Tips Agar Lolos Tes CPNS, Cobain Dulu – Menjadi PNS adalah harapan dari sebagian besar anak muda. Dengan menjadi PNS, kamu akan mendapatkan gaji bulanan pasti dan waktu kerja yang panjang. Untuk menjadi PNS, kamu terlebih dahulu harus lolos tes CPNS.

Beberapa waktu lalu, pendaftaran untuk menjadi CPNS sudah tutup. Namun, tahapan tes CPNS belum berhenti sampai di situ. Masih ada ujian-ujian yang harus kamu lakukan.

Nah, berikut merupakan tips lolos tes CPNS yang dirangkum khusus untuk calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di mana pun kalian berada.

1. Persiapkan Diri Jauh Hari

Menjadi CPNS tidaklah mudah. Sainganmu ribuan bahkan sampai jutaan orang. Maka dari itu, kalau kamu ingin mengikuti CPNS, kamu harus mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Mulai dari mental, dokumen, dan lain sebagainya.

2. Mengetahui Tahapan Seleksi

Sekarang pendaftaran seleksi hanya dilakukan di website sscn.bkn.go.id. Setelah mengisi formulir pendaftaran, jangan lupa mencetaknya, pun jangan lupa mencari update informasi supaya kamu tidak ketinggalan.

3. Mengenali Materi dan Tipe Ujian

Konon, 80% orang yang gagal dalam CPNS adalah mereka yang tidak serius dan suka main-main. Karena itulah, kamu harus mempersiapkan materi atau latihan soal ujian CPNS. Kamu bisa mencarinya di internet atau buku. Nantinya, kamu akan melakukan dua tipe ujian, yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

4. Melengkapi Dokumen

Ini yang tidak kalah pentingnya: dokumen. Kebanyakan orang langsung berangkat ke tempat ujian tanpa mempersiapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen apa saja yang harus dibawa.

5. Ikut Bimbingan Belajar

Belajar mandiri tidak salah. Apalagi di zaman pandemi seperti ini, kamu harus memprioritaskan mana yang benar-benar penting dan mana yang bisa dinomorduakan. Kalau kamu cukup memiliki tabungan atau uang lebih, kamu bisa mengikuti bimbingan belajar alias bimbel. Dengan bimbel, belajarmu akan lebih terarah. Kamu pun bisa mengukur kemampuanmu serta kemampuan peserta lain.

Baca Juga: Cara Membuat CV yang Menarik dan Disukai HRD

6. Latihan Soal Tes CPNS

Tes CPNS bisa dikategorikan tidak mudah. Jadi, kamu harus mempersiapkan banyak materi dan latih dirimu untuk menjawab soal-soal tes, yang bisa kamu cari dari internet atau buku. Semakin banyak kamu berlatih, semakin besar pula kesempatanmu untuk lolos.

7. Jaga Kesehatan

Di masa pandemi seperti ini, menjaga kesehatan adalah hal yang penting. Apabila kamu merasa lelah, istirahatkan sejenak pikiran dan badanmu. Konsumsi makanan bergizi dan kurangi makanan cepat saji. Perbanyak pula minum air putih. Jangan begadang juga kalau tidak ada perlunya.

8. Teliti Saat Isi Formulir

Dalam mengerjakan soal tes atau ujian, kamu tidak perlu terburu-buru. Lakukanlah perlahan, tapi tetap teliti dan memperhitungkan waktu juga. Periksa kembali dan pastikan formulir sudah diisi lengkap dan data yang dimasukkan sudah benar.

9. Berdoa dan Berpikir Positif

Sesudah melakukan segalanya dengan sebaik-baiknya, sekarang kamu bisa berdoa. Memanjatkan harapan kepada Yang Mahakuasa. Apa pun hasilnya, tetap berpikir positif, ya. Berbahagialah sewajarnya. Bersedihlah sewajarnya juga. Akan ada saatnya untukmu berjaya. Kalaupun tidak jadi PNS, hidup sehat dan dikeliling keluarga tersayang, sudah merupakan rejeki yang besar.

Baca Juga: Catat, Ini Dokumen Persyaratan CPNS 2021

Sambil menunggu kapan tes CPNS 2021 dan mempersiapkan ujian CPNS, kamu merilekskan pikiran dengan download e-book novel atau membaca novel-novel di aplikasi Cabaca. Seluruh naskah yang masuk hasil seleksi, loh. Jadi, bacaan yang tersedia lebih berkualitas. Install di Play Store ya! [Lisma]