10 Booktube Indonesia yang Menarik untuk Di-subscribe - Di "universitas" bernama YouTube, ada banyak sekali jurusan yang bisa kita pilih. Ada prank, cover lagu, belajar aplikasi dan masih banyak lainnya. Salah satunya yang menarik untuk di-subscribe adalah akun booktube Indonesia.

Pengertian BookTube

Eh tapi Cabucin udah tau belum BookTube itu apa? BookTube adalah sub kumpulan yang fokus pada buku dari komunitas YouTube. Komunitas BookTube hingga saat ini sudah menjangkau ratusan ribu penonton di seluruh dunia.

Biasanya di channel YouTube, Booktuber Indonesia akan membahas seputar buku yang sedang dibacanya.

10 Booktube Indonesia Terbaik

Berikut adalah 10 booktube Indonesia yang menarik untuk sobat cabucin ikuti, nih!

1. iPus Channel Banin SN

Cewek yang satu ini hobi banget ngebahas beberapa judul yang dibacanya di platform online. Di kanal YouTubenya, iPus juga suka ngasih tips dan materi kepenulisan lho. Gimana? Tertarik nggak buat subscribe cewek cantik ini?

2. Sophia Mega

Sophie Mega sering mengulas buku di channel Youtube-nya. Beragam genre sudah pernah dia ulas, mulai dari feminisme, self-help, biografi bahkan bisnis. Sophia Mega juga tidak melulu membahas buku baru, tapi buku-buku lama yang bagus dan direkomendasikan untuk dibaca, seperti Sang Alkemis karya Paulo Coelho.

3. Kanaya Sophia

Selain menjadi Booktuber, Kanaya Sophia juga menjadi bookstagram, dengan akun @possessivereader.

Dalam mengulas buku yang dibacanya, Kanaya Sophia tidak melulu bercerita tentang sampul, alur cerita, tokoh, karakter suatu buku dan hal lainnya, tapi Kanaya membedah hal lain yang terdapat di buku itu, seperti menganalisis isi buku, maknanya serta pesan moral yang ada.

4. Bookism Gia

Kamu pasti tidak akan merasa bosan dengan menonton video ulasan dari Gia ini. Pasalnya, Gia menyajikan ulasannya dengan cara berbeda, yakni dikemas dalam bentuk komedi. Gimana? Tertarik untuk melihat-lihat video Gia? Kuy, langsung meluncur ke YouTube dan subscribe.

5. Retri (The Book Elites)

Di kanal YouTube Retri, kamu bisa melihat banyak hal seputar buku, semisal cara mengulasnya, challenge, rekomendasi top ten, bahkan book shelf tour, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: 8 Film Tentang Kehidupan Penulis yang Menginspirasi

6. Dhyn Hanarun

Dhyn Hanarun sering mengajak penontonnya ke toko buku atau tempat-tempat unik yang cocok untuk pencinta buku. Di sini, kamu bisa melihat tempat favorit Dhyn Hanarun dalam menghabiskan waktunya. Dia juga merekomendasikan buku-buku keren untuk penontonnya.

7. Uchu Hyung

Terkadang menonton ulasan buku saja, akan terasa membosankan. Kamu bisa berkunjung ke akun Uchu Hyung. Di sini kamu akan bisa menemukan pembahasan mengenai platform menulis online, cara baca novel online gratis, sampai menikmati musikalisasi puisi juga lho!

Baca Juga: Tips Menjadi Booktuber dan Raih Cuannya

8. Indah Nurbaeti

Salah satu keunikan yang dimiliki Indah Nurbaeti adalah memiliki tutur lembut dan tenang sehingga enak didengar. Kamu bisa melihat ulasan dan rekomendasi buku yang bisa kamu jadikan rujukan.  Nggak cuma itu, Indah juga sering berbagi tips mulai dari menyampul buku hingga membersihkan rak buku.

9. Si Kutu Buku

Kamu tidak punya banyak waktu untuk baca semua buku yang lagi dibicarakan banyak orang? Jika iya, meluncurlah ke akun ini. Di sini kita bisa menemukan banyak ulasan buku yang disampaikan dengan kemasan menarik, yakni dengan video animasi.

Selain ulasan buku, ada banyak kisah inspiratif yang dibagikan juga di channel YouTube Si Kutu Buku.

10. Esti Maryanti Ipaenim

Suka sekali dengan ulasan buku yang disampaikan oleh Esti lewat kanal YouTube-nya Esti Maryanti Ipaenim. Selalu ada insight berbeda saat mengulas buku. Ada juga tips yang dibagikan yang bisa kita aplikasikan, misalnya tips bikin anak gemar membaca, tips mendongeng, dan seterusnya.

Baca Juga: 5 Buku Tentang Tips Menulis yang Wajib Dibaca

Jika tertarik di dunia Booktube Indonesia, tentu sekarang membaca buku sekarang tidak perlu susah lagi. Cukup install Cabaca dan dapatkan bacaan yang akan di-update setiap hari. Ada banyak novel Indonesia terbaru dari penulis baru. Kamu bisa memilih buku apa pun di sini. Baca sepuasnya gratis melalui aplikasi Cabaca. [Lisma]