10 Film Tentang Guru yang Inspiratif - Sebagai seorang pahlawan tanpa tanda jasa, banyak sekali hal yang dilakukan guru untuk murid-muridnya. Seperti yang ada di film tentang guru ini. Yuk, simak 10 rekomendasi film tentang guru dalam rangka Hari Guru Nasional berikut.

1. Hichki (2018)

Sumber: m.imdb.com

Film ini menceritakan Naina Mathur (Rani Mukherjee) yang ingin menjadi guru, tapi sekolah-sekolah yang dilamarnya, menolaknya dengan alasan Naina tidak pantas menjadi guru. Hal itu dikarenakan penyakit cegukan yang dideritanya sejak kecil.

Hingga pada suatu hari, Naina diterima di sekolah bernama St. Noker’s. Dia ditempatkan di kelas dengan murid-murid susah diatur dan berasal dari ekonomi lemah. Di sinilah, kesabaran dan ketekunan Naina diuji. Dia berjanji kepada diri sendiri akan membuat murid-muridnya berprestasi.

2. Teacher's Diary (2014)

Sumber: m.imdb.com

Ada yang sudah pernah nonton film asal Thailand ini? Film Teacher's Diary berkisah tentang perjuangan dua orang guru di daerah terpencil untuk mendidik anak nelayan. Tidak hanya inspiratif, film ini juga dibumbui dengan komedi romantis yang menghibur untuk ditonton saat Hari Guru Nasional.

3. Sokola Rimba (2013)

Sumber: rumahinspirasi.com

Film tentang pendidikan ini mengisahkan perjuangan Butet Manurung (Prisia Nasution) dalam mengajar di pedalaman. Banyak sekali rintangan yang harus dihadapi, semisal: fasilitas yang kurang memadai, kurangnya minat peserta didik dan pandangan orang tua yang menganggap pendidikan tidak lebih penting dibanding bekerja.

Baca Juga: 7 Novel Tere Liye Terbaru yang Wajib Dibaca

4. Freedom Writers (2007)

Sumber: amazon.com

Film yang akan membuat air matamu menetes ini, diambil dari kisah nyata seorang guru di New Port Beach, Amerika Serikat, bernama Erin Gruwell (Hillary Swank). Diceritakan Erin mendapatkan pekerjaan baru di Woodrow Wilson High School. Dia ditempatkan di kelas yang berisi anak-anak rasis. Namun, karena kesabaran dan tekad Erin, dia berhasil mengambil hati murid-muridnya. Bersama mereka menjadi orang lebih baik, berbahagia dan berprestasi.

5. Taara Zameen Par (2007)

Sumber: m.imdb.com

Cerita pada film ini berpusat kepada Shankar Nikumbh (Aamir Khan) dan seorang murid bernama Ishaan. Dikisahkan bahwa Ishaan dianggap idiot dan nakal. Ishaan memiliki disleksia yang dideritanya sejak kecil.

Sebagai guru dan orang yang pernah mengalami kesulitan dalam menulis dan membaca seperti Ishaan, Shankar berusaha keras untuk melakukan pendekatan kepadanya. Dia juga mulai menanamkan perasaan percaya diri dan akhirnya muncullah bakat Ishaan sebenarnya, yakni dalam bidang seni.

6. Half Nelson (2006)

Sumber: halfnelsonthefilm.com

Guru tetaplah seorang manusia. Kehidupannya tidak selalu indah dan bahagia. Begitu pulalah kehidupan Dan Dunne (Ryan Gosling). Walaupun di sekolah dia sangat disukai murid-muridnya karena sangat kreatif dan mampu mengajak semua siswanya untuk terlibat dalam proses belajar mengajar, dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali masalah yang harus dihadapi Dan.

Film ini mengantarkan Ryan Gosling memenangkan piala Oscar pertamanya.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Film Love For Sale 2 dengan yang Pertama

7. Coach Carter (2005)

Sumber: en.wikipedia.org

Kedisiplinan dan tanggung jawab merupakan dua hal yang ditekankan film ini. Diceritakan Coach Carter (Samuel L. Jackson) meminta kepada murid-muridnya untuk belajar dan mendapatkan nilai bagus. Jika dua hal ini tidak terpenuhi, Carter tidak akan melatih permainan basket mereka.

8. The Emperor’s Club (2002)

Sumber: m.imdb.com

Pada suatu hari Wilillam Hundert (Kevin Kline) yang merupakan seorang pensiunan guru, mendapat undangan reuni. Di sana, dia hadir sebagai tamu kehormatan. Acara reuni tersebut membangkitkan kenangan di masa lalu saat dirinya masih menjadi guru di Saint Bennedict Academy.

Dia mengingat kembali bagaimana perjuangannya dalam menyatukan tiga murid terbaik untuk mengikuti lomba cerdas cermat. Kebetulannya, ketiga murid itu memiliki sifat bertolak belakang.

9. Dangerous Minds (1995)

Sumber: en.wikipedia.org

Pernah membayangkan gak, mantan marinir bakal kayak apa kalau ngajar di kelas? Nah, film yang dibintangi oleh Michelle Pfeiffer bercerita tentang LouAnne Johnson, yang diterima mengajar di sebuah sekolah menengah. Ternyata, siswanya dominan berasal dari keluarga kurang mampu, rasis, dan kerap terlibat dalam perang geng dan narkoba. Mampukah LouAnne menaklukkan mereka dan mengajar mereka dengan baik?

10. Dead Poet's Society (1989)

Sumber: en.wikipedia.org

Salah satu film jadul ini dikenal dengan pesan dan maknanya. Diperankan oleh Robin Williams, film ini berkisah tentang guru Sastra Inggris yang punya cara 'berbeda' dalam mengajar. Ia membawa perubahan positif bagi siswa-siswanya yang merasa terkekang dengan peraturan sekolah. Alhasil, semua siswa jadi selalu antusias mengikuti pelajarannya. Karena keunikan ceritanya, film garapan Peter Weir ini pernah menyabet satu piala Oscar pada 1990.

Baca Juga: 6 Cerita Tentang Kesehatan Ini Bikin Kita Jadi Bersyukur

Itulah sepuluh  film tentang guru yang menginspirasi. Apakah kalian juga memiliki kisah serupa?  Apabila kalian lebih suka baca novel ketimbang nonton film, berarti kalian harus coba aplikasi Cabaca. Bisa diunduh gratis lho di Play Store! Gimana caranya baca novel gratis? Nih, cari tahu mendapatkan kerang gratis.

Pakai aplikasi Cabaca untuk baca novel Indonesia sekarang!