Resep Cara Membuat Sate Kambing Tidak Prengus - Sate kambing menjadi makanan populer dan favorit di Hari Raya Idul Adha. Tapi permasalahan yang sering ditemui, membuat sate atau satai sangat sulit. Prengus atau amis adalah salah satu kendalanya.

Kenapa daging kambing prengus? Itu dikarenakan cara pengolahannya yang salah. Berikut beberapa cara membuat sate kambing tidak prengus atau berbau.

1. Jangan mencuci daging kambing yang akan dimasak. Langsung saja direbus hingga mendidih. Mencuci daging kambing sebelum dimasak, akan memunculkan bakteri yang menyebabkan keluarnya bau prengus.

2. Gunakan bumbu dan rempah aromatik pada daging kambing untuk mencegah timbulnya bau prengus.

3. Beri parutan buah nanas atau perasan buah jeruk. Parutan dan perasan buah tersebut dipercayai dapat mencegah bau prengus. Caranya, cukup balurkan salah satu olahan buah itu ke seluruh permukaan daging dan diamkan selama 30 menit hingga satu jam.

Madura Satay is very sweet and delicious. If you want to try this food c’mon go visit INDONESIA.
Photo by Akharis Ahmad / Unsplash

Resep Sate Kambing Bumbu Kecap

Bagi kamu yang suka hal-hal efektif, kamu bisa mengolah sate kambingmu dengan bumbu kecap. Berikut merupakan caranya supaya bisa masak sate untuk Idul Adha.

1. Potong kambing ukuran sedang supaya mudah ditusuk.

2. Siapkan tusukan sate yang sudah direndam air sebelumnya agar tidak mudah patah saat dibakar.

3. Tuangkan kecap di atas piring, tambahkan Royco atau sejenisnya. Untuk memberi rasa gurih, tambahkan mentega.

4. Lumuri sate dengan olahan kecap. Bakar di atas arang. Setelah ½ matang, lumuri dengan bumbu kecap.

5. Sambil menunggu sate matang, siapkan bumbu kecap lain yang sudah diberi bawang merah dan bawang putih cincang. Untuk menambah rasa pedas, kamu bisa tambahkan cabe rawit dan tomat.

6. Sajikan sate matangmu dengan kuncuran bumbu kecap. Sebagai pelengkap, tambahkan bawang goreng dan acar.  

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Puasa Arafah

Resep Sate Kambing Bumbu Kacang

Cara bikin sate apa pun bumbunya, pada dasarnya sama saja. Pertama, sate harus dipotong seukuran dadu atau secukupnya. Kemudian dibakar dengan bumbu kecap.

Sambil menunggu satemu matang, kamu bisa membuat bumbu kacang yang nantinya akan dikuncurkan setelah matang:

1. Tumis bumbu halus (ulekan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah keriting) sampai harum dengan wajan yang diberi sedikit minyak. Masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan dan tambahkan air. Aduk-aduk hingga merata secara keseluruhan.

2. Lalu beri kecap manis, gula pasir dan garam. Aduk kembali hingga bumbu yang dimasak menjadi rata.

Cara Membuat Sate Tanpa Arang

Menyalakan arang merupakan  pekerjaan paling melelahkan saat membuat sate. Kamu harus mengipasinya, merasakan panas api yang keluar dan banyak debu berterbangan.

Kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai itu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan tanpa arang, yakni:

1. Membakarnya langsung di atas kompor. Menggunakan kompor, tidak perlu memerlukan banyak waktu. Usahakan dengan nyala api kecil saja.

2. Menggunakan batu granito. Batu Granito ini dibuat dari batu granit. Batu ini dipercaya dapat menetralisir racun/toksin yang ada di makanan dan dapat menurunkan kolestrol.

Baca Juga: 7 Ucapan Selamat Idulfitri 2020 dalam Bahasa Inggris untuk Media Sosial

Apa pun bumbu sate yang kamu suka, apa pun alat bakarnya, jangan lupakan satu hal. Jangan pernah membakar satemu sambil membaca novel di  Cabaca, takutnya kamu keasyikan baca terus satemu jadi gosong. Kan gak lucu kalau gitu~ Nah, kalau baca novel sambil makan sate, baru boleeeeh. Download yuk aplikasi Cabaca supaya bisa baca novel gratis dan legal! [Lisma]

Aplikasi baca novel gratis dan legal di Indonesia!