10 Ide Journaling untuk Kesehatan Mental -  Journaling untuk kesehatan mental perlu dilakukan sebagai langkah termudah sekaligus self healing. Caranya adalah menulis hal-hal tertentu pada sebuah buku jurnal atau diary. Pada buku diary-mu, kamu bisa menuliskan banyak hal, seperti perkara apa yang membuat hatimu terasa sesak, apa kebencianmu, dan banyak lainnya.

Menulis journaling tidak melulu dalam narasi. Kamu dapat mengkombinasikannya dengan hal lain, seperti gambar, stiker, dan sebagainya. Berikut ide journaling yang bisa kamu lakukan.

1. Menulis Quotes

Sumber: www.smilingcolors.com

Quotes terbaik bukan berasal dari orang terkenal, tapi berasal dari dirimu. Pernah mendengar sebuah pepatah yang mengatakan kalau tidak ada orang lain yang bisa mengubahmu, selain dirimu sendiri? Maka dari situlah, untuk kesehatan mentalmu, kamu bisa menuliskan quotes yang berasal dari dirimu sendiri.  

2. Jawablah Pertanyaan

Am I Good Enough?
Photo by Hello I'm Nik 🎞 / Unsplash

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita sering mempertanyakan kehidupan. Kamu bisa menyiasati hal ini dengan menuliskan pertanyaan-pertanyaan itu, lalu letakkan pada suatu wadah. Bukalah satu demi satu pertanyaan itu secara berkala dan tuliskan jawabanmu.

3. Tuliskan Impianmu

Sumber: thefunnybeaver.com

Kamu juga bisa menuliskan impianmu untuk tetap menjaga kesehatan mental. Tuliskan sedetail mungkin tentang apa yang kamu inginkan, seperti menikah tahun depan, lulus kuliah  dengan nilai bagus, menerbitkan novel, travelling ke berbagai negara, dan lain sebagainya.

4. Tuliskan Event yang Paling Berkesan

Sumber: weheartit.com

Ada banyak event dalam kehidupan: kelulusan, pernikahan, berkumpul bersama teman, dan banyak lagi yang lainnya. Tuliskan apa yang paling berkesan untukmu di satu buku. Nanti ketika kamu merasa down, kamu bisa membuka catatan itu kembali dan akan menemukan kalau orang-orang di sekelilingmu, menyayangimu.

5. Tuliskan Kesulitanmu

Sumber: elizabethjournals.com

Hidup ini tidak sepenuhnya penuh hal membahagiakan. Akan ada hari baik dan hari buruk. Semuanya datang bergiliran. Namun, kita bisa menuliskan kesulitan-kesulitan itu supaya meringankan beban. Tuliskan semuanya sedetail mungkin. Boleh juga gunakan gambar-gambar atau doodle sebagai simbol. Kalau dalam journaling untuk kesehatan mental, biasanya disebut dengan mood tracker. Dengan begitu, ke depannya kamu bisa belajar dari sana. Mari berharap, akan ada banyak hari baik di kehidupan kita.

Baca Juga: 10 Lagu Korea yang Membuat Kita Peduli Kesehatan Mental

6. Solusi untuk Kesulitanmu

Tidak semua kesulitan memiliki jawaban yang mudah. Dari situlah, kamu bisa menuliskan di journaling tentang solusi-solusi permasalahanmu. Tuliskan sebanyak mungkin solusi yang terpikirkan. Lalu ketika pikiranmu sudah sepenuhnya dingin, pilihlah satu dari solusi terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah.

7. Ucapan Terima Kasih

Pretty Desktop
Photo by Gabrielle Henderson / Unsplash

Hal yang sering kita lupakan adalah mengucapkan terima kasih. Sekarang, kamu bisa menuliskan journaling yang berisi ucapan terima kasih, baik untuk diri sendiri, orang lain, maupun untuk hal-hal sepele yang kehidupan berikan. Sekilas ini memang sederhana, tapi apabila kamu lakukan secara berkala dan dalam waktu panjang, secara tidak langsung akan mempengaruhi pola pikir serta memberikan rasa bahagia.

8. Menuliskan Ide-Ide Menarik

Sumber: www.ewafebri.com

Kamu seorang pekerja seni atau pekerja kantoran atau pekerjaan lainnya yang membutuhkan ide-ide menarik dalam prosesnya? Kamu bisa menuliskan ide-ide yang terlintas di pikiranmu sebelum mengungkapkan semuanya kepada orang lain. Tuliskan ide-idemu sebanyak mungkin dan jangan takutkan apa pun karena journaling itu adalah milikmu.

9. Kapsul Waktu

Sumber: HGTV.com

Kamu bisa menuliskan segala hal yang terjadi sekarang di secarik kertas. Lalu menaruhnya di kapsul waktu. Bukalah 20 tahun ke depan. Kamu akan menemukan hal menarik dari sana.

10. Jurnal Perjalanan

Sumber: pringo.com.au

Suka melakukan perjalanan ke suatu tempat? Kamu bisa menuliskan betapa indahnya tempat itu dan apa yang tidak kamu temui di tempat lain. Tuliskan sedetail mungkin. Tambahkan pula foto atau hal-hal yang berkaitan dengan perjalananmu, misalnya nota tempat makan, tiket kereta atau pesawat, dan sejenisnya.

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kesehatan Mental yang Paling Mudah

Itulah 10 ide journaling untuk kesehatan mentalmu. Semoga bermanfaat! Nah, kalau kamu merasa bahwa kesehatan mental juga penting untuk dibagikan dalam bentuk novel, yuk ikutan lomba menulis novel 2020 "Kontes Unbreakable Me" dengan TOTAL HADIAH Rp10 juta dari Cabaca.id yang berkolaborasi dengan Ibunda.id. Jangan lupa, install Cabaca dulu di gawaimu dan baca juga novel genre dari penulis-penulis Indonesia secara GRATIS! [Lisma]

Lomba Menulis Novel 2020 total hadiah Rp10 juta!