10 Fakta Menarik Tentang Buku yang Wajib Diketahui Kutu Buku! - Sebagai kutu buku, kamu tahu kan kapan hari buku sedunia diperingati? Yups, betul sekali. Setiap tanggal 23 April. Tapi sebagai kutu buku, apakah kamu tahu juga fakta menarik tentang buku? Apa? Tidak tahu. Baiklah, berikut merupakan 10 fakta menarik tentang buku.

1. Karya Sastra yang Pertama

Sumber: en.wikipedia.org

Fakta unik tentang buku yang pertama adalah karya sastra pertama di dunia. Secara umum, karya sastra dibedakan menjadi dua, yakni: fiksi (prosa, puisi dan drama) serta nonfiksi (biografi, autobiografi, esai, serta kritik sastra).

Usut punya usut, eh menurut Wikipedia, karya sastra pertama berjudul Epic of Gilgamesh. Cerita ini merupakan rangkaian legenda dan puisi Sumeria tentang raja Uruk dan pahlawan mistis Gilgamesh, yang dianggap sebagai penguasa pada millennium ketiga SM.

2. Buku Terbitan Pertama

Sumber: en.wikipedia.org

Alkisah, pada tahun 1453, Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg mencetak buku yang berjudul Gutenberg Bible. Konon juga, Gutenberg tidak hanya mencetak, tapi dia juga menciptakan mesin cetak sendiri.

3. Novel Modern Pertama

Sumber: www.tuttlepublishing.com

Sebagai penulis novel, sudahkah kalian tahu novel modern pertama di dunia? Novel itu berjudul The Tale of Genji. Ditulis oleh wanita Jepang bernama Murasaki Shikibu.

Baca Juga: 7 Novel Pramoedya Ananta Toer yang Harus Dibaca Selain Bumi Manusia

4. Buku Pertama yang Diketik di Mesin Tik

Sumber: goodreads.com

Bertahun-tahun yang lalu, ketika kecanggihan teknologi masih belum ada, seluruh orangnya menulis di mesin tik. Dan orang yang mengawalinya bernama Mark Twain’s. Buku terkenalnya yang berjudul The Adventures of Tom Sawyer, disebut sebagai buku pertama diketik di mesin tik.

5. Banyaknya Buku di Dunia

Sumber: grid.id

Setiap bulannya, buku-buku baru dicetak. Dari segmen untuk anak-anak, dewasa, sampai penggemar karya klasik. Namun, sudah tahukah kalian berapa banyaknya buku di dunia ini?

Tidak ada yang tahu pasti jumlah tepatnya. Menurut penelitian, setiap tahunnya terbit buku baru sebanyak 755.755 di seluruh dunia.

6. Buku Terbitan Terbesar

Sumber: https://me.me

Buku terbitan terbesar yang pernah diterbitkan secara konvesional merupakan salinan buku The Little Prince, yang ditulis oleh Antoine de Saint. Edisi besar ini berukuran lebar 3,08 meter dan tingginya 2,01 meter.

Baca Juga: 6 Fakta Tentang Novel Bumi Manusia yang Harus Kamu Ketahui

7. Buku Terbesar yang Pernah Ada

Sumber: commons.wikimedia.org

Buku terbesar yang pernah ada terletak di Manday, Myanmar, di Pagoda Kuthodaw. Buku itu merupakan koleksi terlengkap dari Buddhisme Theravada.

8. Buku Terbesar yang Terbuat dari Kertas

Sumber: Onislam.net

Buku terbesar yang terbuat dari kertas berada di Dubai, United Arab Emirates. Buku ini berisi tentang sirah atau sejarah kehidupan Nabi Muhammad saw.

Buku yang berjudul This is Muhammad, mempunyai berat sekitar 1.500 kilogram, dengan panjang lima meter dan lebar empat meter. Sedangkan halamannya sebanyak 420.

9. Novel Terpanjang di Dunia

Sumber: www.raptisrarebooks.com

Novel terpanjang di dunia tersusun dari 9.609.000 karakter. Novel tersebut adalah karya Marcel Proust, yang berjudul Remembrance of Things Past.

10. Buku Audio Terpanjang

Sumber: discogs.com

Rekor audio buku terpanjang dipegang oleh seniman Jepang bernama Takaaki Yoshimoto. Isi keseluruhan dari buku ini membahas tentang buah pikirannya. Taaki Yoshimoto merupakan filsuf, penyair sekaligus kritikus sastra. Total durasi audio bukunya sekitar 115 jam, 43 menit.

Baca Juga: Menelisik Buku Favorit Pertama BJ Habibie

Nah, setelah mengetahui fakta unik tentang buku, maukah kamu mengetahui satu hal lainnya? Sekarang baca buku tidak perlu repot lagi. Langsung bisa dibaca dari ponsel. Install aplikasi Cabaca di Play Store dan baca novel gratis dengan beragam genre! Kalau ingin kirim naskah ke Cabaca, juga bisa. Siapa tahu bisa jadi penulis resmi Cabaca dan punya penghasilan sendiri. yuk, buka Cabaca.id dan baca novel Indonesia gratis pada jam baca nasional.  [Lisma]

Download yuk aplikasi Cabaca di HP kamu!