10 Idol K-Pop Ini Pernah Menerbitkan Buku Lho!

10 Idol K-Pop Ini Pernah Menerbitkan Buku Lho!

10 Idol K-Pop Ini Pernah Menerbitkan Buku Lho! – Nggak cuma punya kemampuan nyanyi dan akting, ada beberapa idol K-pop yang juga ternyata suka menulis dan pernah menerbitkan buku. Berikut ini daftar nama idolnya.

Idol K-Pop yang Pernah Menerbitkan Buku

Mengeluarkan album adalah hal biasa bagi Idol K-Pop. Namun, sudahkah kamu tahu siapa saja Idol K-Pop yang menerbitkan buku? Apa belum? Berikut ini dijabarkan beberapa idol Korea yang pernah menulis.

1. BTS

Sumber: usbtsarmy.com

Sebagai pengikut Sekte-Pengagum-Bangtan, tahukah kamu kalau Big Hit Entertainment selaku agensi yang menangui BTS akhirnya merilis buku “The Notes”. Buku ini masih berkaitan dengan BTS Universe.

Setahun kemudian, tepatnya tahun 2020, mereka juga merilis graphic books series berisikan lirik lagu BTS seperti You Never Walk Alone, Save Me, House of Cards, Run, dan Butterfly.

2. BIGBANG

Sumber: goodreads.com

Pada tahun 2019, BIGBANG merilis buku “The Out to the World”. Buku ini berisi self-development dan autobiography perjalanan ke 5 member BIGBANG. Respons buku ini sangat bagus. Sampai terjual 400 ribu kopi!

3. Lee Hyori

Sumber: soompi.com

Lee Hyori merupakan mantan member girl group FIN.K.L, yang kemudian memutuskan untuk menjadi solois. Karena kecintaannya terhadap binatang, pada tahun 2012, dia merilis buku Closer: The Story of Hyori and Soon Shim. Buku ini berisi foto esai yang mengisahkan upayanya dalam melindungi dan mengadopsi hewan. Keuntungan dari buku ini disumbangkan untuk PETA.

4. Lay (EXO)

Sumber: inikpop.com

Personil EXO tidak mau kalah ini. Lay EXO ini ternyata pernah menerbitkan buku di tahun 2015. Judulnya Standing Firm at 24. Buku itu merupakan autobiography yang menceritakan kenangan masa trainee yang dia jalani hingga debut di Korea.

5. Tablo (Epik High)

Sumber: amazon.com

Tablo merupakan leader dari Epik High. Dia telah menulis dua buku. Keduanya ditulis dalam bahasa Inggris, yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Karya pertamanya berjudul Pieces of You terbit di tahun 2009. Buku ini berisikan kisahnya saat kuliah dulu. Karena buku ini, Tablo mendapatkan banyak pujian dan review positif dari komunitas baca.

Sedangkan karya keduanya berjudul Blonote diterbitkan tahun 2016. Buku ini menceritakan pengalamannya saat menjadi penyiar radio.

Baca Juga: Lagu Hasil Kolaborasi K-Pop Idol dengan Musisi Barat yang Lagi Tren!

6. Heechul (Super Junior)

Sumber: amazon.com

Buku Heechul berjudul My Ramen-Ful Life. Buku ini berisi dokumentasi foto-foto dirinya sangat menikmati ramen di Jepang. Buku ini berisi rekomendasi ramen terbaik di Jepang.

7. Onew, Key, dan Taemin (SHINee)

Sumber: offshawolindo.com

Bagi kamu yang suka travelling, buku ini sangat cocok untukmu. Ketiga personil SHINee berkolaborasi untuk menulis The Sun’s Children. Buku ini berisi pengalaman dan foto-foto mereka saat pergi ke Barcelona.

8. Jessica Jung

Sumber: goodreads.com

Selain sibuk berbisnis, mantan member SNSD ini menerbitkan buku dalam bahasa Inggris, judulnya Shine. Buku versi terjemahan bahasa Indonesia-nya juga sudah terbit. Ada yang sudah baca?

9. Hyoyeon SNSD

Sumber: gasookpopgalore.net

Salah satu member SNSD lainnya, yakni Hyoyeon pernah menerbitkan buku tema fashion style yang terbit pada tahun 2015. Hyo Style ini berisi tips berpakaian dan riasan ala Hyoyeon.

10. Lee Hongki (FT Island)

Sumber: pinterest.com

Main vokalis dari FT Island ini, sangat menyukai nail art atau seni lukis kuku. Dia menerbitkan buku berjudul Lee Hongki Nail Book pada tahun 2013.

Baca Juga: 10 Idol K-Pop yang Sudah Menikah

Bagi kamu para KPopers, jangan kalah sama bias, ya. Yuk, baca buku juga. Sekarang membaca tidak perlu sulit dan tidak perlu susah-susah ke toko buku. Cukup install  aplikasi Cabaca di Google play. Di sana, juga ada cerita fan fictions yang tokoh-tokohnya idolmu, loh. Install aplikasi Cabaca untuk baca novel berkualitas. [Lisma]

Aplikasi baca novel berkualitas di Indonesia
Platform baca novel digital di Indonesia


Suka novel genre lainnya? Cek daftarnya di sini:

  1. Novel Romance
  2. Novel Dewasa
  3. Novel Komedi
  4. Novel Horor
  5. Novel Teenlit
  6. Novel Islami
  7. Novel Thriller
  8. Novel Fantasy