10 Cara Mengatasi Overthinking yang Patut Dicoba – Pernah mendengar istilah overthinking? Jadi, sebenarnya makhluk seperti apakah overthinking itu? Apakah dia punya lidah panjang terus mengoyak tubuhmu? Ataukah dia monster protein yang menghantammu sekali pukulan? Mungkinkah dia si monster kepala miring yang selalu berkata tidak bisa melihat? Ini bukan adegan dalam serial thriller Sweet Home.

Apabila dijelaskan lebih sederhana, overthinking adalah memikirkan sesuatu secara berlebihan. Di satu sisi, memikirkan segala sesuatunya secara mendalam, bisa membuatmu mengantisipasi akibat yang akan ditimbulkan. Namun, di sisi lain, overthinking dapat merugikan.

Untuk kondisi ringan, overthinking barangkali akan membuat kehidupan terganggu dan menghambat kemajuan dalam hal yang sedang dijalani. Untuk kondisi berat, overthinking membuat penderitanya stres bahkan mengalami gangguan kecemasan. Kan kalau begitu tidak asyik. Kehidupan akan terasa begitu berat.

Photo by Bernard / Unsplash

Berikut merupakan cara mengatasi overthinking.

1. Berpasrah Diri

Salah satu penyebab overthinking adalah kita terlalu mengharapkan segala sesuatunya seperti yang kita inginkan. Padahal dunia tidak hanya berfokus kepada kita seorang. Kamu cukup berusaha semaksimal mungkin dan berpasrah saja.

2. Selesaikan Pekerjaan yang Mudah Terlebih Dahulu

Kenapa harus menyelesaikan yang mudah terlebih dahulu? Itu supaya kita masih mempunyai tenaga ketika menyelesaikan pekerjaan berat. Coba saja bayangkan apabila kebalikannya, belum apa-apa, kita pasti lelah duluan.

3. Pasang Target

Setiap manusia memiliki keterbatasan. Maka dari sanalah, tidak perlu mengambil segala kesempatan. Kamu harus mampu mengatur kapasitas dan waktumu.

4. Olahraga atau Lakukan Hobi dengan Rutin

Dengan olahraga atau melakukan hobi dengan rutin, pikiranmu jadi sedikit jernih dan perhatianmu jadi teralihkan pada hal-hal yang positif.

5. Meditasi

Meditasi bisa menjadi cara mengatasi overthinking sebelum tidur. Lepaskan beban pikiranmu dan tariklah napas panjang.

Zen
Photo by JD Mason / Unsplash

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kesehatan Mental yang Paling Mudah

6. Puji Diri Sendiri

Memuji diri sendiri barangkali lebih susah daripada memuji orang lain. Jadi, mulai sekarang belajarlah untuk memuji diri sendiri sekalipun awalnya mungkin sulit.

7. Fokus pada Solusi

Masalah akan ada setiap waktu. Maka dari itu, kamu harus menekankan diri sendiri, alih-alih berfokus kepada masalah dan meratapinya, mulailah pola pikir dengan menemukan solusi yang terbaik.

8. Bertemanlah dengan Rasa Takut

Terkadang segala hal yang ada dalam dunia ini adalah dampak dari rasa takut sendiri. Dari itu, bertemanlah dengan rasa takut karena takut dan berani ada dalam hati kita masing-masing. Terserah kita akan memenangkan yang mana.

9. Minta Bantuan

Apabila masalahmu teramat berat, mintalah bantuan seseorang. Meminta bantuan bukan berarti kamu lemah, melainkan meringankan beban hati. Dengan bercerita, masalahmu akan berkurang.

10. Bantulah Orang Terdekat

Kamu bisa membantu orang terdekat yang juga tertimpa masalah. Dengan demikian, kamu akan merasa bahkan kamu tidak sendirian di dunia ini.

Baca Juga:10 Ide Journaling untuk Kesehatan Mental

Bagaimana? Apakah sudah mencoba salah satunya? Seperti kata pepatah, life goes on. Hidup terus berjalan. Mari belajar untuk menjadi orang lebih selow lagi. Apabila tekanan mulai datang, tinggalkan sejenak dengan melakukan hal-hal menyenangkan, seperti membaca novel.

Sekarang membaca novel tidak perlu susah lagi. Kamu cukup install aplikasi Cabaca di Google Play. Setiap harinya Cabaca memberikan novel-novel keren dari penulis resminya. Mau jadi penulis resmi Cabaca juga? Cari tahu cara kirim naskah ke Cabaca.id dulu ya. [Lisma]