baca Juga: 10 Fakta Unik di Balik Sumpah Pemuda

6. Transportasi 10%

Menggunakan transportasi pribadi terbilang cukup mahal. Apabila kalau ada kendaraan umum yang biayanya lebih murah, lebih baik kamu menggunakannya.

Photo by Marek Studzinski / Unsplash

7. Kesehatan 5-10%

Setiap bulan, usahakan menganggarkan dana sebesar 5 sampai 10% untuk memeriksakan kesehatan. Kamu bisa memeriksa tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat setiap satu tahun sekali.

8. Asuransi 10-25%

Selagi masih muda dan sehat, perbanyaklah anggaran untuk usia tua, misalnya asuransi. Jadi, jika ada apa-apa denganmu, kamu memiliki banyak sekali asuransi untuk tetap melanjutkan kelangsungan hidup. Usahakan jumlah asuransimu tidak melebihi 10-25% dari total gaji.

9. Hiburan 5-10%

Hidup tanpa hiburan, bagaikan taman tanpa bunga. Kamu bisa menyisihkan beberapa keuangan untuk dana hiburan ke gunung, pantai, membeli buku, dan lain-lain tidak lebih dari 10%. Tapi kalau hiburanmu baca novel gratis, tentu saja kamu bisa berhemat dengan pakai aplikasi baca novel gratis seperti Cabaca.

10. Pengeluaran Pribadi 5-10%

Yang dimaksud pengeluaran pribadi adalah sepatu, pakaian, jam tangan, parfum, perawatan di salon, dan hal serupa lainnya. Sekarang saatnya untukmu lebih memperhitungkan semuanya. Tampil cantik dan modis itu perlu, tapi memiliki banyak dana di dompet, sangat penting.

11. Lain-lain 5%

Yang sering dilupakan merupakan biaya lain-lain ini. Anggaran ini biasanya digunakan untuk menghadiri undangan pernikahan rekan kerja, membeli kado kelahiran, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Membuat CV yang Menarik dan Disukai HRD

Itulah 11 tips mengatur uang belanja bulanan di masa resesi ini.

Untuk kamu yang suka membaca novel, tapi tidak mempunyai cukup banyak uang, nikmati Jam Baca Nasional di Cabaca. Baca sepuasnya, nikmati waktu luangmu dan semoga banyak uang selal. Unduh aplikasi Cabaca yuk di Play Store. [Lisma]

Pakai aplikasi Cabaca, baca novel jadi seru, GRATIS, dan LEGAL!