Kumpulan Ucapan Hari Kemerdekaan untuk 17 Agustus 2020Sepertinya untuk tahun ini lomba 17 Agustus tidak bisa diadakan karena ada wabah Covid-19. Namun, kita bisa memberikan kata mutiara 17 Agustus sebagai ucapan selamat atas kemerdekaan negara ini dari para penjajah.

1. Untuk mencapai cita-cita yang tinggi manusia (pahlawan) melepaskan nyawanya pada tiang gantungan, mati dalam pembuangan, tetapi senantiasa menyimpan dalam hatinya yang luka wajah tanah air yang duka. (Mohammad Hatta)

2. Tidak ada kebebasan yang hakiki, selain kebebasan diri sendiri dan tanah air. Selamat Hari Kemerdekaan. Semoga Indonesia semakin jaya.

3. Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga. (Jenderal Soedirman, pada masa Revolusi Nasional Indonesia 1916-1950)

4. Berbeda bukanlah aib, melainkan keunggulan yang patut dirayakan. Selamat Hari Kemerdekaan. Kita berbeda, tapi tetap satu jua.

5. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. (Ir. Soekarno)

6. Segala air mata, luka, duka, dan kesedihan dahulu telah berubah menjadi senyuman. Dirgahayu Indonesia. Tetap jaya dan mari berpegangan tangan menghadapi masa sulit seperti ini.

7. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri. (R. A. Kartini)

8. Indonesia bukanlah Jakarta. Indonesia bukanlah Jawa. Indonesia bukanlah Sumatra. Namun, Indonesia adalah kita. Kita yang berada dari Sabang hingga Merauke. Mari berpegangan tangan untuk Indonesia lebih baik.

9. Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka. (Bung Tomo)

10. Jika dulu, kita berjuang melawan penjajah. Sekarang, kita berjuang melawan kebodohan dan kemiskinan. Dirgahayu Indonesia. Semoga Indonesia bisa lebih baik dan mengayomi masyarakat.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Paskah 2020

11. Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri. (Mohammad Yamin)

12. Merah adalah darah. Putih adalah tulang. Indonesia adalah rumah, tempat kita bersandar, mengadu dan mempertahankan kemerdekaannya. Dirgahayu Indonesia.

13. Kemerdekaan merupakan mimpi yang menjadi kenyataan, tetapi juga merupakan sebuah gedung yang kosong. Menjadi tugas pendukung-pendukungnya untuk mengisi kemerdekaan. (Soe Hoek Gie)

14. Apalah arti kemerdekaan, jika kita tidak bisa mengubah apa yang salah dalam kehidupan sekarang. Dirgahayu Indonesia.

15. Di mana ada kemerdekaan disitulah harus ada disiplin yang kuat. Sungguhpun disiplin itu bersifat self disiplin, yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya. Dan peraturan yang sedemikian itu harus ada didalam suasana yang merdeka. (Ki Hadjar Dewantara)

16. Dulu kita mendengar desing peluru dan teriakan-teriakan. Dulu kita melihat para orang tua duduk bersimpuh menghormati penjajah. Sekarang adalah tugas kita membuat Indonesia semakin berjaya. Mari lupakan segala luka di masa lalu dan mengembangkan potensi diri masing-masing.

17. Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa. (Buya Hamka)

Baca Juga: 10 Kata-Kata Ucapan Selamat Hari Guru

Itulah kumpulan ucapan hari kemerdekaan yang bisa kamu pakai di sosial media. Bagi kamu yang hobi membaca, sekarang membaca tidak perlu susah lagi. Cukup install aplikasi Cabaca di Play Store. Kamu bisa membaca di mana pun dan kapan pun. Di Cabaca, Baca Aja Dulu, baru cintai kemudian. [Lisma]

Baca gratis 100% pada Jam Baca Nasional!