Resep Cara Membuat Tongseng yang Mudah dan Enak - Selain sate, tongseng menjadi andalan para emak untuk mengolah daging kurban pada perayaan Idul Adha. Dilansir dari Wikipedia, tongseng merupakan sejenis gulai dengan bumbu yang lebih tajam. Perbedaan yang lebih jelas adalah penggunaan dagingnya.

Tapi tahukah kalian sejarah singkat mengenai tongseng? Tongseng merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia karena cita rasa dan aroma kuatnya. Bisa dibilang, tongseng adalah campuran sate dan gule.

Menurut sejarah, tongseng hadir di Indonesia sekitar abad ke-18 sampai 19 Masehi. Ketika itu, bangsa Arab dan India mulai datang ke Indonesia. Awalnya, kedatangan kedua negara itu untuk berdagang. Namun, seiring bertambahnya waktu, tidak hanya perdagangan yang terjadi, melainkan pertukaran budaya dan penyebaran agama pun turut terjadi.

Dalam perkembangnya kemudian, pabrik-pabrik mulai bermunculan di area selatan Jawa. Ada pabrik gula pasir, gula merah tradisional, dan kecap manis. Karena masyarakat yang kreatif, akhirnya mereka pun meramu dan meracik bumbu baru, yakni menumis aneka bumbu iris, daging kambing, kuah gule dan menambahkan kecap manis. Dari sanalah, tongseng pun lahir.

Cara membuat tongseng untuk makanan Idul Adha terbilang cukup mudah. Bahannya pun mudah ditemukan. Berikut merupakan cara-cara membuat tongseng, baik yang dari daging kambing, sapi, dan dengan atau tanpa santan.

Sumber: selerasa.com

Resep Tongseng Kambing

1. Rebus daging kambing dengan 1 sdt garam sampai empuk. Buang busa yang mengapung. Setelah matang, tiriskan.

2. Tumis bumbu halus (bawang merah, bawah putih, kemiri, garam, merica, kunyit, dan kaldu bubuk) di wajan lain. Lalu masukkan serai serta daun salam. Terus tumis sampai mengeluarkan bau harum dan matang.

3. Masukkan daging kambing. Aduk sampai merata.

4. Tambahkan kecap manis. Kemudian air secukupnya. Aduk sampai merata. Tunggu beberapa menit hingga matang. Jangan lupa tes rasa.

5. Terakhir masukkan irisan kol, tomat, cabe iris dan daun bawang. Jangan masak terlalu lama.

6. Tongseng kambing siap untuk dilahap.

Sumber: miro.medium.com

Resep Tongseng Sapi

1. Haluskan bumbu halus (bawang putih, ketumbar, merica, dan lengkuas).

2. Panaskan 3 sendok makan di wajah. Lalu masukan bumbu halus ke dalamnya.

3. Terakhir, masukkan daging sapi, air, daun salam, serai, kol, tomat, cabe rawit, garam, gula, kecap manis dan santan, masak hingga harum dan daging matang.

4. Tongseng daging sapi siap disajikan.

Baca Juga: Resep Cara Membuat Sate Kambing Tidak Prengus

Sumber: www.masakapahariini.com

Cara Membuat Tongseng Tanpa Santan

1. Tumis bumbu yang dihaluskan (bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, lada putih biji dan kunyit) sampai wangi dan matang.

2. Masukan daging, daun salam, daun jeruk, dan serai. Masak sampai daging berubah warna.

3. Tambahkan air, kecap, kaldu bubuk, gula, cabe rawit. Aduk rata, serta koreksi rasa.

4. Pastikan kompor menggunakan api kecil, supaya bumbu menyerap dan air menyusup banyak.

5. Tata dalam wadah irisan kol dan tomat. Kemudian siram dengan tongseng daging sapi atau kambing dan kuahnya.

6. Terakhir, taburi bawang goreng.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Puasa Arafah

Sambil melahap  tongseng, kamu bisa membaca novel-novel keren langsung dari gawaimu. Download aplikasi Cabaca di Play Store dan selamat menikmati kemudahan dalam akses membaca! [Lisma]

Ngapain download novel bajakan kalau bisa baca novel original dan GRATIS?