Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan bahwa beberapa daerah di Indonesia akan mendapatkan siaran televisi teresterial di rumah atau yang biasa dikenal dengan TV digital.

Dilansir dari Wikipedia, Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi.

Baca Juga : Ide Metaverse Muncul dari Novel Snow Crash, Benarkah?
kominfo.go.id

Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer.

Untuk cara migrasi ke TV digital kamu harus mengecek lokasi tempatmu tinggal, apakah masuk ke kategori yang bisa mengakses atau belum. Untuk mengeceknya kamu bisa mengunjungi situs resmi Siaran Digital Indonesia dari Kominfo atau aplikasi SIRANI.

Periode Penyebaran TV Digital di Indonesia

Kapan TV digital mulai? Nantinya akan ada tiga tahap, yakni :
Tahapan I : 30 April 2022
56 wilayah Layanan Siaran: 166 kabupaten / kota
Tahap II : 25 Agustus 2022
11 wilayah Layanan Siaran: 110 kabupaten / kota
Tahap III : 2 November 2022
25 wilayah Layanan Siaran: 65 kabupaten / kota

Cara mendapatkan siaran TV digital Indonesia sangat mudah. Setelah kamu memastikan kalau di areamu sudah tersedia layanannya, langkah selanjutnya adalah lihat pengaturan di TV rumah. Apakah TV tersebut sudah bisa menangkap siaran televisi digital ataukah belum?

Kamu bisa masuk ke fitur setelan di televisi masing-masing, lalu cek apakah perangkatnya mempunyai opsi analog televisi dan digital televisi. Apabila ada digital televisi, maka perangkat kamu bisa menangkap siaran televisi teresterial digital. Perangkat televisi digital ditandai dengan teknologi DVB T2.

Baca  Juga : Lagi Ramai, Ini Cara Download Video Twitter dengan Mudah dan Cepat

Jika televisimu tidak terdapat fitur TV digital dan masihlah keluaran lama, seperti TV tabung atau layar cembung, kamu harus memasang perangkat lain bernama set top box.

Cara setting set top box TV digital adalah dengan membeli peralatannya terlebih dahulu. Lalu set top box tersebut dipasang di antara antena dan pesawat televisi.

Kamu tidak perlu membeli antena baru, cukup antena lama saja tidak apa-apa. Kemudian setelah meletakan set top box, sambungkan kabel HDM atau kabel RCA ke perangkat televisi.

Lalu untuk cara nonton TV digital, sehabis memastikan perangkat tersambung, pilih opsi pengaturan atau setting. Lakukan auto scanning untuk memindai program-program siaran televisi. Layanan TV digital pun bisa kamu nikmati dengan bebas. Mudah sekali, bukan?

TV digital mempunyai banyak sekali manfaat daripada TV analog, salah satunya adalah gambar serta suara yang lebih jernih. TV digital juga dilengkapi dengan informasi kebencanaan.

Siarannya dapat disesuaikan dengan usia penonton, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi terhadap tontonan anak-anak karena kamu dapat mengaturnya. Selain daripada itu, TV digital tidak harus tersambung ke internet maupun berbayar.

Kalau kamu sedang bosan dengan acara televisi, kamu dapat beralih dengan membaca buku atau novel. Dengan membaca novel akan membuat pikiranmu menjadi segar kembali.

Sekarang membaca novel sudah bisa dari hape kamu. Cukup install aplikasi Cabaca di ponsel, kamu bisa membaca novel bagus setiap harinya. Novel Cabaca ditulis oleh beraneka latar belakang penulis dan mempunyai banyak sekali judul yang terdiri dari beragam genre. [Lisma]

Baca novel Indonesia di Cabaca