Lika-Liku Kehidupan Anak Kos: Ada Suka dan Duka, Banyak Juga Seru dan Sendu – Bagi sebagian orang, fase jadi anak kos adalah sebuah fase kehidupan yang harus dilalui. Untuk kamu yang ingin menuntut ilmu di rantau atau di tempat yang jauh dari rumah, bekerja mencari penghasilan sampai mencari penghidupan yang lebih baik di kota orang. Bagi kamu yang baru pertama ngekos, kamu mungkin penasaran: “Seperti apa sih hidup ngekos?”.

Kamu mungkin sering mendengar pengalaman orang lain atau mungkin dari teman-temanmu sendiri kalau jadi anak kos itu hidupnya identik sama kata susah. Padahal kenyataannya nggak selalu seperti itu, lho. Seperti hidup pada umumnya, jadi anak kos pasti ada suka dukanya. Keseruannya banyak, tapi sedihnya juga ada. Perbedaan paling signifikan selama jadi anak kos adalah, kamu tinggal jauh dari keluarga dan dituntut untuk jadi lebih mandiri. Nah, buat kamu yang berencana ngekos, coba intip dulu yuk beberapa lika-liku kehidupan anak kos seperti apa. Jadi saat kamu ngekos nggak akan kaget. Buat yang sedang atau sudah pernah ngekos, hal-hal ini pasti relate banget, deh!

1. Bingung Cari Kos

Setiap orang yang pernah ngekos, pasti sering kebingungan waktu pertama kali harus mencari kos. Apalagi buat mereka yang ngekosnya di perantauan. Bingung mau mulai cari kos dari mana, setelah lihat-lihat pun tetap bingung menentukan pilihan mau sewa di kos yang mana. Kadang sudah ketemu kos yang fasilitas oke, tapi lokasinya jauh dari sekolah, kampus. Atau dapat lokasi yang strategis, ternyata harganya kurang cocok di kantong. Nah, tapi di zaman kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, sebenarnya kamu nggak perlu mengalami kesulitan ini karena sudah ada platform pencarian kosan yang bisa membantu kamu mencari hingga bayar kosan cuma dari smartphone aja!

2. Mau Nggak Mau, Harus Mandiri

She came to Hong Kong to chase a better future. Stress and pressure have been with her since then, for times she thought about quitting and go back to where she came from, yet a tiny voice was trying to pull her away from that thought. She just keeps on going, one versus the world.
Photo by Jason Wong / Unsplash

Saat ngekos, kamu akan dituntut jadi lebih mandiri. Kalau biasanya di rumah ada keluarga yang membantu kamu melakukan ini itu, di kos kamu harus melakukannya sendiri. Mulai dari bersih-bersih kamar, cuci jemur setrika baju, masak, mengganti lampu kamar, atau benerin keran bocor. Eitss, tapi tenang, kalau kamu ngekos di tempat yang fasilitasnya lengkap, tetangga kosnya baik, dan pemilik kosnya sigap, akan tetap ada orang-orang yang siap membantu kamu kok.

Baca Juga: 15 Barang yang Wajib Dimiliki Anak Kost, Calon Mahasiswa Baru Harus Tahu!

3. Ketemu Berbagai Macam Orang dengan Beragam Kelakuan

Photo by Ramiro Pianarosa / Unsplash

Beberapa orang kadang beruntung bisa satu kos dengan teman yang mereka kenal, tapi nggak sedikit orang yang harus merantau jadi anak kos di tempat yang benar-benar baru tanpa teman atau kenalan. Saat-saat seperti ini biasanya kesabaranmu akan diuji karena kelakuan dan sifat tetangga kos itu macam-macam banget! Dari yang baik sampai yang rese, dari yang bersih sampai yang jorok. Belum lagi pemilik atau penjaga kosan juga punya kepribadian yang beragam. Ada yang perhatian dan suka memberikan makanan ke anak kos, nggak jarang juga ada yang galak dan hobi menagih uang kosan. Pokoknya kamu akan terpapar sama berbagai macam jenis manusia.

4. Belajar Banyak Hal Baru

Photo by Priscilla Du Preez / Unsplash

Karena selama ngekos kamu harus mandiri, mau nggak mau kamu juga akan belajar banyak hal baru. Kamu jadi belajar gimana mengatur keuangan supaya uang yang ada cukup untuk biaya hidup sebulan, kamu jadi belajar atur waktu dan tenaga supaya kamar kos tetap bersih dan rapi padahal kamu sibuk sama kerjaan atau tugas kuliah, kamu jadi tau trik gimana kamar kos tetap adem meski cuaca di luar sana panas membara, sampai bisa mengakali cara menyimpan bahan makanan meski kosanmu nggak ada kulkasnya. Seru kan?

5. Bisa Hidup Bebas!

Memang sih, jadi anak kos itu identik juga dengan kebebasan. Nggak ada lagi orang yang bangunin kamu pagi-pagi, nggak ada yang ngomelin kalau kamarmu berantakan, nggak akan diomelin kalau kamu aktif ikut kegiatan kampus sampai  pulang malam, mau makan mie tengah malam? Bisa! Tapi… jangan sampai kebebasan ini jadi kebablasan ya. Biasanya sih, beberapa kos punya aturan-aturan tertentu yang tidak boleh dilanggar. Jangan lupa juga kalau di kos kita bertetangga dengan anak kos lainnya, jadi pintar membawa diri dan saling memahami adalah kunci untuk ngekos yang nyaman dan tenteram.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Modal 1 Jutaan untuk Mahasiswa

Masih banyak sih, lika-liku kehidupan ngekos lainnya. Tapi enaknya sih kamu jalanin dan alami sendiri kalau sudah resmi jadi anak kos. Tenang, buat yang baru pertama kali ngekos nggak perlu takut apalagi panik, karena sesungguhnya kehidupan ngekos itu adalah pengalaman yang berharga. Supaya pengalaman ngekos kamu jadi lebih menyenangkan, nggak ada salahnya juga kalau pilih kosan yang memang bisa membuatmu nyaman dan #BetahUntukSinggah. Seperti kos-kos di Singgahsini yang fasilitasnya terstandardisasi dan dikelola langsung oleh Mamikos.

Kos Singgahsini adalah kos eksklusif yang nyaman, kamarnya sudah isian jadi kamu tinggal bawa badan dan baju. Selain itu, kamu nggak perlu khawatir ketemu pemilik kos yang cuek karena di kos Singgahsini komplain yang kamu ajukan terkait kos akan langsung ditangani. Kos Singgahsini juga memberikan Mamikos Proteksi, asuransi untuk anak kos yang memberikan kompensasi jika ada barangmu di kosan yang hilang. Enaknya lagi, Singgahsini juga menawarkan kemudahan saat booking dan bayar kos tiap bulan serta berbagai promo yang bikin kamu jadi makin hemat. Yuk, download dan install Mamikos untuk booking kos Singgahsini sekarang, biar pengalaman ngekosmu jadi menyenangkan. []