10 Cara Menata Buku Tanpa Rak Bagi kutu buku, buku adalah surga dunia. Seringnya dari mereka mengibaratkan buku seperti anak yang perlu dijaga, dibelai, disingkirkan dari debu, dan diletakkan baik-baik dalam rak.

Namun, rak selalu memakan tempat dan mengosongkan dompet alias membutuhkan biaya tak sedikit. Untuk itulah berikut dibagikan berbagai cara menyimpan buku tanpa rak.

1. Letakkan di atas meja

Cara menata buku tanpa rak paling efektif adalah meletakkannya di meja. Dengan mencari meja khusus, kamu bisa menyusun buku sebanyak apa pun. Kamu bisa meletakkannya begitu saja atau menambahkan hiasan, seperti vas, atau lain sebagainya.

2. Tumpuk buku di bawah meja

Kalau kamu tidak memiliki meja kosong lagi, kamu bisa menumpuk koleksi bukumu di bawah meja. Tapi pastikan rumahmu tidak rawan banjir, ya. Kalau rawan banjir bisa berabeh. Kamu akan kebingungan ngangkutin buku-buku itu.

3.  Susun buku di dekat jendela

Kamu bisa meletakan buku-bukumu di dekat jendela. Dengan pencahayaan yang banyak, waktu membacamu terasa menyenangkan serta kamarmu jadi sedap dipandang.

4. Tumpuk buku di samping kursi tempat kamu membaca

Apabila kamu mempunyai kursi favorit untuk membaca, kamu bisa meletakkan bukumu di sana. Dengan demikian, kamu tidak perlu beranjak dan tidak perlu susah-susah mencari ke mana buku yang kamu inginkan.

5. Di samping tempat tidur

Kamu membaca sebelum tidur? Nah, kamu bisa menyusun bukumu di samping tempat tidur. Tetap jaga bukumu ya, supaya bersih, rapi, serta tidak berjamur.

Baca Juga: 7 Perpustakaan Terkeren di Dunia

6. Simpan buku di perapian

Gunakan perapian yang tidak dipakai, ya. Buku bukan untuk dibakar, melainkan dibaca. Bentuk perapian yang cenderung persegi, akan membuat penampilan rumahmu tampak indah dipandang.

7. Buku di skateboard

Kalau kamu menyukai olahraga, khususnya skateboard, kamu bisa menghemat ruang dengan menumpuk buku di atas skateboard. Tumpuk seperlunya saja, ya. Dengan cara ini kamu bisa memindahkan buku-bukumu dengan mudah.

8. Tumpuk saja di lantai

Kamu pencinta buku akut dan ruanganmu tidak memungkinkan untuk membeli rak buku lagi? Kamu tidak perlu khawatir. Kamu cukup menumpuk buku-bukumu sampai tinggi. Letakan berjejer supaya terlihat sedap dipandang mata. Pastikan keseimbangannya juga, karena tidak lucu kalau bukumu tiba-tiba roboh. Itu akan membuat rumahmu menjadi tidak beraturan. Kamu pun akan kesulitan membereskannya.

9. Taruh buku di ruang kosong lemari

Jika kamu mempunyai ruang kosong di lemari, kamu bisa menaruh bukumu di sana. Sesekali keluarkan bukumu untuk menghangatkannya di ruang terbuka. Pastikan juga membersihkannya secara berkala.

10. Tumpuk buku di mana saja

Satu lagi cara yang asyik untuk menyimpan buku, yakni dengan menumpuk bukumu di ruang kosong rumah. Apa pun itu. Kamu pasti bisa memperkirakannya serta menempatkannya sendiri sesuai selera.

Baca Juga: 10 Akun TikTok yang Wajib Difollow Kutu Buku

Kini, ada satu cara asyik membaca dan download buku gratis, yakni dengan membaca di aplikasi Cabaca. Cara pemakaiannya pun cukup mudah. Kamu cukup download di Google Play, lalu buat akun. Dapatkan juga kerang gratis dengan melakukan Misi Kerang atau baca novel sepuasnya di Jam Baca Nasianal alias Happy Hoursnya Cabaca tiap pukul 21.00 hingga 22.00 WIB. Tak perlu cari link download pdf novel ilegal kan? [Lisma]