10 Resep dan Cara Membuat Kolak untuk Berbuka Puasa - Kolak merupakan takjil favorit banyak orang. Selain karena rasa manis dan gurihnya, kolak dipercaya dapat memberikan energi yang cukup bagi pemakannya sehingga orang-orang yang memakannya dapat menjalankan aktivitas ibadah malam dengan lebih semangat lagi.

Menurut sejarah, kolak merupakan makanan asli dari Indonesia. Makanan ini digunakan para ulama untuk menyebarkan ajaran Islam ke penjuru Nusantara. Nama kolak sendiri diambil dari kata Bahasa Arab, khalik, yang artinya pencipta. Makanan ini berfilosofi supaya kita bisa lebih dekat kepada sang Pencipta, Allah Swt.

Berikut merupakan variasi kolak yang bisa menemani berbuka puasamu.

1. Kolak Pisang

Sumber: doyanresep.com

Pisang merupakan buah yang tidak mengenal musim. Buah ini merakyat dan bisa dijumpai di mana pun. Namun, dalam membuat kolak pisang kamu harus memilih yang matang. Jangan sekali-kali membuat percobaan dengan pisang muda karena teksturnya keras dan rasanya pun agak asam sehingga tidak cocok untuk dibuat kolak.

Cara membuat kolak pisang pun cukup terbilang mudah. Kamu bisa mencari resep kolak pisang di blog favoritmu. Jenis pisang yang tepat dibuat kolak adalah pisang kepok kuning, pisang nangka, pisang uli atau pisang tanduk. Untuk pembuatan kolak ini, kamu bisa mencampurkannya dengan nangka, labu, atau bahan lainnya yang kamu suka atau cukup pisang saja juga tidak apa-apa.

2. Kolak Candil Ketan

Sumber: resepkoki.id

Candil Ketan biasanya dinikmati dalam bentuk bubur, tapi candil ketan juga tidak kalah kalah enak kalau dibuat kolak. Coba saja kalau tidak percaya.

3. Kolak Labu

Sumber: cookpad.com

Apa pun yang manis-manis, cocok dijadikan kolak. Salah satunya buah labu. Selain karena manis, labu juga bertekstur lembut dan lumer di mulut. Kolak labu bisa dicampurkan dengan pisang.

4. Kolak Ubi Jalar

Sumber: goodminds.id

Di Indonesia, ada tiga jenis ubi jalar yang terkenal, yaitu ubi jalar putih, ubi jalar kuning (jingga), dan ubi jalar ungu. Ketiganya cocok apabila dijadikan kolak. Kandungan nutrisinya, akan membuat badanmu sehat.  

5. Kolak Durian

Sumber: resepkoki.id

Pencinta durian juga bisa menjadikan buah ini sebagai kolak. Aroma khas dan rasa lezatnya, akan melegakan tenggorokan. Eits, jangan lupa buang bijinya dulu ya, agar kamu enak makannya.

Baca Juga: 10 Resep Buka Puasa Sederhana dengan Bahan Gampang Dicari

6. Kolak Kolang-Kaling

Sumber: inews.id

Kolang-kaling merupakan biji pohon aren. Selain kenyal, biji ini juga memiliki rasa unik. Memang biasanya kolang-kaling dijadikan es buah, tapi ketika dibuat kolak, rasanya pun tetap enak. Yakin nggak mau mencoba kolak ini?

7. Kolak Sagu Mutiara

Sumber: cookpad.com

Untuk membuat kolak sagu mutiara, kamu harus menjenangnya secara terpisah. Setelah jadi, baru deh ditambahi santan.  

8. Kolak Jagung Pulut

Sumber: cakapcakap.com

Jagung banyak sekali manfaatnya, selain bisa dibuat bakar jagung, pelengkap sayur, atau dadar jagung, juga dapat digunakan sebagai kolak. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Terlebih dahulu kamu harus menyerut jagung, lalu campurkan dengan santan.

9. Kolak Singkong

Sumber: resepaneka.com

Singkong tumbuh subur di Indonesia. Dengan hanya menancapkan batangnya saja, tanaman ini bisa tumbuh. Tunggu apa lagi, ayo buat kolak singkongmu sendiri.

10. Kolak Ketan

Sumber: cookpad.com

Kamu menyukai rasa manis, lembut dan rasa lengket ketan? Kamu bisa menjadikannya kolak. Makan bersama keluarga tercinta dan ciptakan nuansa hangat di masa pandemi ini.

Baca Juga: 6 Sinetron Ramadhan Terpopuler yang Bikin Kangen!

Bagaimana? Sudah menemukan kolak apa yang kamu inginkan? Cara bikinnya juga gampang kok. Kamu cukup memasak atau mematangkan bahan dasarnya bersama, lalu tambahkan santan dan gula jawa bila perlu. Selamat membuatnya, ya.

Selain baca resep, gimana kalau mengisi Ramadan dengan baca novel di Cabaca? Ada banyak novel dari berbagai macam genre yang bisa kamu baca. Semuanya legal! Maka dari itu, yuk install aplikasi Cabaca di hape kamu dan #BacaAjaDulu selama Ramadan #DiRumahAja. [Lisma]

Install aplikasi Cabaca untuk baca novel gratis dan legal!