13 Usaha untuk Mahasiswa Menambah Uang Jajan

13 Usaha untuk Mahasiswa Menambah Uang-Apa kamu mahasiswa yang  ingin memiliki penghasilan tambahan? Jika iya, maka kamu berkunjung di artikel yang tepat.

Ada beberapa cara  yang bisa kamu lakukan untuk mendapat  penghasilan tambahan loh! Bahkan cara-cara ini juga tidak sulit kamu lakukan.

13 Usaha untuk Mahasiswa Menambah Uang

Berikut ini adalah beberapa usaha untuk mahasiswa agar mendapatkan penghasilan tambahan!

1.   Preloved

Apakah itu bisnis preloved? Preloved adalah usaha jual beli barang bekas yang masih mempunyai nilai jual. Bisnis ini memiliki prospek bagus karena harganya terjangkau.

Namun, dalam menjalankan preloved, kamu tetap harus menjujung kualitas barang, ya. Supaya cepat berkembang, kamu bisa mempromosikannya ke sosial media atau bekerja sama dengan teman satu kampus.

2.   Freelance Writer

Ini nih usaha bagi mahasiswa yang tidak punya modal. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menulis. Kamu hanya perlu kemampuan menulis, kreativitas, imajinasi, konsisten dan disiplin, untuk bisa mendapatkan uang dari pekerjaan ini.

Ada banyak sekali cabang dari kepenulisan, salah satunya yaitu menjadi penulis Cabaca. Apa sih Cabaca itu? Cabaca merupakan aplikasi novel yang seluruh prosesnya melibatkan orang-orang Indonesia.

Sudah ada ribuan novel keren di Cabaca. Setiap bulannya pun, penulis juga bisa mencairkan pembagian komisi berdasarkan prestasi pembelian babnya.

3.   Fotografi

Memulai bisnis untuk mahasiswa dalam bidang fotografi mempunyai peluang bisnis yang besar. Kamu bisa menjadi freelance dan menjalankannya ketika tidak ada kegiatan. Kamu dapat menjadi fotografer pernikahan, wisuda, ataupun pembuatan foto produk. Selain kamera, hal yang harus kamu punyai adalah laptop untuk editing.

4.   Bisnis Pulsa Elektrik

Pulsa merupakan biaya utama dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Segala aspek kehidupan banyak yang menggunakannya. Kamu bisa menjadikan ladang ini sebagai bisnis sembari berkuliah. Keuntungannya memang sedikit, tapi kalau dikumpulkan bisa banyak juga. Seperti apa yang pepatah katakan: sedikit demi sedikit, lama-kelamaan bisa menjadi bukit.

5.   Jasa Penerjemah

Kalau kamu punya kemampuan dalam menerjemahkan bahasa, kamu bisa menjadi penerjemah. Bergabunglah dengan komunitas penerjemah maupun penulis. Bangun jejaring sebanyak mungkin, sampai namamu dikenal. Kalau sudah mendapatkan pekerjaan, lakukan dengan sebaik-baiknya, ya. Perhatikan juga batas kemampuanmu.

6.   Bisnis Snack Unik

Usaha sampingan mahasiswa yang bisa kamu coba adalah bisnis snack. Jangan takut untuk berkreasi supaya pembeli jadi bertanya-tanya, makanan apakah itu? Apakah rasanya enak? Binis ini mempunyai modal yang terbilang tidak besar. Kamu bisa menjual keripik kentang, macaronim, cookies, atau apa pun yang bisa kamu kuasai.

Baca juga: 15 Aplikasi Mencari Lowongan Kerja Gratis

7.   Shoes Cleaner

Shoes Cleaner merupakan usaha yang bergerak di pembersihan sepatu. Biasanya jasa ini sering dicari oleh mereka-mereka yang tidak sempat mencuci sepatu sendiri ataupun seseorang yang mempunyai sepatu mahal, sehingga mempunyai perawatan berbeda dan tidak boleh asal cuci.

8.   Jasa Titip

Bisnis online untuk mahasiswa yang dapat kamu lakukan sembari berkuliah yakni jasa titip atau jastip. Cara kerjanya adalah menawarkan produk kepada mereka yang ingin membeli suatu produk, tapi tidak bisa pergi ke tempat tersebut. Namun, kamu perlu ingat, jangan ambil keuntungan terlalu banyak, ya, supaya pembeli sering titip ke kamu.

9.   Les Privat

Banyak kok sekarang ibu-ibu yang mencari mahasiswa untuk mengajari anak-anaknya. Les privat bayarannya juga cukup besar serta fleksibel. Apalagi kalau kamu berprestasi, pasti cepat banget mendapatkan kustomer.

10.   Pemandu Wisata

Jika tempat kuliahmu dekat dengan banyak akses wisata, kamu bisa membuka usaha sebagai pemandu wisata. Pasarkan produkmu di sosial media atau kamu bisa melakukan promosi dari mulut ke mulut. Dalam menjalankan bisnis ini, kamu harus pandai bicara dan tidak malu-malu.

11.   Bisnis Jasa Pembuatan Website

Mahasiswa IT nih. Daripada hidupmu kalau malah hari bergadang tidak jelas, lebih baik digunakan untuk membuat bisnis jasa pembuatan website. Zaman digitalisasi seperti ini, website sangat dinikmati. Hampir seluruh sektor memerlukannya.

12.   Desain Grafis

Kalau kamu punya kemampuan mendesain, kamu harus membuka bisnis desain grafis. Kamu bisa membuat desain kaos, flyer, poster, dan sebagainya. Desain grafis biasanya juga kerap dengan percetakan. Sembari berjalan, usahakan pelan-pelan, ya.

13.   Online Shop

Online Shop sekarang ini sangat diminati. Kamu hanya perlu fokus kepada satu hal atau beberapa barang yang ingin kamu jual. Lalu pasarkan dalam marketplace. Cus, tunggu pembeli datang sendiri. Kalau enggak datang-datang, datangi pembelinya, eh, bercanda gaes. Promosinya yang gencar. Ingat, segala hal perlu perjuangan. Tidak ada yang instan di dunia ini.

Baca juga: 18 Hobi yang Bisa Jadi Peluang Bisnis, Pasti Cuan!

Itulah beberapa usaha untuk mahasiswa menaambah uang jajan. Kira-kira usaha mana nih yang mau kamu jalanin? Oh iya, kalau kamu tertarik dalam dunia kepenulisan  novel, kamu bisa menerbitkan novelmu di Cabaca loh! Yuk dapatkan royalti pertamamu!