10 Serial Drama Korea yang Bikin Second Lead Syndrome - Pernah gak waktu lagi nonton drama Korea, kamu ngerasa lebih simpati sama second lead actor-nya? Itulah yang dinamakan second lead syndrome. Perlu diketahui, dalam sebuah serial drama Korea bergenre romance biasanya para pemain terdiri atas beberapa bagian, yaitu lead actor, lead actress, second lead actor and actress, support actor and actress, dan sebagainya. Plotnya pun akan berkisar di antara pemain-pemain tersebut. Formulanya biasanya berupa bagaimana lead actor dan lead actress mencoba bersatu, tetapi terhalangi berbagai konflik, salah satunya dari second lead actor/actress.

Nah, Cabaca merangkum beberapa drama Korea yang berpotensi bikin kamu gemas karena ternyata jadi ngerasa, second lead actor-nya 'lebih cocok' dengan lead actress-nya, atau sebaliknya.

1. Boys Before Flower

Sumber: www.sbs.com.au

Drama Korea jadul ini bisa dibilang membuat Lee Min Ho jadi populer banget di Indonesia. Tahu dong ya si rambut ikal Gu Jun Pyo? Nah, walaupun diceritakan Geum Jan Di (Koo Hye Sun) ini akhirnya jadi dengan Gu Jun Pyo (dari benci jadi cinta gitu), kita sebagai penonton jadi suka juga sama karakter second lead-nya, Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong). Pasalnya, si Ji Hoo selalu ada buat Jan Di dan akhirnya harus merelakannya demi persahabatan.

2. You're Beautiful

Sumber: www.idntimes.com

Efek Second Lead Syndrome juga berasa banget dalam drama yang dimainkan oleh Park Shin Hye, Jang Geun Seuk, Yonghwa CNBlue, dan Lee Hong Ki FT Island ini. Sekeren-kerennya Hwang Tae Kyung (Jang Geun Suk), kita dibikin terpesona juga sama Kang Shin Woo (Yonghwa) dan justru lebih mendukung pasangan Go Mi Nyu (Park Shin Hye) - Kang Shin Woo. Oya, Park Shin Hye dan Yonghwa dipertemukan kembali dalam drama Heartstrings. Setidaknya mengobati kekecewaan penonton lah ya...

3. The Heirs

Sumber: www.sbs.com.au

Gak mungkin bisa lupa dengan drama yang satu ini. Sampai bingung sendiri, sebenarnya kita bersimpati dengan karakter Choi Young Do yang cintanya tidak tercapai atau sama pesonanya Kim Woo Bin, sang aktor, ya...

Baca Juga: 5 Pasang Artis Korea yang Pernah Bercerai

4. School 2015

School "series" emang membawa kisah dunia remaja yang cheerful. Ditambah pula dengan kisah percintaan yang menarik. School 2015 ini salah satunya. Walaupun ceritanya Lee Eun Bi (Kim So Hyun) akhirnya memilih Han Yi An (Nam Joo Hyuk), kita dibikin peduli juga dengan perasaan karakter Tae Kwang (Yook Sung Jae). Chemistry-nya juga dapet. Gak heran kalau pada KBS drama Award 2015, Kim So Hyun dan Yook Sung Jae jadi best couple!

5. Reply 1988

Sumber: www.sbs.com.au

Kalau diharuskan memilih, satu judul saja drama Korea yang pernah bikin penontonnya terpecah-belah gara-gara second lead syndrome, maka Reply 1988 adalah jawabannya. Apalagi, sejak awal Deoksun (Lee Hyeri) sebenarnya sudah diceritakan menyukai Junghwan (Ryu Jun Yeol). Apa daya, Deoksun malah berjodoh dengan Choi Taek (Park Bo Gum).

Meski demikian, tim JungPal boleh bergembira karena di dunia nyata, Lee Hyeri dan Ryu Jun Yeol dikabarkan berpacaran! Wah, semoga langgeng!

Sumber: id.quora.com

6. Jealousy Incarnate

Sumber: www.funcurve.com

Suka dengan dramanya Gong Hyo Jin? Pasti kamu udah nonton yang satu ini. Diceritakan Pyo Na Ri (Gong Hyo Jin) telah memendam perasaan yang begitu lama pada Lee Hwa Shin (Jo Jung Suk). Namun, dalam perjalanannya ada satu karakter yang cukup menarik dan terkesan 'lebih layak' untuk menjadi pasangan Pyo Na Ri, yaitu Go Jung Won (Go Kyung Pyo). Gimana nggak menarik, tampan dan kaya raya alias chaebol begini, masa ending-nya disia-siain?

Baca Juga: 8 Artis Korea yang Pernah Cinlok

7. While You Were Sleeping

Sumber: www.hipwee.com

Okelah,  Jung Jae Chan (Lee Jeong Suk) memang tampan dan bikin meleleh, tapi gak bisa dipungkiri polisi Han Woo Tak (Jung Hae In) juga kayaknya cocok buat jadi pasangan Nam Hong Joo (Bae Suzy).

8. Strong Woman Do Bong Soon

Sumber: www.sbs.com.au

Di awal cerita, In Kook Do (Ji Soo) digambarkan sudah punya pacar. Jadi, Do Bong Soon (Park Bo Young) sempat patah hati. Setelah si Bong Soon jadian dengan Ahn Minyuk (Park Hyung Sik), baru deh si Kook Do ini menyadari perasaannya. Ngeselin banget kan jadinya?

9. Cheese in The Trap

Sumber: www.funcurve.com

Kalau kamu jadi Hong Seol (Kim Go Eun), kamu bakal lebih pilih siapa? Yoo Jung (Park Hae Jin) yang dingin dan manipulatif atau Baek In Ho (Seo Kang Joon), si pianis yang agak berandal, tapi jelas-jelas mencintai kamu? Hal inilah yang bikin penonton pada berpihak pada Baek In Ho juga dalam serial yang diangkat dari Webtoon ini.

10. Extraordinary You

Sumber: twitter.com

Drama yang diangkat dari webtoon July Found by Chance ini lagi hot dan kontroversial. Pasalnya, banyak penggemar yang ternyata lebih mendukung Eun Dan Oh dengan Baek Kyung (Lee Jae Wook) daripada dengan si pemilik nomor 13 alias Ha Roo (Kim Ro Woon). Diceritakan Eun Dan Oh sebenarnya telah lama menyukai Baek Kyung. Namun, sejak 'sadar akan dirinya' yang merupakan karakter ekstra dalam dunia komik, Dan Oh selalu mencari cara agar ia punya cerita istimewa. Ia kemudian dibantu oleh karakter yang awalnya tak bernama, Ha Roo. Begitu keduanya mulai terpecik cinta, Baek Kyung juga 'menyadari karakter dirinya' dan menyadari perasaannya yang tulus pada Dan Oh.

Baca Juga: 10 Idol K-Pop yang Suka Pakai Batik

Gimana? Apakah ada salah satu drama Korea di atas yang bikin kalian frustrasi gara-gara second lead syndrome? Sabar ya, jangan sedih. Biar gak sedih, coba baca novel fanfiction di Cabaca yuk. Tinggal install aplikasi Cabaca di Play Store. Manfaatkan untuk baca novel gratis dan legal!

Aplikasi baca novel di Indonesia yang gratis, mudah, dan menyenangkan!