Teaser Novel Chosen di Cabaca.id

baca novel Jan 25, 2021


Novel Chosen di Cabaca.id – Seloyang kue spons dengan krim dan tatahan stoberi tersimpan manis di meja makan. Mengelilingi meja itu, duduk Natania dan kedua orang tuanya. Pak Eisorez merapatkan bibir dan matanya berkaca-kaca. Bu Eisorez menyeka air mata dengan saputangannya. Saputangan itu, berikut saputangan milik seluruh anggota keluarga Eisorez, disulam sendiri oleh sang ibu.

Hari ini memang hari yang spesial. Orang bisa melihat tanda-tanda spesial itu dari kue yang dipersembahkan khusus untuk Natania. Di Aprabeia, mentega dan gula bukanlah bahan makanan yang murah. Masyarakat kelas menengah ke bawah seperti keluarga Eisorez harus berpikir dua kali untuk membelinya. Waktu masih berumur lima tahun, Natania sampai bercita-cita bekerja di pabrik mentega dan gula supaya bisa menikmati dua produk itu sepuasnya. Natania kecil terlalu polos untuk menyadari bahwa di Aprabeia, hanya kalangan bangsawan yang bisa menikmati apa pun sepuas mereka.

Namun, hari ini keluarga Eisorez tidak memusingkan harga makanan ataupun kelas sosial mereka. Hari ini Natania Eisorez berulang tahun yang kesembilan belas. Bagi masyarakat Aprabeia, sembilan belas adalah lambang kedewasaan dan gerbang menuju kehidupan yang sesungguhnya. Sembilan belas adalah usia ketika seseorang diizinkan mencari nafkah. Sembilan belas adalah usia ketika seseorang bisa memutuskan hidup sendiri tanpa dikira bermasalah dengan keluarganya.

Sembilan belas juga menjadi usia minimal yang diwajibkan untuk ikut serta dalam Pemilihan Jodoh.

Bagi Natania, praktik Pemilihan Jodoh jauh lebih konyol daripada kedengarannya. Pemuda-pemudi berusia 19-24 tahun dari seluruh penjuru Aprabeia diharuskan mengikuti Pemilihan. Profil-profil mereka akan diseleksi oleh pihak keluarga Kerajaan dan bangsawan yang membutuhkan pendamping hidup.

"Memangnya mereka tak bisa mencari sendiri?" gerutu Natania suatu kali.

Natania merasa Pemilihan Jodoh merampas hak warga biasa seperti dirinya. Bagaimana jika ia jatuh hati pada sesama warga biasa? Bagaimana jika ia terpilih dan tak menyukai calon suaminya? Natania sering mendengar rumor tentang kehidupan pernikahan mereka yang terpilih dalam Pemilihan. Tak semuanya buruk. Namun perbandingan kabar baik dengan kabar buruk hanya satu banding sekian.

Natania pernah mendengar si A yang tak dihormati oleh istri bangsawannya. Sang istri berfoya-foya, menghamburkan uang, dan mengingatkan siapa yang lebih kaya jika sang suami menegurnya. Ada pula kisah si B yang suaminya jarang pulang ke rumah. Ditengarai suami si B hobi minum-minum dan merayu setiap perempuan yang ia temui di bar. Yang paling parah adalah si C. Beberapa orang bersaksi perempuan malang itu sering keluar dengan lebam-lebam di wajah. Mereka yakin, perempuan itu adalah korban dari aksi kekerasan suaminya sendiri. Suaminya memang dikenal sebagai orang yang keras dan angkuh.

Tentu saja, mereka bangsawan dan rakyat Aprabeia diajari bahwa bangsawan dan keluarga Kerajaan adalah manusia suci. Tak boleh ada yang menjelekkan mereka. Tak boleh ada yang memberitakan keburukan mereka. Jika ada yang melanggar, Humas Kerajaan akan segera memanggil dan menindak mereka. Tak pernah ada yang tahu tindakan macam apa yang diberlakukan Humas Kerajaan. Namun, sudah jadi rahasia umum kalau Humas berhasil menjinakkan penentang paling keras sekalipun menjadi sepatuh anjing piaraan.

Wajarlah jika kini Natania menatap kuenya dengan muka masam, padahal kue yang dipersembahkan untuknya ini adalah kue favoritnya. Sama seperti pemberitaan mengenai keluarga bangsawan, Pemilihan Jodoh bukan hal yang bisa ia langgar. Petugas dari pihak Kerajaan rutin mengadakan sensus tahunan. Mereka akan tahu siapa saja yang telah menginjak usia sembilan belas tahun. Jika Natania menolak ikut serta, ia dan keluarganya harus rela mendekam di penjara.

"Sembilan belas ...," isak Bu Eisorez. "Kau sudah bisa ikut Pemilihan, Sayang!"

Tanpa sadar Natania mengepalkan tangan. Berlawanan dengan dirinya, Bapak dan Ibu Eisorez selalu berpikir Pemilihan Jodoh adalah hal baik. Kedua orang tuanya selalu ingin agar keluarga mereka naik derajat. Mereka ingin harga-harga bahan pokok tak lagi menjadi sesuatu yang perlu dirisaukan. Di Aprabeia menikahi bangsawan menjadikan seseorang bangsawan juga, begitu juga dengan seluruh keluarganya.

Keinginan ini tak mampu dikabulkan dua kakak lelaki Natania. Lieb, kakak pertama, gagal dalam dua kali Pemilihan saat usianya berada dalam rentang 19-24 tahun. Tak ada Pemilihan ketika Nomrel, kakak kedua, berada di rentang usia tersebut. Kini Lieb menikah dengan Amy, warga biasa dari keluarga penenun, sedangkan Nomrel masih asyik membujang. Ia tinggal mengontrak dengan teman-temannya di Ibu Kota, mengadu nasib sebagai fotografer lepas.

Natania ingin nasibnya seberuntung kedua kakaknya. Ia berharap usianya langsung 25 tahun saja agar tak perlu mengikuti Pemilihan. Meski belum ada pernyataan resmi dari pihak Kerajaan, desas-desus bahwa Pemilihan akan digelar tahun ini telah beredar.

"Mari kita iris kuenya dan berdoa agar putri cantik kita mendapatkan seorang pangeran!" seloroh Pak Eisorez sambil tergelak.

Natania tak tahan lagi. Ia berkata lirih, "Apa Ayah berpikir aku akan bahagia kalau aku lolos Pemilihan?"

"Tentu saja! Kau akan tinggal di rumah yang indah. Kebutuhanmu akan dipenuhi dengan segera. Kau akan makan makanan enak sebanyak yang kau mau!"

"Hanya itu? Pernikahan bukan sekadar rumah indah, kebutuhanku, dan makanan enak, bukan?"

...

baca selanjutnya di sini.

Baca Juga: Teaser Novel Sali di Cabaca.id

Apa jadinya kalau jodoh dipilihkan oleh negara? Apa jadinya kalau Pemilihan Jodoh malah jadi 'mainan' oleh para bangsawan? Yuk, baca novel Chosen di Cabaca, GRATIS!

Cabaca adalah aplikasi baca novel online Indonesia. Bisa baca gratis dan legal kok, cuma dengan buka Cabaca pada Happy Hournya Cabaca atau Jam Baca Nasional pada pukul 21.00-22.00 WIB tiap hari. Kamu pun juga bisa lakukan misi kerang untuk tetap baca novel gratis di waktu luangmu. Seru banget nggak sih? Makanya, yuk install aplikasi Cabaca di hape kamu!

Jam Baca Nasional di Cabaca untuk siapa saja yang suka BACA GRATIS dan LEGAL!

Tags

Tim Blogger Cabaca

Sekumpulan orang dari Cabaca yang menaruh perhatian besar pada dunia literasi. Pastikan selalu baca tulisan kami untuk tahu info paling update tentang Cabaca!

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.