Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan 1440 H. Menurut garis tanggal yang dibuat dengan aplikasi Accurate Hijri Calender (ACH) oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), hisab awal Ramadhan 1440 H jatuh pada hari Senin, 6 Mei 2019.

Namun, untuk memastikan keakuratannya, biasanya para ulama atau orang yang ditunjuk pada beberapa daerah di Indonesia, akan melakukan rukyat (pengamatan) hilal serentak pada Magrib 5 Mei 2019. Nantinya seluruh hasil ini akan disampaikan di sidang isbat, yang menentukan apakah sudah waktunya untuk berpuasa atau belum.

Puasa atau shaum merupakan menahan lapar dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Hukum puasa Ramadhan adalah wajib, kecuali bagi orang-orang yang berhalangan atau tidak memungkinkan untuk berpuasa.

Sedangkan yang dinamakan berbuka puasa adalah pekerjaan yang bertujuan untuk membatalkan puasa pada waktu Magrib, dengan makan maupun minum halal dan secukupnya.

Sementara Imsakiyah merupakan penanda atau peringatan bagi umat Islam untuk bersiap-siap puasa dan mulai menghentikan segala aktivitas yang membatalkan puasa.

Berikut jadwal buka puasa dan imsak Ramadhan 1440 H yang diambil dari situs resmi Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI, yakni bimasislam.kemenag.go.id.

1. Jadwal Buka Puasa dan Imsak Medan dan Sekitarnya

2. Jadwal Buka Puasa dan Imsak Jakarta dan Sekitarnya

Baca Juga: 9 Doa Puasa Ramadhan untuk Sebulan

3. Jadwal Buka Puasa dan Imsak Bandung dan Sekitarnya

4. Jadwal Buka Puasa dan Imsak Surabaya dan Sekitarnya

Baca Juga: 7 Tradisi Ramadhan yang Hanya Ada di Indonesia

5. Jadwal Buka Puasa dan Imsak Yogyakarta dan Sekitarnya

Sudah tahu kan jadwal buka puasa dan imsak Ramadhan 1440 H? Pasang reminder di ponsel kamu kalau perlu supaya tidak terlewat.

Nah, untuk mengisi waktu menunggu waktu berbuka atau menunggu imsak, selain beribadah, buka Cabaca yuk. Spesial untuk Ramadhan kali ini tim redaksi menyiapkan Buku Kegiatan Ramadhan dan MasterCheap untuk kamu yang mau masak menu buka dan sahur sendiri. Gratis tanpa kerang!

Sudah download aplikasi Cabaca? Cek Play Store untuk install sekarang.

Buku Kegiatan Ramadhan tanpa paraf ustaz!