10 Idol K-Pop Ini Pernah Menerbitkan Buku Lho! – Mengeluarkan album adalah hal biasa bagi Idol K-Pop. Namun, sudahkah kamu tahu siapa saja Idol K-Pop yang menerbitkan buku? Apa belum? Ya sudah, inilah idol yang pernah menulis buku.

Idol K-Pop yang Pernah Menulis Buku

1. BTS

sumber: usbtsarmy.com

Sebagai pengikut Sekte-Pengagum-Bangtan, tahukah kamu kalau Big Hit Entertainment selaku agensi yang menangani BTS akhirnya merilis buku The Notes. Buku ini masih berkaitan dengan BTS Universe.

Setahun kemudian, tepatnya tahun 2020, mereka juga merilis graphic books series berisikan lirik lagu BTS seperti: You Never Walk Alone, Save Me, House of Cards, Run, dan Butterfly.

2. BIGBANG

sumber: goodreads.com

Pada tahun 2019, BIGBANG merilis buku Shout Out To The World. Buku ini berisi self-development dan autobiography perjalanan kelima member BIGBANG. Respons buku ini sangat bagus dan sampai terjual 400.000 kopi.

3. Lee Hyori

sumber: soompi.com

Lee Hyori merupakan mantan member girl group FIN.K.L, yang kemudian memutuskan untuk menjadi solois. Karena kecintaannya terhadap binatang, pada tahun 2012, dia merilis buku Closer: The Story of Hyori and Soon Shim. Buku ini berisi foto esai yang mengisahkan upayanya dalam melindungi dan mengadopsi hewan. Keuntungan dari buku ini disumbangkan untuk “KARA” (Korea Animal Rights Advocates).


4. Lay (EXO)

sumber: detik.com

Personil EXO tidak mau kalah ini. Si Lay ini ternyata pernah menerbitkan buku di tahun 2015. Judulnya Standing Firm at 24. Buku itu merupakan autobiography yang menceritakan kenangan masa trainee yang dia jalani hingga debut di Korea.

5. Tablo (Epik High)

sumber: goodreads.com

Tablo merupakan leader dari Epik High. Dia telah menulis dua buku. Keduanya ditulis dalam bahasa Inggris, yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Karya pertamanya berjudul Pieces of You terbit di tahun 2009. Buku ini berisikan kisahnya saat kuliah dulu. Karena buku ini, Tablo mendapatkan banyak pujian dan review positif dari komunitas baca.

Sedangkan karya keduanya berjudul Blonote diterbitkan tahun 2016 dan sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia juga. Buku ini menceritakan pengalamannya saat menjadi penyiar radio.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lagu K-Pop untuk yang Bukan K-Popers

6. Heechul (Super Junior)

sumber: aminoapps.com

Buku Heechul berjudul My Ramen-Ful Life. Buku ini berisi dokumentasi foto-foto dirinya sangat menikmati ramen di Jepang. Buku ini berisi rekomendasi ramen terbaik di Jepang.

7. Onew, Key, dan Taemin (SHINee)

sumber: goodreads.com

Bagi kamu yang suka travelling, buku ini sangat cocok untukmu. Ketiga personel SHINee berkolaborasi untuk menulis The Sun’s Children. Buku ini berisi pengalaman dan foto-foto mereka saat pergi ke Barcelona.

8. Jessica Jung

sumber: goodreads.com

Selain sibuk berbisnis, mantan member SNSD ini menerbitkan buku dalam bahasa Inggris, judulnya Shine. Buku versi terjemahan bahasa Indonesia-nya juga sudah terbit lho!

9. Hyoyeon (SNSD)

sumber: www.soshified.com

Salah satu member SNSD lainnya, yakni Hyoyeon pernah menerbitkan buku tema fashion style yang terbit pada tahun 2015. Hyo Style ini berisi tips berpakaian dan riasan ala Hyoyeon.

10. Lee Hongki (FT Island)

sumber: yesasia.com

Main vocal dari FT Island ini, sangat menyukai nail art atau seni lukis kuku. Dia menerbitkan buku berjudul Lee Honggi Nail Book pada tahun 2013.

Baca Juga: 8 Idol K-Pop yang Hobi Baca, Wajib Tiru!

Bagi kamu para K-Popers, jangan kalah sama bias, ya. Yuk, baca buku juga. Sekarang membaca tidak perlu sulit dan tidak perlu susah-susah ke toko buku. Cukup install aplikasi Cabaca di Google Play. Di sana, juga ada cerita atau novel fanfiction yang tokoh-tokohnya idolmu, loh. Baca sekarang deh! [Lisma]

Baca novel Indonesia di Cabaca