Mau Jadi Penulis Expert? Yuk, Belajar Bareng Expert Class Project

Saat ini menjadi penulis bukanlah hal yang sulit lagi. Mengapa begitu? Karena banyak sekali wadah yang siap memfasilitasi para penulis pemula untuk mengasah keterampilan menulisnya melalui berbagai program dan kegiatan.

Salah satu wadah untuk belajar seputar kepenulisan yang perlu kamu pertimbangkan adalah Expert Class Project atau ECP. Berikut beberapa informasi mengenai ECP yang perlu kamu ketahui.

Mengenal Expert Class Project (ECP)

ECP merupakan sebuah wadah untuk kamu belajar dan berbagi informasi maupun berbagi ilmu tentang kepenulisan. Semula kegiatan yang diselenggarakan ECP khusus untuk member komunitas Expert Class, sebuah komunitas yang sebagian besar anggotanya adalah alumni Gramedia Writing Project batch 3.

Kabar baiknya, saat ini ECP terbuka untuk umum dan aneka kegiatannya dapat diikuti oleh siapa saja. Oleh karena itu, jika ingin mengembangkan kemampuan menulismu, maka ECP bisa menjadi wadah yang tepat.

Pembentukan ECP diinisiasi oleh tiga penulis alumni event Gramedia Writing Project (GWP) batch 3, yaitu: Lia Nurida, Dwipatra, dan Vie Asano. Saat ini ECP digawangi oleh 8 kru yang hampir seluruhnya merupakan alumni event GWP batch 3.

Baca Juga: 5 Kegiatan Komunitas Buku Yang Menarik Untuk Kamu Ikuti

Program dan Layanan Expert Class Project (ECP)

ECP memiliki berbagai layanan jasa layanan kepenulisan baik yang gratis maupun berbayar. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu saat ini, diantaranya adalah:

  1. Penyelenggaraan kelas istimewa (berbayar/tidak berbayar)
  2. ECP Academy, atau layanan jasa yang berkaitan dengan mentoring kepenulisan (brainstorming, coaching, dsb)
  3. Partner promosi (promo via konten di media sosial ECP, live IG, dsb)
  4. Agensi naskah

Keunikan Expert Class Project (ECP)

ECP memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dengan platform atau company sejenis, diantaranya adalah:

  • ECP dikelola oleh orang-orang yang berpengalaman di bidang event, sosial media, dan platform online.
  • Para crew ECP berpengalaman menerbitkan naskah di berbagai penerbit mayor, indie, dan juga platform online premium, sehingga kami memahami jenis naskah yang disukai oleh penerbit-penerbit populer.
  • ECP berpengalaman mengelola kelas menulis (gratis/berbayar) dan berpengalaman mengelola branding promosi penulis/produk di kanal media sosial.
  • ECP memiliki komunitas Expert Genk Family (EGF) dengan anggota yang aktif.
  • ECP memiliki jaringan ke berbagai komunitas kepenulisan, termasuk memiliki jaringan ke penulis dari berbagai genre dan massa.
  • ECP memiliki media sosial yang aktif dan dikelola secara profesional, dengan pertumbuhan follower yang terus meningkat.
  • Rate card kami terbaik untuk kualitas yang kami tawarkan

Event Expert Class Project (ECP)

Berikut adalah beberapa event menarik ECP yang bisa kamu ikuti juga jika bergabung didalamnya!

1. Penyelenggara Kelas Istimewa

Penyelenggaraan kelas kepenulisan (gratis/berbayar) dengan pemateri yang bervariasi.

2. Promosi Karya Penulis Instagram

Kami menyediakan jasa mengelola branding penulis melalui unggahan feed di Instagram maupun Insta Story.

3. Live IG

Live IG ini merupakan event yang diadakan untuk membahas seputar kepenulisan, branding, maupun booktalk.

4. ECP Awards

Penghargaan dari, oleh, dan untuk Expert Genks Family, sebuah komunitas yang digagas oleh ECP.

Bagaimana Cara Bergabung Expert Class Project?

Cara untuk menjadi member Expert Genks Family mudah banget. Kalian cukup sekali saja mengikuti kelas berbayar yang diselenggarakan oleh ECP, maka kalian sudah bisa bergabung sebagai EGF.

Banyak keuntungan yang bisa kalian dapat dengan menjadi member EGF, salah satunya berpartisipasi aktif dalam kegiatan booktalk yang diadakan oleh EGF Book Club.

Baca Juga: Trik dan Tips Menulis dengan Gaya Story Telling, Cerita Makin Ngena!

Jadi, apa kamu tertarik untuk bergabung bersama ECP?  Jika sudah mendapatkan banyak ilmu kepenulisan dari ECP, selanjutnya kamu bisa mengimplementasikan kemampuan menulismu di platform Cabaca!

Jika ceritamu bagus, novelmu juga bisa di monetisasi! Caranya gampang banget! Cukup masuk ke web atau aplikasi Cabaca pakai akun kamu, lalu cari tanda plus (+) di bagian bawah beranda. Udah deh, kamu bisa mulai menulis. Gampang banget kan. Coba aja buka website Cabaca di sini.

Baca novel Indonesia di Cabaca