10 Tips Makan Hemat dan Murah Untuk Anak Kos

Tips Makan Hemat dan Murah Untuk Anak Kos-Sulitkah menjadi anak kos itu? Berada di lingkungan baru dan jauh dari orang tua memang tidak mudah, tapi demi menuntut ilmu atau hal baik lainnya, mau tidak mau kamu harus belajar hidup sendiri.

Akan ada banyak sekali permasalahan yang dirasakan anak kos, paling utama adalah perihal makan. Kalau kamu masuk dalam kalangan berduit, barangkali hal ini tidak terlalu menyulitnya. Namun, untuk kamu yang menengah ke bawah dan bekerja sendirian, hal tersebut pasti akan sangat terasa.

Tips Makan Hemat dan Murah Untuk Anak Kos

Tidak perlu bersedih hati, berikut adalah beberapa tips makan murah yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Memasak Sendiri

Beautynesia

Apa pun jenis makannya, terkadang memasak sendiri memang yang paling hemat. Maka dari itulah, sebelum berangkat kos, jauh-jauh hari usahakan belajar memasak. Kamu bisa mencoba latihan memasak dengan membeli buku resep, menonton TV atau minta diajari ibumu.

2.  Minum Air Putih

Tempo.com

Untuk menghemat pengeluaran bulananmu, kamu bisa mengantisipasinya dengan minum banyak air putih, daripada minuman yang beli diluar. Kenapa harus air putih? Karena selain murah, air putih juga cocok untuk kesehatan ginjal. Meski begitu, tetap makan juga loh ya! Jangan hanya minum.

3.   Buat Perincian Khusus

Muslim.or.id

Tips makan hemat untuk anak kos yang bisa kamu praktekan adalah dengan membuat perincian. Kenapa harus membuat perincian makanan? Karena dengan membuat daftar pengeluaran, kamu tidak akan kalap dan kamu bisa memperhitungkan berapa banyak jumlah uang yang harus kamu keluarkan setiap bulannya.

Baca juga: 15 Barang yang Wajib Dimiliki Anak Kost, Calon Mahasiswa Baru Harus Tahu!

4.  Masak nasi putih sendiri

Usahakan kamu bisa masak nasi putih sendiri. Harga nasi putih harganya bisa sekitar Rp 4.000 hingga Rp 6.000. Dan umumnya, kamu perlu makan tiga hari sekali. Coba hitung, berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan? Maka dari itulah, lebih baik kamu membeli penanak nasi sekaligus beras untuk memasak sendiri. Karena dengan memasak nasi putih dapat mengurangi pengeluaran.

5.  Kurangi Makan Daging

KlikDokter

Makan daging memang enak. Namun, demi sebuah finansial yang stabil, kurangi makan daging. Daging biasanya dijual dengan harga lebih mahal daripada makanan lain. Kamu bisa mensiasatinya dengan makan makan daging seminggu sekali atau dua minggu sekali. Untuk mengganti protein, kamu bisa mengkomsumsi tempe, tahu atau sayuran.

6.  Kurangi Membawa Uang Tunai

Okezone Economy

Membawa uang tunai terlalu banyak dapat membuat kalap. Maka dari itulah, kalau bepergian usahakan membawa uang secukupnya saja. Dengan begitu, kamu tidak akan bisa impulsif buying yang akan membuat pengeluaran kamu membengkak.

7.   Cari Tempat Makan Sesuai Dompet

Good News From Indonesia

Tips makan budget murah yang harus kamu perhatikan selanjutnya yaitu dengan mencari tempat makan sesuai dompet. Kamu tidak perlu menekankan gengsi dengan mengunjungi tempat-tempat mahal. Kamu tidak akan kenyang dan tidak hidup sejahtera hanya berlandaskan gengsi saja. Sadar diri di zaman seperti ini adalah kunci kebahagiaan.

8.  Terapkan Pola Hidup Sehat

Alodokter

Nah, apa hubungan pola hidup sehat dengan berhemat ala anak kos? Sayang ketahuilah, ketika kamu kos, otomatis kamu akan jauh dari keluarga. Itu artinya, jaga tubuhmu dengan sehat supaya tidak sakit. Kalau sakit, siapa yang akan merawatmu? Jaga makananmu dan jangan telat makan.

9.  Belanja Bulanan Sekaligus

Sering bolak-balik ke minimarket atau warung, sebenarnya tidak baik untuk kesehatan dompet. Kenapa? Karena kita pasti akan tergoda untuk membeli sesuatu yang diluar keperluan. Contoh sederhananya ketika kamu membeli shampo, terus kamu lihat ada cemilan, malah ikut borong cemilan juga. Maka dari itulah, penuhi keperluanmu setiap bulannya supaya kamu tidak tergoda untuk membeli ini dan itu.

10.  Kurangi Nongkrong

Berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk sekali nongkrong? 50ribu? 100ribu? 200ribu? Kalau diakumulasikan sebulan, berapa banyak biaya yang harus kamu keluarkan? Nah, itu coba dipikir ulang kalau mau nongkrong. Bolehlah sebulan sekali, tapi jangan keseringan, ya. Biaya nongkrong dapat kamu jadikan tambahan biaya hidup.

Baca juga: 7 Sayuran yang Awet Disimpan Tanpa Kulkas

Selain sepuluh poin di atas, menurutmu apa yang harus dilakukan untuk menghemat makanan?  Sembari berpikir, baca buku aja yuk. Install Cabaca dan dapatkan novel baru setiap harinya.

Berbeda dengan platform baca novel digital yang lain, seluruh novel-novel yang diterbitkan Cabaca telah lulus kurasi. Jadi, dijamin kamu akan mendapat pengalaman membaca yang lebih baik! Kamu baca melalui website Cabaca di sini