7 Tips Loloskan Novel ke Penerbit

Tips Loloskan Novel ke Penerbit-Siapa di sini yang cita-citanya menjadi penulis novel? Atau siapa di sini yang sudah mencoba mengirim novel berkali-kali, tapi tetap saja tidak lolos?

Ternyata memang ada trik teretentu untuk meloloskan novel ke penerbit loh! Makanya jika kamu merasa belum bis atembus penerbit juga, barang  kali kamu bisa mempertimbangkan trik-trik berikut ini!

Tips Loloskan Novel ke Penerbit

Inilah beberapa trik yang bisa kamu coba untuk loloskan novel ke penerbit!

1.   Pahami Genre Novel dan Sasaran Penerbitan

Ini adalah hal terpenting yang harus kamu pahami terlebih dahulu. Genre novel apakah yang sedang kamu tulis? Dari genre tersebut, barulah cari penerbitan yang sesuai.

Beberapa penerbit biasanya mempunyai kriteria naskah masing-masing. Contohnya ada penerbit yang condong ke naskah islami. Ada penerbit yang lebih suka menerbitkan naskah kristiani. Ada penerbit yang tidak mau menerbitkan novel fantasi, dan masih banyak lagi.

2.   Kirimkan Naskah yang Matang

Tips loloskan novel ke penerbit selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah mengirimkan novel matang ke penerbit. Artinya, usahakan novelmu minim typo, tidak ada plot hole, pokoknya sesempurna dari kemampuanmu lah.

Para kakak-kakak redaksi itu suka sekali sama naskah matang, karena naskah matang tidak akan banyak revisi dan mempermudah pekerjaan mereka.

3.   Perkenalkan Diri dengan Baik

Pernahkah kamu mengirim novel via email tanpa menuliskan apa pun di badan email? Nah, ini yang perlu kamu hindari, ya. Ibaratnya masuk ke rumah orang, kamu harus mengetuk pintu dan mengucapkan salam, begitu pula sopan santun dalam mengirim email.

Pertama, ucapkan salam terlebih dahulu di badan email, lalu dilanjutkan dengan memperkenalkan diri dengan baik, setelah itu jangan lupa mengucapkan terima kasih.

4.   Gunakan Sosial Media untuk Menarik Perhatian Penerbit

Sekarang sosial media menjadi ujukan penerbit untuk meloloskan naskahmu ataukah tidak? Kok bisa gitu, bukannya yang paling penting adalah kualitas naskah? Benar, tapi penerbit tidak menyukai penulis-penulis kebanyakan drama, lalu nyinyir di akun sosial media.

Banyakkah penerbitan yang kayak gini? Suangaaatt banyak. Hampir semua penerbitan seperti ini. Ingat, sosial media adalah branding seorang penulis. Gunakan sosial media sebaik mungkin untuk menarik perhatian penerbit.

Baca juga: 10 Tips Menulis Keren Ala Raditya Dika, Langsung Best Seller

5.   Jaga Hubungan Baik dengan Pihak Penerbit

Menjaga hubungan baik dapat mempermudah proses meloloskan naskahmu. Apalagi kalau kamu bukan tipe no-no ribet club, wuih, penerbit maupun platform pasti menyukaimu. Jika kamu bisa dipercaya, biasanya penerbit yang bakalan order naskah ke kamu, bukan kamu yang mengajukan.

Perlu juga kamu perhatikan bahwa apabila ada masalah, jangan pernah sekali-kali menyindir di sosial media dan selesaikan setiap masalah dengan bahasa santun. Kelangsungkan karir kepenulisanmu berada di tanganmu sendiri.

6.   Menulislah dengan Bahasa Luwes

Cara memasukan novel ke penerbit yang harus kamu tahu adalah belajarlah untuk meluweskan gaya bahasamu. Karena apa? Hal pertama yang biasanya kakak redaksi lakukan adalah melihat gaya bahasa penulis.

Kemampuan menulis seorang penulis berbanding lurus dengan jam terbang. Jadi, semakin banyak kamu melatih kemampuanmu, tulisanmu pun akan bertambah bagus dan enak dibaca.

7.   Kirim Naskah Novel

Supaya naskahmu lolos penerbitan, hal yang harus kamu lakukan adalah mengirimkan naskah. Kalau kamu tidak kunjung mengirimkan, bagaimana naskahmu itu akan dilirik? Apalagi kalau kamu tidak punya follower, mengajukan naskah terlebih dahulu merupakan pilihan terbaik.  

Baca juga: 8 Tips Menulis Ala Ika Natassa, Penulis Wajib Tahu!

Menulis sekarang tidak susah lagi. Ada banyak jenis penerbitan yang bisa kamu pilih untuk menerbitkan naskah. Macam penerbitan itu bisa mayor, indie, self publishing atau yang sedang naik daun, yakni platform.

Salah satu platform tersebut adalah Cabaca. Kenapa harus menerbitkan di Cabaca? Karena meskipun skala platform, Cabaca selalu melakukan kurasi terhadap naskah berbayarnya, jadi, yang benar-benar dipilih yakni terbaik diantara yang terbaik.

Untuk uji coba pembaca, kamu juga bisa memanfaatkan fitur upload bab secara mandiri. Kalau kamu merasa naskahmu sudah keren sekali, kamu bisa menekan tombol Ajukan ke Editor. Kakak-kakak editor pun akan menyeleksi naskahmu. Ayo kirimkan naskah ke Cabaca, siapa tahu novel kamu  berjodoh dengan Cabaca.