Sinopsis Novel Dilan 1990 Lengkap

Sinopsis Novel Dilan 1990 Lengkap- Dilan 1990 merupakan novel yang melejit beberapa tahun belakangan ini. Siapakah pengarang novel Dilan 1990? Pengarangnya adalah Pidi Baiq. Pidi Baiq adalah seniman multitalenta. Dia tidak hanya pandai menulis novel, melainkan juga seorang dosen, illustrator, komikus, musisi, dan pencipta lagu.

Pada tahun 2017, Pidi Baiq menerima penghargaan dari IKAPI Award kategori Writer of The Year. Pidi Baiq merupakan salah satu penulis senior Indonesia.

Tema Novel Dilan 1990

Nama Pidi Baiq melambung karena sekuel Dilan. Ada tiga judul dalam sekuel Dilan, yang pertama berjudul Dia adalah Dilanku Tahun 1990.

Tema yang diusung oleh Pidi yakni kehidupan seorang remaja tahun 1990. Jadi, memang ada teenlit-teenlitnya gitu gaes. Meskipun demikian, Pidi dapat memberikan keunikan dalam novelnya ini. Keunikan inilah yang menjadikan Dilan digemari.

Sinopsis Novel Dilan 1990

Dilan adalah siswa SMA di Bandung, sedangkan Milea merupakan siswa baru, pindahan dari Jakarta. Dilan jatuh cinta dengan Milea pada pandangan pertama. Dilan pun mendekati Milea dengan unik.

Cara Dilan PDKT sangat membekas di hati Milea. Namun, Milea tidak bisa membalas perasaan Dilan. Itu karena Milea punya pacar di Jakarta, namanya Beni.

Suatu hari Milea menemani temannya yang ikut lomba cerdas cermat ke Jakarta. Milea pun janjian dengan Beni untuk bertemu. Lama menunggu, ternyata Beni tidak kunjung datang. Akhirnya, Milea pun makan dengan Nandan dan Wati. Namun, tiba-tiba Beni datang dan memarahi Milea karena Milea makan dengan laki-laki lain. Milea merasa tidak suka dengan sikap Beni. Dia pun memutuskan mengakhiri hubungannya dengan Beni.

Waktu pun berlalu. Dilan akhirnya mengetahui kalau Milea sudah putus dengan pacarnya. Kemudian Dilan dan Milea pun saling mengakui perasaan. Kamu bisa membaca kisah lanjutannya dengan membeli novel Dilan 1990. Ingat, jangan beli yang bajakan, ya.

Dari kisah di atas, dapat kita ketahui bahwasanya menjadi penulis tidak mudah. Menjadi penulis memang butuh perjuangan teman-teman. Tidak bisa ujug-ujug menulis satu novel langsung terkenal dan banyak duit. Mungkin beberapa orang bisa, tapi itu karena faktor keberuntungan saja.

Baca juga: Sinopsis House Of The Dragon Lengkap

Kalau mau realistis, kita tidak bisa mengandalkan faktor keberuntungan. Melainkan juga bekerja keras. Seberapa banyak usahamu? Seberapa banyak pengorbananmu? Kalau kamu benar-benar mencintai dunia kepenulisan, mari meniti satu tangga demi satu tangga. Siapa tahu kamulah The Next Pidi Baiq.

Awal mulanya, kisah Dilan hanyalah unggahan dalam blog pribadi penulis dan dibagikan gratis. Lalu sebuah penerbit meliriknya, untuk diterbitkan.

Perjalanan novel memang terkadang tidak bisa diprediksi. Jadi, daripada kamu menghabiskan waktu untuk berangan-angan, lebih baik menulis dan menulis saja bestie. Kalau menulis di blog pribadi tidak memungkinkan, kamu bisa menulis di platform Cabaca.

Sekarang di Cabaca, kamu bisa memposting bab novelmu sendiri. Kamu juga bisa melakukan pengeditan maupun menjadikannya draft. Bersama Cabaca, mari kita tumbuh bersama.