Inilah Pemenang Cabaca Awards 2021! – Beberapa waktu lalu, Cabaca mengadakan vote Cabaca Awards 2021 sekaligus survei pembaca untuk menutup tahun 2021. Sebelum mengumumkan hasil voting, yuk kita baca dulu hasil surveinya.

Pembaca Lebih Suka Baca Buku Tamat

Survei yang diadakan secara mandiri oleh Cabaca ini melibatkan 350 orang responden dan diikuti oleh 88,7% perempuan dan 11,3% laki-laki. Dari survei tersebut, diketahui bahwa sebanyak 58,9% pembaca lebih suka baca buku tamat ketimbang baca secara ongoing. Alasannya, lebih menyenangkan baca buku sekaligus sampai tamat. Selain itu, harga full buku jauh lebih murah daripada mengikuti secara bersambung. Namun, masih ada pembaca yang senang dengan baca update tiap minggu karena tidak ingin ketinggalan hype dari buku yang sedang tren di Cabaca.

Romance Masih Jadi Genre Terfavorit!

Rupanya genre romance masih jadi primadona pembaca Indonesia. Terbukti, dari survei yang diikuti oleh 38,5% karyawan, 28,3% ibu rumah tangga, 15% pelajar/mahasiswa ini menempatkan genre romance di posisi pertama dengan perolehan sebanyak 80.5%. Menyusul kemudian, genre yang disukai pembaca adalah adult (47,3%), comedy (37,1%), teenlit (30,9%), dan seterusnya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Nama Penulis Jadi Salah Satu Alasan Membaca

Siapa penulis dari suatu karya ternyata punya pengaruh besar terhadap keputusan pembaca dalam memilih bacaannya di Cabaca. Dari survei yang melibatkan 53,3% user baru atau yang punya akun Cabaca kurang dari 1 tahun, mengikuti si penulis menjadi alasan pembaca mendaftar dan punya akun Cabaca.

Selain dari nama besar penulis, kebanyakan pembaca juga peduli dengan rekomendasi tentang suatu bacaan, entah itu dari teman, influencer, book reviewer, dan sejenisnya, dengan perolehan sebanyak 20,7 persen. Faktor lain yang juga mempengaruhi keputusan pengguna Cabaca dalam memilih bacaan adalah trending atau kemunculannya di beranda Cabaca, yakni sebesar 12,5 persen.

Pemenang Cabaca Awards 2021

Nah, inilah pengumuman yang ditunggu-tunggu para penulis dan pembaca setiap tahunnya. Di bawah ini adalah daftar pemenang Cabaca Awards 2021.

Novel Romance Terbaik 2021

Novel Teenlit Terbaik 2021

Novel New Adult Terbaik 2021

Novel Hidden Gem Terbaik 2021

Novel Terfavorit 2021

Penulis Terfavorit 2021

Penulis Baru Terfavorit 2021

Bagaimana? Apakah ada penulis dan karya favorit yang terpilih sebagai pemenang di Cabaca Awards 2021? Jangan lupa untuk terus dukung penulis favoritmu dengan baca karya mereka di platform baca novel terbaik Indonesia, aplikasi Cabaca. []

Baca juga info menarik lainnya: