10 Resep Buka Puasa Sederhana dengan Bahan Gampang Dicari - Marhaban ya Ramadan.  Tahun ini sepertinya akan menjadi tahun terberat bagi kita. Pasalnya sekarang kita sedang dilanda pandemi Covid-19. Banyak perekonomian lumpuh. Kita juga diwajibkan untuk selalu menjaga jarak dan menjaga kebersihan. Namun, hal itu tidak akan menghalangi puasa kalian, kan? Berikut merupakan resep buka puasa yang bisa kalian tiru untuk berhemat.

1. Kurma dan Segelas Teh Hangat

Sumber: www.deliserdangmall.com

Ini dia menu takjil buka puasa paling sederhana. Kurma dan segelas teh hangat. Pasti akan membuat kerongkonganmu menjadi lega setelah seharian berpuasa.

2. Es Kelapa Muda

Sumber: ©Shutterstock

Minuman buka puasa satu ini pasti akan menyegarkan kerongkonganmu. Ditambah es batu dan diminum segelas berdua sama dia, ah romantisnya. Tapi harus halal dulu, ya, gaes~

3. Kolak Biji Salak

Sumber: selerasa.com

Jangan salah sangka ya, gaes. Walaupun namanya kolak biji salak, tapi pembuatan kolaknya tidak memakai biji salak kok, melainkan ubi yang dikukus dan dihaluskan, lalu dibentuk bundar-bundar seperti biji salak.

4. Bumbur Sumsum

Sumber: keeprecipes.com

Bubur sumsum merupakan makanan tradisional Indonesia. Pembuatannya yang mudah dan bahan yang bisa didapatkan di mana-mana, cocok sekali untuk takjilmu.

5. Nasi Goreng

Sumber: resepkoki.id

Cukup dengan menggoreng nasi, tambahkan bumbu, saus serta kecap, akan membuat makananmu lebih bervariasi. Yups, itulah nasi goreng. Makanan praktis ini bisa kamu nikmati tanpa lauk, atau kalau kamu punya banyak tabungan, nasi goreng bisa dimakan dengan kerupuk, bakso, daging ayam goreng, sosis, maupun telur ceplok.

Baca Juga: 9 Menu Sahur Anak Kos Modal Rice Cooker

6. Sop Ayam

Sumber: ©Shutterstock

Di tengah wabah seperti ini, kita dianjurkan untuk memakan makanan bergizi. Sop ayam sangat direkomendasikan untukmu. Selain enak dan lezat, masakan ini juga dapat menyembuhkan sakit flu ringan. Kamu bisa menambahkan wortel atau beberapa sayuran supaya sopmu semakin mantap.

7. Sayur Bayam

Sumber: selerasa.com

Kamu yang tidak menyukai makanan penuh santan, bisa membuat sayur bayam. Apalagi kalau dimakan dengan tempe penyet, wah, dijamin keringatmu pasti bercucuran.

8. Sop Ceker

Sumber: resepkoki.id

Pencita ceker ayam tidak perlu khawatir dengan olahan yang itu-itu saja. Kamu bisa mengolah itu menjadi sop yang akan menjadi menu berbuka puasamu bersama keluarga.

9. Capcay Kuah

Sumber: cookpad.com

Punya banyak sayuran dan bingung mau dimasak apa? Kuy, buat capcay saja. Potong-potong sayuranmu, masukan ke panci, tambahkan air dan bumbu, lalu masak di api kompor. Nah, sambil nunggu sayuranmu mateng, kamu bisa tuh buka-buka hape untuk melihat oppa-oppa tamvan.

10. Opor Telur

Sumber: www.masakapahariini.com

Menu berbuka puasa yang gampang dibuat selanjutnya, yakni Opor Telur. Kandungan protein pada telur bagus untuk tetap menjaga kesehatanmu. Kamu juga bisa menambahkan kentang atau wortel ke dalamnya.

Baca Juga: 11 Amalan Bulan Ramadan yang Bisa Tetap Dilakukan Saat Terjadi Wabah

Selain sepuluh resep buka puasa sederhana itu, ada hal sederhana lain yang wajib kamu tahu. Sekarang, membaca buku sudah sangat praktis. Install aplikasi Cabaca di ponselmu dan temukan novel beragam genre dari penulis-penulis kece Indonesia. #BacaAjaDulu untuk menemani hari-hari gabutmu yang sedang #DiRumahAja. [Lisma]

Download semua novel Indonesia gratis di Cabaca!